Riam Ensiling, Jalur Transportasi, Toba Sanggau

Pancurajipost.com - Pernah jalan-jalan ke Toba ? maksud penulis disini aadalah Kecamatan Toba Kabupaten Sanggau. Riam Ensiling merupakan salah satu  wisata  alam yang berada di Dusun Sebandang, Desa Lumut, Kecamatan Toba, Kabupaten Sanggau. atau lebih tepatnya di daerah perkampungan Embangai, dan lokasinya berada dibawah kaki bukit membuat objek wisata ini menjadi unik.


Jalur Transportasi menuju Riam Ensiling

Geser gambar untuk melihat simpang dari jalan raya menuju Riam Ensiling

Riam Ensiling letaknya tidak jauh dari jalan raya lintas trans Kalimantan (Jalan Trans Kalbar-Kalteng), atau sekitar 10 menit perjalanan menuju Riam Ensiling.

Dari Kawasan Jembatan Tayan menuju Riam Ensiling Toba hanya berjarak sekitar 16.7 Km atau hanya 22 menit berkendara.

Dengan  Medan jalan yang berbatuan dan perbukitan, jalur menuju Riam Ensiling   bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. 


 Penduduk sekitar telah menyediakn biaya masuk ke Riam. untuk tarif tergantung hari biasa atau hari libur akhir pekan. Tarif biaya masuk antara Rp. 15.000 sampai dengan Rp.60.000 per orang.

Di sekitar riam terdapat parkir untuk Sepeda Moor dan Mobil,  dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 10 menit untuk sampai ke riam ensiling, karena kondisi jalan menanjak.

Disepanjang perjalanan kita melawati areal perkebunan masyarakat sekitar dan pepohonan yang rindang membuat perjalanan tidak terasa sampai ke riam karena udaranya terasa sangat sejuk.

Ketika sampai di Riam Ensiling kita dapat Menikmati keindahan alamnya dengan berendam di riam, menikmati aliran air yang mengalir diatas bebatuan, yang terhampar dari atas sampai ke bawah sehingga air nya mengalir begitu deras menyerupai air memanjang.

Tempat ini ramai dikunjungi ketika hari libur Nasional dan akhir pekan

Apa yang menarik di Riam Ensiling

Geser gambar untuk melihat seluruh kondisi Riam Ensiling.

Riam Ensiling memiliki aliran air yang landai yang melewati celah celah bebatuan. Pengunung bisa menikmati keindahan Riam Ensiling yang dikelilingi rindangnya pepohonan yang memancarkan kesejukan.

Suara air yang bergemuruh, disertai dengan angin segar yang dipancarkan dari bebatuan air, membuat suasana hati semakin tenang dan nyaman.

Berenang di Riam Ensiling

Geser gambar untuk melihat seluruh area kolam pemandian di Riam Ensiling
Anda dan kerabat anda bisa menikmati kolam Riam Ensiling yang tercipta dari lekukan bebatuan yang dialiri oleh derasnya air di Riam Ensiling.

Disekelilingnya terdapat tenda tenta para penjual yang menjajakan daganggannya, sambil menikmati keindahannya, anda juga bisa mencicipi kuliner disekitar Riam Ensiling.

Wisata Healing

Riam Ensiling sangat cocok untuk anda yang ingin menenangkan diri dari hiruk pikuk perkotaan yang bising dengan suara kendaraan, Kodisi pepuhoan yang tinggi disekelilingnya yang terdapat bebatuan serta aliran air akan menjadikan shok terapi yang akan menanangkan jiwa dan pokiran anda.

Pertanyaan yang biasa ditanyakan di Riam Ensiling

Berapat tarif masuk menuju Riam Ensiling?
Untuk tarif masuk menuju ke Riam Ensiling  antara Rp. 15.000 sampai dengan Rp.60.000 per orang.

Apakah sudah ada MCK di Riam Ensiling?
Disekitar Riam Ensiling, telah terbangun sarana MCK, anda bisa berganti pakaian di area ini yang telah disediakan tempat berganti pakaian.
YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Riam Ensiling, Jalur Transportasi, Toba Sanggau"