Goa Thang Raya, Misteri Kehidupan Dayak Golik


Goa Maria Rumah Kencana Thang Raya Pemodis Paroki Beduai

Goa Thang Raya merupakan rumah panjang atau sebuah tempat tinggal  yang dihuni oleh masyarakat Thang Raya pada masanya. Goa tersebut terletak di Desa Thang Raya Kecamatan Beduai, Kabupaten Sanggau. 

Goa Thang Raya dalamnya sekitar 100 meter yang terbagi menjadi tiga ruangan, yaitu ruangan tamu yang sangat luas, ruangan tengah yang terdiri dari bilik-bilik atau rak-rak dari bebatuan yang sangat keras untuk tidur dan menyimpan makanan pada zamannya.

Masyarakat sekitar Goa merupakan penduduk asli dari suku dayak Golik yang telah lama mendiami area disekitar goa thang raya.

Alamat Goa Thang Raya

Goa Thang Raya beralamatkan di Desa Thang Raya, Kecamatan Beduai, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat
Kodepost Goa Thang Raya : 78555
No telpon Goa Thang Raya : 0813 4884 7928 (Tourguide Kecamatan Beduai)

Jarak dan Jalur Transportasi menuju Goa Thang Raya

Geser gambar untuk melihat pintu masuk dari jalan raya menuju Goa Thang Raya
Jarak tempuh melalui jalan darat dari kota Sanggau sekitar 107 Km atau 2 Jam lebih. Kemudian sekitar tiga kilo meter dari jalan raya Kecamatan Beduai menuju Goa Thang Raya.

Untuk menuju ke goa bisa menggunakan transportasi roda dua atau roda empat. jalurnya dari simpang jalan raya menuju ke goa, bisa dilalui dengan kendaraan roda empat,, setelah sampai pertengahan jalan, atau sekitar 1,5 Km terdapat jembatan gantung dan jembatan tersebut hanya bisa dilalui dengan kendaraan roda dua. jika ingin menuju kesana, masyarkat setempat siap mengantarkan menuju ke Goa dengan menggunakan kendaraan roda dua. jarak dari jembatan ke Goa sekitar 1,5 Km dengan kecepatan rata-rata 60 Km/jam dan memakan waktu sekitar 30 menit. kondisi alam, perkebunan, pohon-pohon yang masih asli membuat siapa saja yang berkunjung ke Goa akan merasakan suasana alam yang begitu indah dan menyenangkan.

Wisata Goa Thang Raya


Goa Thang Raya dalamnya sekitar 100 meter dan terbagi menjadi tiga ruangan, yaitu ruangan tamu yang sangat luas, ruangan tengah yang terdiri dari bilik-bilik atau rak-rak dari bebatuan yang sangat keras untuk tidur dan menyimpan makanan pada zamannya. kemudian ruangan dapur yang cukup luas terdiri dari bebatuan yang tertata rapi menyerupai meja dan kursi. Tim Pancurajipost memasuki goa dengan dibantu tourguide dari Kecamatan Beduai "Indra" menelusuri lorong-lorong goa.

Hawa dingin dan sejuk terasa sekali ketika memasuki Goa. Setelah memasuki goa, Kami berhenti di Ruangan Tengah Goa yang cukup luas. didalamnya terdapat Bunda Maria. 
Foto bilik tengah Goa Thang Raya

Foto bilik tengah Goa Thang Raya, Terdapat Bunda Maria didalam Goa

Tim melanjutkan perjalanan memasuki goa lebih dalam. Terdengar suara kelelawar didalam goa, berterbangan kesana kemari sambil berkicau seakan-akan mengisyaratkan kepada teman-temannya untuk menghindar. Sesekali kami harus berjongkok untuk memasuki ruang berikutnya, dan nelihat lagit-langit goa yang tertembus matahari. Menambah indahnya suasana Goa Thang Raya. Dan sampailah tim di ujung goa atau di ruangan Dapur Goa. Deretan Meja dan Kursi  digunalan sebagai meja makan. di sisi dapur paling ujung terdapat air yang mengalir jernih, digunakan sebagai mencuci dan membersihkan diri pada zamannya.

Bilik bagian dapur /Paling Ujung Goa, terdapat Meja dan Kursi dari Bebatuan

Bilik bagian dapur /Paling Ujung Goa, terdapat Meja dan Kursi dari Bebatuan

Misteri Goa Thang Raya

Konon menurut cerita, barang siapa yang bisa mengambil batu dengan cara mencongkel menggunakan tanganya tanpa menggunakan bantuan alat apapun, maka orang tersebut merupakan masih kerabat keturunan penghuni Goa Thang Raya

Kejadian aneh terjadi ketika tim Pancurajiost menelusuri area luar goa bagian sisi kanan. Awal -awal pemoretan berjakan lancar. sesekali mengecek hasil jepretan di Kamera. Suatu ketika setelah memotret bagian sisi kanan ujung Goa, ada keanehan yang terjadi. Pada ujung kiri atas foto terdapat titik putih besar menyerupai kapas. karena penasaran, kami mencoba memotret yang kedua kalinya dan hasilnya titik putih di hasil jepretan sudah tidak ada.
Foto jepretan pertama terdapat bayangan putih

Foto jepretan kedua  bayangan putih sudah tidak ada.
Sempat tim pancurajipost bertanya kepada warga disana yang mempunyai kemampuan lebih, mereka menjelaskan bahwa penghuni goa sedang melewati area yang sedang di foto. Mereka tidak mengganggu asal ketika di area itu niatnya baik dan tidak sembarangan berbicara kotor/melakukan hal-hal negatif.

Wisata Rohani

Setiap tahunnya, Goa Thang Raya selalu ramai dikunjungi ribuan pengunjung khususnya msyarakat yang beragama katolik untuk melaksanakan ibadah di sekitar Goa Thangraya, sehingga Goa ini sangat cocok untuk berwisata rohani.

Berikut Foto Foto Keindahan Objek Wisata Rohani Goa Thang Raya Beduai yang instagramable.



















YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Goa Thang Raya, Misteri Kehidupan Dayak Golik"