DANAU LAIT, Danau laet Subah Sanggau West Kalimantan

Pancurajipost.com - Danau Laet adalah Danau yang terbentuk dari aktifitas penambangan pada zaman sebelum kemerdekaan. Dahulu bekas rell kereta yang dijadikan jalan untuk mengangkut hasil tambang masih kelihatan, namun seiring waktu bekas rell lenyap entah kemana.

Berada di Pingiran Kabupaten Sanggau atau berbatasan dengan Kabupaten Kubu Raya dan sangat dekat dengan Ibukota Pontianak, Menjadikan Danau Laet sebagai destinasi wisata Unggulan Kabupaten Sanggau yang di kelola oleh POKDARWIS Danau Laet.

DANAU LAIT, Danau laet
DANAU LAIT, Danau laet
Danau Laet telah menjadi wista primadona, Setiap tahunnya POKDARWIS Danau Laet selalu melakukan inovasi dengan menambah fasilitas permainan di area Pintu Satu dan Pintu Dua Danau Laet. Diantaranya HomeStay Bertaraf Internasional, Tangga yang membelah hutan dan rawa, Jembatan Kayu dihiasi dengan bunga, Taman, dan berbagai Wahana Permainan. 

Masyarakat Penduduk di Danau Laet dengan mayoritas penduduk asli adalah suku dayak.
Akses masuk kawasan bertipologi alami dengan keunikan yang berciri jalan tanah, tebing batu, bongkahan batu besar, semak belukar dan hamparan bebukitan. Merupakan kombinasai natural amenitis di gerbang depan kawasan yang berpotensi u nntuk garis start kegiatan jungle trekking, hiking,dan bike montain.

Panorama indah danau dengan perpaduan pegunungan/bukit, rawa dan perairan danau yang kaya spesies ikan, burung, hewan liar, tumbuhan rawa dsb. Zona inti kawasan ini berpotensi untuk jenis atraksi rekreasi dan olah raga air seperti: rider, canoying, bersampan, memancing, snorkling, bird watching, atau minat khusus seperti observasi, riset ilmiah, dan advanture. Amenitas penginapan jenis bungalow, pondokan dan atau resort yang berdiri pada permukaan danau.

Alamat Danau Laet

Danau Laet beralamatkan di Desa Subah, Kecamatan Tayan Hilir Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.
Kodepost Danau Laet : 78564
No telpon Danau Laet : 0812 5753 1577 (POKDARWIS Danau Laet)

Google Map Danau Laet


Jalur Transportasi menuju Danau Laet

Geser gambar untuk melihat seluruh simpang Tugu KB menuju Daau Laet 

Dari Jalan Raya Trans Kalimantan tepatnya di Simpang Tugu KB ke Danau Laet sekitar 4.5 Km dengan kondisi jalan tanah keras berbatu. Baik Kendaraan roda dua dan empat bisa sampai langsung ke lokasi walau dalam kondisi hujan, karena kontur tanah bekas penambangan yang keras.

Untuk wisatawan dari luar pulau, Dari Ibukota Pontianak atau Bandara Internasional Supadio Kuburaya ke Danau Laet hanya berjarak sekitar 88.2 Km atau sekitar 1jam 52 menit.

Untuk Wisatawan dari Negara Malaysia, Jalur darat melewati PLBN Entikong menuju Danau Laet sekitar 179 Km atau 3 jam 20 menit

Sedangkan dari Pusat Kota Sanggau menuju Danau Laet sekitar 126 Km atau sekitar 2 jam 35 menit.

Apa yang menarik di Danau Laet 

Danau Laet terbagi menjadi 2 zona, atau terdapat 2 pintu masuk yang masing masing zona memiliki fasilitas yang berbeda. Lokasi yang sering dikunjungi adalah pada Zona 1.

Zona 1 Danau Laet

Gapura Zona 1 Danau Laet Photo
Gapura Zona 1 Danau Laet Photo
Setelah 4.5 Km dari ugu Simpang KB,  disebelah kanan jalan terlihat bentangan Danau Laet yang sangat indah, menandakan anda akan sampai ke pintu/Zona 1 di sebelah kanan jalan.
Pada zona 1 terdapat pintu gapura sekaligus sebagai loket tiket masuk. Untuk tiket masuk per orang Rp.15.000 (Harga Bisa berubah).

