Air Terjun Jitok

Pancurajipost.comAir Terjun Jitok adalah wisata alam air terjun yang terletak di hutan belantara Kecamatan Kembayan Kabupaten Sanggau.

Air Terjun Jitok atau riam jitok memiliki keunikan tersendiri, mengalir diselah selah batu besar yang diatasnya ditumbuhi pepohonan yang rindang.
Air Terjun Jitok/Riam Jitok
Air Terjun Jitok


Alamat AIR TERJUN JITOK

Air Terjun Jitok terletak di Desa Mobui Kecamatan Kembayan Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat
Kodepost Air Terjun Jitok : 78553
No telpon Air Terjun Jitok : -

Jalur Transportasi menuju Air Terjun Jitok

Dari Kota Sanggau menuju Desa Mobui Kecamatan Kembayan menempuh jarak sekitar 91.7 Km atau waktu tempuh sekitar 1 jam 45 menit.

Sedangkan dari PLBN Entikong sekitar 71.5 Km atau sekitar 1 jam 20 menit menggunakan kendaraan roda dua dan empat.

Asal usul nama Riam Jitok/Air Terjun Jitok

Konon Jitok itu adalah nama sebuah pohon menurut bahasa warga setempat yang berarti pohon Pulai.
Menurut cerita warga setempat dengan adanya pohon Pulai di yakini membuat keberadaan air di tempat tersebut tidak pernah kering, walaupun dalam keadaan kemarau panjang.

Itulah sebabnya disekitar area Riam jitok masih terdapat pepoonan yang rindang, sehingga mempertahankan budaya sama dengan mempertahankan alam sekitar.

Wisata Air Terjun Jitok

Wisata Alam

 Dengan ketingian sekitar 5 mener, Air terjun Jitok memiliki panorama keindahan alam yang cukup alamiah, karena masih banyak dikelilingi oleh tumbuhan asli setempat sehingga udara di lokasi tersebut terasa segar dan suasana yang terasa sejuk, lokasinya yang terletak diatas bukit menjadi tantangan tersendiri untuk mengunjunginya.

Kesejukan air yang mengalir tiada duanya, gemuruh air terdengar sangat keras, anda bisa mandi disekitar air terjun jitok karena ada kolam penampungan air yang biasa dipergunakan pengunjung untuk mandi atau hanya sekedar membasuh muka atau duduk duduk santai disekitar Riam Jitok.

Wisata Kerajinan Tangan dan Budaya

Keberadaan lokasi disekitar Air Terjun Jitok tersebut sangat menarik, sebelum mencapai lokasi tersebut kita melewati kampung warga setempat yang disitu tersedia berbagai jenis produk anyaman, diantaranya tikar, ragak, jarai, tanggui, parang dengan berbagai ukuran dan disitu juga terdapat warga sebagai pemahat patung berbahan dasar kayu.

Jadi, jika berkunjung ditempat tersebut akan sangat mudah jika ingin mendapatkan cinderamata.

Pertanyaan yang sering diajukan di Air terjun Jitok

Berapa tiket masuk menuju Air Terjun Jitok?
Karena belum dikembangkan dengan baik, untuk sementara tidak ada biaya masuk menuju Riam Jitok

Bagaimana cara untuk menuju ke riam jitok?
Dari Desa Mobui anda bisa meminta warga sekitar untuk mengantarkan anda ke Objek Wisata sekaligus sebagai tourgide dengan biaya sewa sesuai kesepakatan.

Apakah di Riam Jitok sudah ada MCK?
Disekitar riam jitok belum ada fasilitas MCK
YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Air Terjun Jitok"