AIR TERJUN EMPARE - SEKAYAM CITY, Sanggau

 AIR TERJUN EMPARE terletak di desa Bungkang Kec. Sekayam, Kabupaten Sanggau.Kalimantan Barat.  Tinggi Air Terjun Empare sekitar 50 Meter di atas bukit Bungkang. Dinamakan Empare karena di Desa tersebut terdapat bukit yang dinamakan Empare. Air Terjun tersebut letaknya di kaki bukit Empare, makanya Masyarakat sekiar menamakannya Air Terjun Empare.


Jalur Perjalanan

Sobat Wisata, Kecamatan Sekayam merupakan Kecamatan yang berbatasan dengan Kecamatan Beduai dan Kecamatan Entikong yang memiliki 10 Desa diantaranya Desa Pengadang, Desa Kenaman, Desa Engkahan, Desa Bungkang, Desa Sotok, Desa Raut Muara, Desa Lubuk Sabuk, Desa Sei Tekam dan Desa Balai Karangan.

Salah satunya Desa Bungkang yang memliki potensi Wisata  yang menakjubkan yaitu  Air Terjun Empare. Desa Bungkang sendiri berbatasan lintas malindo yang langsung berbatasan dengan Negara tetangga yaitu Malaysia, sehingga letaknya yang strategis, Objek Wisata Air Terjun Empare dikategorikan sebagai Objek Wisata Perbatasan.

Dari Kota Sanggau menuju Ke Desa Bungkang Kecamatan Sekayam memakan waktu sekitar 2 Jam 30 Menit menggunakan kendaraan Roda dua dan Roda empat. atau jaraknya 122 Km dari Kota Sanggau Sedangkan dari Perbatasan Kecamatan Entikong ke Desa Bungkang sekitar 29.3 Km, cukup dekat yah.


Sesampainya di Desa Bungkang, anda akan disuguhkan dengan melihat kembaran Tugu yang ada di Kecamatan Entikong , tugu ini persis berada di samping Kantor Kepala Desa Bungkang. Sobat wisata bisa selfie-selfie deh sebelum ke Air terjunnya.

Tugu Kembaran  Perbatasan Indonesia-Malaysia  di Entikong

Dari Desa Empare dilanjutkan dengan menggunakan Sepeda Motor ya Sobat Wisata, Kendaraan Roda empat tidak dapat masuk karena jalan menuju ke Air Terjun Empare lebarnya sekitar 1 meter, melewati perkampungan yang jalannya sudah di beton  sepanjang 2 Km. 

Sepanjang perjalanan, anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang menakjubkan. aliran sungai kecil dan berbatu kerikil, riam-riam kecil yang indah, dan airnya yang masih jernih, membuat suasana semakin  tidak terasa. Setelah itu anda harus memarkirkan kendaraan roda duanya disekitar PAM Desa, atau lokasi lainnya. Nah untuk diketahui, PAM Desa itu merupakan Program Inovasi dari Desa Bungkang. sehingga masyarakat Desa Bungkang sudah dapat merasakan ir bersih dari pegunungan Bukit Empare. Wah..wah wah..hebat yah. Jadi sobat wisata bisa parkir motornya di dekat Area PAM Desa.

Perjalanan selanjutnya dengan berjalan kaki menelusuri jalanan setapak yang biasa dilalui masyarakat desa berladang jadi jangan hawatir yah, jalannya mudah dilalui, menembus ilalang, melewati ladang-ladang warga, naik dan turun bukit, sesekali anda melihat perbukitan yang indah dan hijau di kejauhan sana. Perjalanan sekitar kurang lebih 1 Km. Ketika tim pancurajipost kesana, Nafasnya hampir putus, sesekali berenti untuk istirahat karena jalannya yang naik turun. Sehingga bagi sobat wisata yang biasa berolahraga, akan mudah sampai di Lokasi Ait Terjun Empare.

Sesampainya di Lokasi, anda akan dikejutkan dengan pemandangan air terjun yang luar biasa, Air terjunnya unik, tingginya sekitar 50 Meter dengan berkelok-kelok melintasi bebatuan membentuk dua tingkat. Air nya yang Jernih belum tercemar, membuat siapa saja yang mandi atau hanya duduk-duduk saja disana akan merasakan sensasi dingin dan sejuknya Air Terjun Empare. Pokoknya, capek, pegel kaki, lelah hilang semuanya.

Jika Ke Air Terjun Empare, usahakan membawa perbekalan yah, seperti air minum, soalnya anda pasti akan kehausan selama di perjalanan nanti. dan juga yang terpenting selalu jaga Alam yah dengan cara membawa kantong  untuk sampah yang anda bawa.

Video Air Terjun Empare - Sekayam


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url