Hutan Karet dan Wahana Motor ATV

Hutan Karet Danau Laet Zona 1
Hutan Karet Danau Laet Zona 1 Photo (Mr. Pardius)
Setelah melewati gapura, anda akan disuguhkan dengan pemandangan indah hutan karet di sisi kiri jalan yang terbentang rapi dan terdapat jalan setapak dengan lantai batu bata. Biasa digunakan wisatawan untuk bersatai sambil berjalan jalan menikmati suasana sejuk angin danau.
Motor ATV di Danau Laet Zona 1 Photo
Motor ATV di Danau Laet Zona 1 Photo (Amin amin)

Di lokasi ini juga terdapat motor ATV atau motor beroda empat yang bisa anda sewa untuk berselancar mengelilingi hutan karet dipinggiran Danau Laet bersama keluarga anda.

Terdapat juga Motor Trel untuk anak anak yang bisa anda sewa mengelilingi hutan karet sambil melatih keterampilan anak anda dalam mengendarai motor balap.

Taman Bunga

Taman DANAU LAIT, Danau laet Subah Sanggau
Taman di DANAU LAIT, Danau laet Subah Sanggau
Anda akan melihat keidahan Danau Laet dengan menikmati dan berjalan jalan di pinggir danau yang telah dibangun jalan dengan kanan kiri bunga bunga yang indah. Wisatawan biasanya sebelum menikmati Danau akan berfoto ria di area taman sambil berjalan jalan mengelilinginya.

Terdapat Gazebo gazebo berderet rapi di pinggir Danau, yang difungsikan untuk bersantai sambil menikmati minuman khas Danau laet yaitu Kelapa Muda, sungguh Segar rasaya meminum Kelapa muda sambil memandang Danau.

Jembatan Bambu Suak Asik


Jembatan Bambu SUak Asik Danau Laet Tayan Photo
Jembatan Bambu Suak Asik Danau Laet Tayan Photo (Erawan Nunuh)


Jembatan membelah hutan di DANAU LAIT, Danau laet Subah Sanggau
Jembatan membelah hutan di DANAU LAIT, Danau laet Subah Sanggau
Jembatan ini berada di sisi kiri Danau laet yang terdapat hutan bakau yang masih asli. Dibangun menggunakan kayu dan Bambu yang membelah sepanjang hutan dan tembus ke Danau, Sungguh panorama indah ditengah panasnya terik matahari didalam hutan sambil berjalan jalan melihat pepohonan yang tergenang air.

Namun, untuk anda yang membawa anak anak untuk selalu di kontrol dan di awasi, karena jembatan ini tidak ada pegangan/pagar pembatas.
DANAU LAIT, Danau laet Subah Sanggau
Jembatan membelah hutan di DANAU LAIT, Danau laet Subah Sanggau
DANAU LAIT, Danau laet Subah Sanggau
Area ini sering dijadikan sebagai area berfoto karena lokasinya sangat instagramable sekali berwisata sambil menikmati keindahan alam hhutan Danau Laet.
DANAU LAIT, Danau laet Subah Sanggau
Geser gambar untuk melihat Puncak Jembatan.

Jembatan Cinta Danau Laet 

Geser Gambar untuk melihat Pintu Mauk Jembatan Cinta Danau Laet
Jembatan cinta berdekatan dengan taman bunga, atau berada di tengah kawasan Danau Laet. dengan membelah danau dan di ujungya membelah 3 jembatan semakin menarik untuk mengabadikan momen.
Jembatan Cinta Danau Laet Tayan Hilir Photo
Jembatan Cinta Danau Laet Tayan Hilir Photo (Fakhry Hizballah AL)
Karena Jembatan Cinta, maka di ujung jembatan dibangun semacam gapura berbentuk love atau cinta yang terbuat dari bambu dan kayu, Kreasi yang apik ini buah dari kreatifitas POKDARWIS Danau Laet dalam menarik wisatawan yang ada di Kalimantan Barat dan Luar Pulau.
Jembatan cinta Danau laet tayan hilir Photo
Jembatan cinta Danau laet tayan hilir Photo (widya n)

Semar Area

Semar Area Danau Laet
Semar Area Danau Laet Photo (Jhonie Lou)
Area Semar biasa dijadikan sebagai momen untuk berfoto ria dengan sensasi seakn akan mengapung di udara bersama balon udara di Danau Laet.
Semar Area Danau Laet
Semar Area Danau Laet


Perahu Karet

Perahu Karet di Danau Laet Photo
Perahu Karet di Danau Laet Photo (Thalia Giovanni タリア)
Anda akan dimanjaka dengan wahana perahu karet yang ada di Danau laet, sambil berenang menikmati Danau dan megendarai perahu karet yang ditarik spred boat, menambah pengalaman dalam liburan akhir pekan anda.
Perahu karet Danau laet
Perahu karet Danau laet


Sepeda Sampan

Sepeda Sampan di Danau Laet
Sepeda Sampan di Danau Laet Photo (Muflih Abdul Hamid Ahmad)
Sepeda sampan ini memiliki dua roda yang berbentuk perahu sampan kecil dengan ditengahnya terdapat stir dan engkol untuk menggerakan perahu diatas danau, sungguh pengalaman yang menarik.

