Review Pantai Pulau Datok Kayong Utara, Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Pantai Pulau Datok adalah salah satu objek wisata unggulan wisata pantai yang indah di Kecamatan Sukadana, Kayong Utara. Objek wisata ini telah terkenal ke penjuru Dunia dibuktikan dengan pada tahun 2016 lalu. Pantai Pulau Datok menjadi area pelakasanaan event tingkat Internasional dengan sebutan SAIL SELAT KARIMATA 2016, dengan puncak acara tepatnya pada tanggal 15 Oktober 2016 dan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Pinggiran Pantai Pulau Datok dari atas Drone Photo
Pinggiran Pantai Pulau Datok dari atas Drone Photo

Akses yang mudah, berada di pinggiran kota, serta merupakan kawasan berdekatan dengan pelabuhan Sukadana, Kayong Utara, membuat Pantai Pulau Datok menjadi Destinasi wisata yang tak pernah sepi dari para pengunjung, baik dari Kalbar dan dari luar karbar.

Alamat Pantai Pulau Datok

Pantai Pulau Datok beralamatkan di Jl. Pantai Pulau Datok, Desa Pangkalan Buton, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat.

Kodepost Pantai Pulau Datok: 78852

No telpon Pantai Pulau Datok :-

Google Map Pantai Pulau Datok

Jalur Transportasi menuju Pantai Pulau Datok

Pantai Pulau Datok berada di pinggiran kota Sukadana, Dari Tugu Durian menuju Pantai Pulau Datok berjarak sekkitar 3.1 Km atau sekitar 6 menit berkendara menggunakan kendaraan roda dua dan empat.

Sedangkan dari Ibukota Kalimantan Barat, Pontianak menuju Pantai Pulau Datok melalui jalur darat berjarak sekitar 449 Km atau sekitar 9 jam 30 menit melalui Kabupaten Sanggau yaitu Jembatan Kapuas Tayan di kecamatan tayan hilir, Kecamatan Toba, Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara.

Sedangkan jika anda ingin menggunakan jalur udara, dari Bandara Internasional Supadio Kuburaya menuju Bandara Rahadi Oesman Ketapang sekitar 1 jam perjalanan menggunakan jenis pesawat ATR. Dari Bandara Rahadi Oesman dilanjutkan menggunakan travel, bus,atau taxy menuju Pantai Pulau Datok dengan jarak sekitar 81.8 Km atau 1 jam 51 menit.

Apa yang menarik di Pantai Pulau Datok

Tugu Sail Selat Karimata

Tugu Sail Selat Karimata 2016 Photo di Pantai Pulau Datok
Tugu Sail Selat Karimata 2016 Photo di Pantai Pulau Datok (Marsianus Wawan Setiawan)
Tugu ini sebagai tanda bahwa anda telah memasuki area Pantai Pulau Datok. Karena Pantai ini berdekatan dengan Pulau Karimata.

Pulau Karimata sendiri ialah pulau yang tidak jauh dari Pantai Pulau Datok, yang berstatus SAL atau Suaka Alam Laut dengan kekayaan alamnya, memiliki kekhasan tumbuhan, satwa, dan ekosistem yang wajib kita jaga dan lindungi.

Taman Alun Alun Sail Selat Karimata

Taman Alun Alun Sail Selat Karimata Photo
Taman Alun Alun Sail Selat Karimata Photo
Taman ini merupakan pintu masuk menuju pinggiran pantai pulau datok. Dengan lantai yang dibeton dilengkapi dengan pagar pembatas serta ada bertuliskan "Pantai Pulau Datok" sebagai icon pantai yang wajib anda berfoto disana sebagai kenang kenangan.

Wisata Pantai Pasir Putih

Pantai Pulau Datok terkenal dengan wisata pantai yang memili pasir putih dan bersih seperti pantai di Nusa Dua Bali.
Wisata Pantai Pasir Putih di Pantai Pulau Datok Photo
Wisata Pantai Pasir Putih di Pantai Pulau Datok Photo
Berada di kawasan Taman Nasional Gunung Palung, Pantai Pulau Datok menyajikan beragam pepohonan berjenis akasia , berjejer dengan rapi disepanjang pinggir pantai yang bisa difungsikan sebagai penghalang sengatan matahari ketika terik tiba.

Ombak di Pantai Pulau Datok sangat lembut dan menawan, bisa digunakan para pengunjung untuk berenang di pinggir pantai sambil membawa pelampung sebagai alat keselamatan.

Berbagai Wahana Permainan

Pinggiran Pantai Pulau Datok Photo
Pinggiran Pantai Pulau Datok Photo
Selain wisata pantainya, Pantai Pulau Datok juga menyediakan berbagai wahana permainan yang bisa anda sewa seperti :

Motor ATV

Motor ATV/sejenis motor roda empat yang bisa dipergunakn untuk berkendara mengelilingi Pantai Pulau Datok.

Sepeda

Pantai Pulau Datok juga menyediakan penyewaan sepeda untuk anak anak dan dewasa yang bisa anda sewa untuk mengelilingi Pantai Pulau Datok.

Perahu Kano

Perahu kano di Pantai Pulau Datok Photo
Perahu kano di Pantai Pulau Datok Photo (Cipta Andri Jhona Sinuraya)
Pantai Pulau Datok menyediakan perahu kano untuk anda yang suka olahraga berselancar di air, serta pinggiran pantai.

