Review Masjid Agung Oesman Al Khair, Masjid di atas laut, Wisata Religi Kayong Utara

Pancurajipost.com - Masjid Agung Oesman Al Khair adalah masjid terapung di pinggiran pantai Kota Sukadana, Kayong Utara. Karena keunikannya, Presiden Joko Widodo meresmikan langsung Masjid Agung Oesman Al Khair pada tanggal 15 Oktober 2016 yang didampingi langsung oleh Gubernur Kalbar Saat itu  Drs. Cornelis, M.H.

Masjid Agung Oesman Al Khair Photo
Masjid Agung Oesman Al Khair Photo

Masjid Agung Oesman Al Khair sebagai tempat ibadah umat muslim, juga dijadikan sebagai wisata religi Kabupaten Kayong Utara.

Gaya arsitektur Masjid Agung Oesman Al Khair meniru gaya arsitektur Timur Tengah dan Maroko dengan sebaian bangunan masjid  di atas pantai dengan Tiang pancang yang dibenamkan sedalam kurang lebih 23 meter dengan bangunan mempunyai 4 menara, 1 kubah besar dan 8 kubah biasa.

Bagian Dalam Masjid Agung Oesman Al Khair Photo
Bagian Dalam Masjid Agung Oesman Al Khair Photo (Wawan Sambora Audi)

Alamat Masjid Agung Oesman Al Khair 

Masjid Agung Oesman Al Khair, beralamatkan di Jl. Kota Karang, Desa Sutera, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat.

Kodepost Masjid Agung Oesman Al Khair : 78852

No telpon Masjid Agung Oesman Al Khair : -

Google Map Masjid Agung Oesman Al Khair

Jalur Transportasi menuju Masjid Agung Oesman Al Khair

Geser gambar untuk melihat seluruh depan halaman Masjid Agung Oesman Al Khair

Masjid Agung Oesman Al Khair berada di pinggiran pantai persis di simpang Tugu Durian yang jaraknya hanya 180 meter.

Sedangkan dari Ibukota Kalimantan Barat, Pontianak menuju Masjid Agung Oesman Al Khair melalui jalur darat berjarak sekitar 449 Km atau sekitar 9 jam 35 menit melalui Kabupaten Sanggau yaitu Jembatan Kapuas Tayan di kecamatan tayan hilir, Kecamatan Toba, Kabupaten Ketapang dan masuk ke Kabupaten Kayong Utara Kecamatan Sukadana.

Sedangkan jika anda ingin menggunakan jalur udara, dari Bandara Internasional Supadio Kuburaya menuju Bandara Rahadi Oesman Ketapang sekitar 1 jam perjalanan menggunakan jenis pesawat ATR. Dari Bandara Rahadi Oesman dilanjutkan menggunakan travel, bus,atau taxy menuju Masjid Agung Oesman Al Khair dengan jarak sekitar 80.6 Km atau lama perjalanan 1 jam 50 menit.

Wisata Religi Masjid Agung Oesman Al Khair

Geser gambar untuk melihat pintu masuk Masjid Agung Oesman Al Khair

Masjid Agung Oesman Al Khair tananhnya dari sumbangan tanah wakaf salah satu putra daerah Sukadana yang bernama Oesman Sapta Odang atau dikenal dengan sebutan Bapak OSO. Masjid ini pembangunannya mengeluarkan dana sekitar 38 milyar.

Profil singkat Oesman Sapta Odang

Oesman Sapta Odang Photo
Oesman Sapta Odang Photo (JPNN)
Sedikit Cerita tentang Oesman Sapta Odang, Putra Daerah yang membangun tanah kelahirannya.

Oesman Sapta Odang ialah seorang pengusaha kaya raya sekaligus pernah menjabat sebagai Wakil Ketua MPR masa bakti 1999 - 2004.

Masa kecilnya, seperti anak anak pada umumnya, Oesman Sapta Odang di panggil OSO menghabiskan masa kecilnya di Sukadana. Masa kecil yang serba kekuarangan, untuk mendapatkan baju baru, beliau harus menunggu satu tahun, yaitu ketika lebaran akan tiba baru dibelikan baju baru oleh ORTU nya.

Untuk dapat makan enak ketika pada momen lebaran saja, selain bersilaturahmi ke sanak saudara, Kegiatan yang disenangi ketika masih kecil adalah bermain ke pantai. 

