Wisata Alam Air Panas Sipatn Lotup, Keajaiban di tengah hutan Kalimantan

Wisata Alam Air Panas Sipatn Lotup, Keajaiban di tengah hutan Kalimantan
Pancurajipost.com - Sipatn Lotup adalah air mendidih yang bergelembung  berasal dari aliran mata air yang di panaskan oleh panas bumi  (geothermal) dengan temperatur 52-55 derajat Celsius. 

Jadi sipatn lotup itu apa ?, Sipatn Lotup artinya Sipatn yang berarti sungai atau aliran sungai dan Lotup yang berarti panas yang meletup-letup. Kata Sipant Lotup itu sendiri berasal dari bahasa masyarakat Dayak Jangkang. 

Sipatn Lotup artinya Sipatn yang berarti sungai atau aliran sungai dan Lotup yang berarti panas yang meletup-letup
Foto air panas sipatn lotup Jngkang

Letak Objek Wisata Sipatn Lotup


Objek Wisata Sumber Air Panas Sipatn Lotup berada di Kampung Peruntang Desa Sape, Kecamatan Jangkang Kabupaten Sanggau. Provinsi Kalimantan Barat.

Kodepost Sipatn Lotup : 78591

No Telpon Sipatn Lotup : -

Jalur Transportasi ke Objek Wisata Alam Sipatn Lotup

Jalur Transportasi ke Objek Wisata Alam Sipatn Lotup
Google map Jalur Transportasi ke Objek Wisata Alam Sipatn Lotup dari semuntai

Patokan dari Kota Sanggau, Untuk menuju Objek Wisata Sipatn Lotup terdapat dua jalur darat. Yaitu Jalur pertama (Jalur Dekat) arah simpang jembatan semuntai menuju kedukul/ Kecamatan Mukok dan sampai di Balai Sebut Kecamatan Jangkang dengan jarak 67 Km dari Kota Sanggau. Atau lama perjalanan sekiar 2 Jam 23 Menit. 

Jalur kedua (Jalur Jauh ) melalui simpang tiga tanjung, Kecamatan Kembayan  dan masuk simpang menuju Kecamatan Jangkang.dengan jarak sekitar 142 Km dan lama perjalanan sekitar 3 jam 29 Menit.

Untuk wisatawan dari Luar Kalimantan, Jalur transportasi dari Bandara Internasional Supadio Kuburaya ke Objek Wisata Sipatn Lotup berjarak sekitar 259 Km atau lama perjalanan sekiar 5 jam, 53 menit melalui sosok, simpang tanjung, kembayan, dan menuju balai sebut.

Antara jalur dekat dan jalur jauh, memiliki perbedaan pada infrastruktur jalan. Jalur jauh lebih bagus jalannya dari pada jalur dekat. Namun pada tahun 2022, jalur dekat melewati semuntai , Kecamatan Mukok, Jangkang sudah mulai ada tanda-tanda perbaikan mulai dari pengaspalan di titik-titk tertentu.

foto SIPATN LOTUP   jangkang
Foto sipatn lotup jangkang

Sejarah Asal Mula Sipatn Lotup

Cerita legenda penemuan sumber Air Panas Sipatn Lotup dimulai sejak tahun 1950-an. Menurut cerita dari Lukas Singku, yang merupakan salah satu tokoh Desa Sape, menceritakan pada jaman dahulu Masyarakat Dayak Jangkang mencari ikan di sungai dengan cara memasang perangkap ikan atau bubu menurut bahasa mereka.Pada saat itu, Kakek Lukas ikut serta bersama rombongan ikut berburu ikan dengan ciri khas selalu membawa binatang anjing peliharaan kakek nya Lukas.

Suatu ketika anjing yang dibawanya tiba-tiba berlari ke suatu tempat dan menggonggong terus menerus, Sang kakek pun sontak mendekati suara anjingnya dan ternyata setelah sampai dimana anjingnya menggonggong, Sang Kakek melihat seekor kijang yang telah mati.

