Riam Kecala Saggau I Air Terjun Pana, Jalur dan Transportasi

Pancurajipost.com - Riam Kecala adalah Air terjun yang berada di tengah hutan Desa Pana. Orang biasa  menyebutnya Air terjun pana.

Airnya yang deras dan memiliki rongga didalamya menyerupai goa, membuat Riam Kecala Saggau ini ramai dikunjungi ketika liburan tiba sebagai alternatif berlibur di pinggiran pusat kota sanggau.

Alamat Riam Kecala Saggau I Air Terjun Pana

Riam Kecala Saggau I Air Terjun Pana beralamat di Dusun Pana, Desa Pana, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat, 

Kodepost Riam Kecala Saggau I Air Terjun Pana : 78516

No telpon Riam Kecala Saggau I Air Terjun Pana : -

Google Map Riam Kecala Saggau /Air Terjun Pana

Jalur Transportasi menuju Riam Kecala Saggau. Air Terjun Pana

Geser gambar untuk melihat seluruh simpang menuju Riam Kecala Saggau
Wisata Alam air terjun yang mudah di jangkau dan dekat dengan pusat Kota Sanggau. 
Untuk menuju kesana dianjurkan menggunakan kendaraan roda dua dengan jarak tempuh sekitar 12 Km atau 30 menit menggunakan sepeda motor melintasi jalanan bebatuan yang rata kemudian belok kanan memasuki jalanan tanah kuning melintasi perbukitan dan lahan sawit milik warga setempat.

Sepanjang perjalanan anda akan disuguhkan dengan panorama alam pegunungan yang indah, namun untuk pertama kalinya anda harus membawa teman yang pernah kesana agar perjalanan aman dan lancar.

Pesona Riam Kecala Saggau 

Riam Kecala Saggau, Air Terjun Pana
Riam Kecala Saggau, Air Terjun Pana

Tinggi Riam Kecala sekitar  4- 6 meter. Pengunjung yang mempunyai nyali biasanya terjun dari puncak Riam ke bawah kolam atau bergelantungan diatas akar pohon dekat kolam air kemudian terjun ke kolam riam Kecala.

Bagi anda yang tidak bisa berenang, jangan sekali kali berendam di kolam riam kecala, cukup berendam di pinggiran kolam saja yang juga sangat melimpah airnya.

Persis dibawah air riam tersebut terdapat seperti goa. Sensasi memasuki ruangan itu adalah sejuknya embun yang menerpa kulit kita, dingin efek derasnya air Riam Kecala.

Riam Kecala Saggau, Air Terjun Pana
Riam Kecala Saggau, Air Terjun Pana

Di akhir pekan biasanya ramai dikunjungi masyarakat kota Sanggau dan sekitarnya yang ingin menghabiskan waktu bersantai, memanggang ayam, merilekkan diri diguyuran arus air riam kecala.

Riam Kecala Saggau, Tempat Bersantai

Selain sebagai tempat untuk mandi dan berendam, Riam Kecala Saggau juga biasa dijadikan tempat bersantai anak anak muda. Sambil menikmati Riam dan bakar ikan di area ini.

Video Riam Kecala Sanggau


Pertanyaan yang sering ditanyakan di Riam Kecala Sanggau

Berapa tarif menuju Riam Kecala Saggau?
Tarif masuk menuju Riam Kecala Saggau Rp. 10.000 ( harga bisa berubah), namun pada hari hari biasa tidak ada tarif masuk.

Sebaiknya kapan waktu yang baik untuk berkunjung ke Riam Kecala Saggau?
Waktu yang baik untuk berkunjung ke Riam Kecala Saggau ketika cuaca cerah, hal ini untuk menghindari jalanan yang licin. Kontur tanah jalan yang naik turun dan licin sangat membahayakan pengendara, sehingga hindari ketika hujan tiba.

Apakah motor matic bisa masuk ke Riam Kecala Saggau?
Dianjurkan untuk tidak memakai motor matik/motor pendek, kondisi jakan belubang akan menyusahkan para pengndara, gunakan motor bebek, atau motor trel agar mudah untuk melalui jalanan tananh kuning berlubang.
YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Riam Kecala Saggau I Air Terjun Pana, Jalur dan Transportasi"