Selain itu terdapat juga sepeda bebek engkol yang tersedia di Danau Laet

Speed boat  

speed boat di Danau Laet
speed boat di Danau Laet Photo (GPD CORP Sangau)
Berderet speed di Danau Laet yang siap melayani para pengunjung yang ingin mengelilingi pulau pulau yang ada di Danau, diperkirakan terdapat 12 pulau yang indah di Danau Ini, sambil berselancar, anda bisa mengunjungi bekas bendungan Danau yang belum rampung penggarapannya serta melihat keindahan villa ala eropa serta pemandangan akar akar pohon yang bergelantungan di atas dannau.
Menelusuri Danau Laet
Menelusuri Danau Laet


Villa Danau Laet

Villa di Danau Laet Photo
Villa di Danau Laet Photo
Villa ini berada di Seberang Danau Laet yang bangunanya dibawahnya tergenang air danau, seolah olah berada di permukaan air danau.

Untuk mencapai kesini anda bisa menyewa Speed boat dengan harga sewa Rp. 150.000 ( Harga Sewaktu waktu bisa berubah) Melalui Zona 1 dan Zona 2 anda bisa sampai ke Villa Ini.

Bagi anda yang ingin menikmati Villa bisa menghubungi no kontak POKDARWIS Danau laet yang tertera di atas, karena villa terbatas, diusahakan untuk menghubungi pengelola jauh jauh hari sebelum terlambat.
Pesona Villa Danau Laet
Pesona Villa Danau Laet

Dengan desain dan fasilitas Hotel berbintang, memanjakan anda untuk menghabiskan waktu di Villa yang indah ini di Danau Laet.
Kamar Villa di Danau Laet
Kamar Villa di Danau Laet
Toilet-Villa-Danau Laet
Toilet-Villa-Danau Laet
Untuk lampu penerangan masih menggunakan genset yang dihidupkan mulai pukul 6 sore sampai pukul 6 pagi itupun tergantung dari anda bernegosiasi dengan pengelola.

Dilengkapi dengan AC, serta jendela kaca untuk memanjakan anda melihat Danau serta Kasur tempat tidur yang nyaman, membwa kesan mewah dan sejuk.
Villa ini sangat cocok untuk anda dan keluarga besar, rekan rekan kerja yang ingin refressing dari hiruk pikuk perkotaan.
Ruamg Makan Villa Danau Laet
Ruamg Makan Villa Danau Laet
Untuk Ruangan makan tersedia luas, yang dipergunakan untuk menjamu berbagai pengunjung yang ramai menginap di Villa ini.

Untuk harga lumayan sesuai fasilitas, lebih cocok untuk wisatawan yang membawa rombongan, jadi tidak terlalu menguras kantong.

Camping Area

Geser gambar untuk melihat area campin di Danau Laet
Bagi anda yang ingin menikmati alam bebas, Danau laet sangat cocok bagi anda yang ingin camping di area Danau.

Lokasi ini sering ramai dikunjungi untuk camping di area tepi danau dekat hutan karet di Danau Laet .

Pertanyaan yang sering ditanyakan di Danau Laet

Berapa tarif parkir di Danau Laet?
Untuk kendaraan roda dua Rp. 3000 dan kendaraan roda empat RP. 5000 (Harga Bisa Berubah)

Berapa tarif masuk ke Danau laet zona 1?
Untuk memasuki ke Danau, anda harus membeli tiket seharga Rp. 15.000

Berapa Sewa Sampan untuk rekreasi dan macing?
Retribusi untuk sewa sampan tujuan rekreasi lebih murah dari pada sewa untuk macing. Harga Berkisar Rp. 15.000 - Rp. 25.000

Berapa retribusi paket mancing menggunakan speed board di Danau Laet?
Paket mancig dengan menyewa speed boar Rp. 250.000 -Rp. 350.000 tergatung kekuatan mesin antara 2 -15 PK.

Fasilitas umum apa saja di Danau Laet?
Danau laet telah tersedia Musholla dan Toilet umum yang bisa dipergunakan pengunjung Danau Laet

Video Danau Laet 


DANAU LAIT, Danau laet Subah Sanggau
DANAU LAIT, Danau laet Subah Sanggau

DANAU LAIT, Danau laet Subah Sanggau
DANAU LAIT, Danau laet Subah Sanggau

DANAU LAIT, Danau laet Subah Sanggau

DANAU LAIT, Danau laet Subah Sanggau
DANAU LAIT, Danau laet
YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.