Pada pembanguan Masjid Agung Oesman Al Khair yang menghabiskan total sekitar 38 miliar tersebut, Oso ikut menyumbangkan berupa tanah wakaf dan uang senilai 11 miliar.

Oso dulu yang serba kekurangan menjadi Oso yang sekarang dikenal pubik sebagai pengusaha dan tokoh politik Nasional, menjadi Inspirasi banyak anak anak pelosok negeri bahwa, kesempatan sukses itu tidak memandang dimana dia dilahirkan tapi, kemauan untuk sukses.

Keunikan Masjid Agung Oesman Al Khair

Geser gambar untuk melihat dari atas keindahan Masjid Agung Oesman Al Khair

Berada di tepi pantai atau orang menyebutnya Masjid diatas laut,  Masjid Agung Oesman Al Khair menjadi salah satu masjid yang unik. Dengan dominasi warna putih, jika dari laut dipandang seperti mengapung dilautan saat air pasang tiba.

Masjid Agung Oesman Al Khair dari laut photo
Masjid Agung Oesman Al Khair dari laut photo (MR _Ocha)

Dibangun pada tahun 2012 dan rampung sekitar kurang lebih 4 tahun, yang diresmikan Presiden Joko Widodo tahun 2016, Masjid Agung Oesman Al Khair menjadi salah satu tujuan wisata religi masyarakat Kayong Utara, dan masyarakat lainnya.

Keindahan Pantai

Suasana Pantai Dekat Masjid Agung Oesman Al Khair Photo
Suasana Pantai DekatMasjid Agung Oesman Al Khair Photo (Anto Rokan)
Jika anda berkunjung ke Masjid Agung Oesman Al Khair, anda bisa menikmati pemandangan pantai yang indah dilengkapi dengan pemandangan perbukitan.

Anda bisa menikmati ini, ketika anda berada di sisi kanan dan kiri masjid, terdapat lapangan luas dengan lantai beton dan di pagar.

Setelah memunaikan sholat, anda bisa melihat pantai yang indah, yang membuat hati semakin yakin akan kebesaran dan keindahan Dzat Yang Maha Indah,  karya Agung sang Pencipta, berupa bentangan psir pantai dan perbukitan, serta angin yang berhembus sejuk dari pantai menyapa anda.

Masjid Pelindung

Masjid Agung Oesman Al-Khair dari atas drone Photo
Masjid Agung Oesman Al-Khair dari atas drone Photo
Masjid Agung Oesman Al Khair yang berada di tepi pantai seolah olah sebagai benteng pelindung masyarakat Kota Sukadana dari mara bahaya. Berdiri Kokoh, besar menjulang tinggi dan warna dominan putih, membawa ketrentraman dan ketenangan jiwa, sebagai icon masyarakat Sukadana yang religius.

Pertanyaan yang sering ditanyakan di Masjid Agung Oesman Al Khair

 Apakah Masjid AgungOesman Al Khair tempat wisata?

Masjid Agung Oesman Al Khair adalah tempat suci ibadah umat muslim, Selain sebagai tempat untuk beribadah, masyarakat muslim datang kesini biasa berfoto foto di area luar masjid yang indah dan megah. Karena kemegahan dan keindahannya, Masjid Oesman Al Khair dikategorikan sebagai Objek WIsata Religi Umat Muslim.

 Selain kemegahan , ada apa disekeliling Masjid AgungOesman Al Khair?

Masjid Agung Oesman Al Khair bedara di tepi pantai, jadi selain keindahan masjid, anda bisa menikmati keindahan pantai, kemudian, terdapat juga taman alun alaun tugu sukadana yang berdekatan dengan tugu durian, berada di pintu masuk menuju masjid.

 Adakah objek wisata dekat Masjid AgungOesman Al Khair?

Terdapat Objek wisata populer dekat dengan Masjid Agung Oesman Al Khair yaitu Objek Wisata Pantai Pulau Datok, yang merupakan kawasan Sail Selat Karimata 2016. Jarak dari masjid ke Pantai Pulau Datok sekitar 3.2 Km atau sekitar 6 menit berkendara.

Baca Juga : Objek Wisata Pantai Pulau Datok

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Masjid Agung Oesman Al Khair, Masjid di atas laut, Wisata Religi Kayong Utara"