Singkat cerita, Segera dibawanya kijang tersebut ke rumah Kakek Lukas. Kakek danTetangga disekiar rumah kakek terheran heran  kenapa kijangnya mati tanpa ada luka disekujur badan kijang. 

Sang kakek dan warga sekitarpun penasaran dan mendatangi lokasi dimana ditemukannya kijang yang mati tersebut. Sampai disana, ternyata tempat itu berdekatan dengan aera terlararang untuk dimasuki, karena jalan dahulu area sipatn lotup adalah area yang angker dan dikeramatkan. Sang Kakek dan warga sekitar memberanikan diri masuk area angker. Alangkah terkejutnya didalam hutan itu terdapat sumber mata air yang mengeluarkan bau belerang, dan airnya meletup-letup. Sehingga oleh masyarakat disana Sumber air air panas disebut Sipatn Lotup.

hari demi hari, menyebarlah cerita itu dan sampailah cerita itu ke sanggau. Suatu ketika ada rombongan pengunjung dari daerah mengkiang, mereka kebetulan membawa serta salah satu orang yang sedang sakit parah. Mereka mendirikan pondok dan menginap selama tujuh hari tujuh malam disekitar air panas. 

Setiap hari selama 7 hari selalu mandi di Air Panas Sipatn Lotup. Dan sungguh ajaib, Salah satu orang yang sakit tersebut sembuh total. 

Sontak cerita itu menyebar dan semakin lama sipatn lotup bayak dikunjungi dari berbagai wilayah di kalimantan barat. Sehingga dari situlah masyarakat sipatn lotup berinisiatif untuk membersihkan kolam air panas itu supaya yang berkunjung lebih mudah dan nyaman. 

Legenda Air Sipatn Lotup bisa menyembuhkan segala penyakit menyebar luas  hingga ke pulau jawa. jangan heran ketika hari-hari libur banyak pengunjung dari berbagai desa dan kota disekitar Sanggau berwisata ke sipatn lotup untuk mandi dan ada juga yang datang berniat untuk menyembuhkan penyakitnya. 

Bahkan pernah dari pulau jawa datang untuk berobat di Air Sipatn Lotup. Menurut cerita orang jawa yang berobat itu mengetahui sipatn lotup dari ilham mimpinya. dia mandi dan bermalam di sipatn lotup selama tiga hari. tak disangka orang itupun sembuh total dari penyakitnya.

Ada juga yang mengatakan bahwa Sipatn Lotup adalah merupakan titik tempat pertemuan orang-orang sakti atau suci pada jamannya. Sehingga diharapkan kepada pengunjung yang ingin ke Sipatn Lotup untuk menjaga tata krama, bicara, dan menjaga lingkungan di area sipatn lotup.

Fakta menarik di Sipatn Lotup

Sipatn Lotup berada di area hutan yang datar dan tidak ada jalur gunung berapi. sehingga Sumber Air Panas Sipatn lotup menarik untuk dijadikan penelitian. Tidak jauh dari Ara Sipant Lotup atau sekiat 17 Km terdapat bukit, oleh masyarakat sekitar disebut Gunung Bengkawan yang merupakan bukit tertinggi di Kalimantan Barat, dengan tinggi sekitar 2000 Meter. lebih.

Gunung Bengkawan -Jangkang Sanggau Kalbar
Gunung Bengkawan -Jangkang Sanggau Kalbar Foto Kane Dendi

Terlihat dari kejauhan kabut menyelimuti bukit Bengkawan karena saking tingginya. Bukit Bengkawan tersebut sangat lekat dengan cerita "Manusia Kelelawar " yang melegenda di Masyarakat, terutama masyarakat Dayak Jangkang.

Renovasi Sipatn Lotup

Air panas terletak di Kecamatan Jangkang yang telah renovasi pada tahun 2017 namun masih harus banyak yang diperbaiki, Kabupaten Sanggau mempunyai mimpi jika nantinya di Sipatn Lotup ada pemandian yang hangat, spa, penginapan disekitar Sipatn Lotup seperti pemandian di Negara Jepang.  

Simak Video Air Panas SIpatn Lotup




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url