Perahu Karet

Perahu Karet di Pantai Pulau Datok Photo
Perahu Karet di Pantai Pulau Datok Photo
Jenis permainan ini sangat digemari bagi mereka yang suka adrenalin, perahu karet ini akan ditarik oleh speed board dengan kecepatan tinggi, yang membuat perahu ini bisa melayang layang diatas permukaan Pantai Pulau Datok.

Ayunan anak anak

Sekitar lokasi Pantai Pulau Datok terdapat ayunan dan prosotan yang dipergunakan untuk bermain khusus anak anak. dan masih banyak lagi.

Sunset

Sunset di Pantai Pulau Datok Photo
Sunset di Pantai Pulau Datok Photo (Vidya Setyaningrum)
Pantai Pulau Datok menyajikan pemandangan sunset yang luar biasa, pada sore hari anda bisa menikmati panorama sunset di pinggiran Pantai Pulau Datok.

Bebatuan

Bebatuan di Pantai Pulau Datok Photo
Bebatuan di Pantai Pulau Datok Photo (Betty Veronika (Bty Vika))
Di area tertentu, Pantai Pulau Datok terdapat bebatuan keras disekitar pantai, yang biasa dipergunakan pengunjung untuk duduk duduk menikmati pemandangan pantai sambil menikmati cemilan dan angin yang sejuk.

Spot Foto Instagramable

Spot Foto Instagramable di Pantai Pulau Datok Photo
Spot Foto Instagramable di Pantai Pulau Datok Photo (Panguripan Pradana)
Pantai Pulau Datok terkenal dengan keindahanya, pasir putih serta air pantai yang jernih menambah indahnya ketika mengabadikan momen anda bersama keluarga dan rekan anda.

Menara Pengintai

Menara Pengintai di Pantai Pulau Datok Photo
Menara Pengintai di Pantai Pulau Datok Photo (S J (R))
Jika and abelum puas menikmati pemandangan pantai dari bawah, anda bisa mencoba menaiki menara yang tingginya kurang lebih 10 meter untuk melihat keindahan Pantai Pulau Datok dari atas menara.

Berjumpa dengan Patrick

Patrick Bintang Laut di Pantai Pulau Datok Photo
Patrick Bintang Laut di Pantai Pulau Datok Photo (Annisah)
Pantai Pulau Datok memiliki keaneka ragaman perikanan pantai, jika anda beruntung maka akan berjumpa dengan Bintang laut atau di tokoh kartun berperan dengan nama patrick  di permukaan pasir, padahal binatang ini sebenarnya hidup di bawah bebatuan loh...

Wisata  Hutan

Wisata Hutan di Pantai Pulau Datok Photo
Wisata Hutan di Pantai Pulau Datok Photo
Setelah menikmati wisata pantainya di Pantai Pulau Datok terdapat objek wisata hutan yang bisa anda nikmati kesejukan dan rindangnya pepohonan yang bisa anda akses melalui jembatan kayu yang membelah hutan.

Area ini juga menjadi favorit para photografer untuk membidik pemandangan indah di lorong lorong jembatan kayu yang membelah hutan.

Aneka Kuliner Segar

Sepanjang pinggiran Pantai Pulau Datok terdapat kursi dan pendopo, yng dibelakangnya terdapat penjual minuman dan makanan segar. Biasanya para pengunjung selalu memesan makanan favorit pantai yaitu Es Kelapa Muda.

Es Kelapa muda ini langsung disuguhkan bersama tempurung kelapa, jadi semakin nikmat dan rasanya asli tanpa tambahan yang mengurangi rasa.


Pertanyaan yang sering ditanyakan di Pantai Pulau Datok

Berapa tiket masuk ke Pantai Pulau Datok?

Untuk tiket masuk, Pantai Pulau Datok mematok harga Rp.10.000 (Harga Sewaktu Berubah)  jika hari biasa, biasanya tidak ada tarikan tiket.

Apakah ada hotel disekitar Pantai Pulau Datok?

Disekitar Pantai Pulau Datok belum dibangun perhotelan, namun anda jangan hawatir, banyak loh homestay yang siap untuk anda yang ingin menginap disekitar Pantai Pulau Datok.

Apakah ada fasilits MCK di Pantai Pulau Datok?

Pantai Pulau Datok telah dikelola dengan baik, tentu saja pihak pengelola menyediakan toilet yang baik dan bersih untuk memuaskan para pengunjung yang datang ke Pantai Pulau Datok.

Selain Keindahan Pantai Pulau Datok, Disekitar pantai ada kah wisata menarik lainnya?

Tidak jauh dari Pantai Pulau Datok, ada Masjid Agung Oesman Al-Khair yang terletak di pinggir pantai, habis menunaikan sholat, anda bisa pergi ke sisi mesjid, disana anda akan disuguhkan pemandangan indah pantai dan perbukitan.

Ada Juga Gugusan Pulau karimata, namun untuk pergi kesana, harus menggunakan kapal board yang bisa mengantarkan pulang dan pergi. Harga sewa tergantung dari Negosiasi anda dengan pihak pengelola.

Ada juga Pantai Pasir Mayang yang  memiliki patai yang cukup indah.

Baca Juga : Wisata Religi Masjid Agung Oesman Al-Khair

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Pantai Pulau Datok Kayong Utara, Kalimantan Barat"