Mengintip Harta Karun Klenteng Tua Pek Kong Ketapang

 Pancurajipost.com - Klenteng Tua Pek Kong adalah kelenteng tertua di Kabupaten Ketapang dan Kalimantan Barat yang memiliki histori yang sangat kuat akan kedatangan masyarakat Tionghoa di Kalimantan Barat Khususnya di Ketapang.

Klenteng Tua Pek Kong Ketapang
Klenteng Tua Pek Kong Ketapang

Tingkat toleransi di Ketapang sangat tinggi dibuktikan dengan berdirinya klenteng ini yang diperkirakan lebih dari 130 tahun.

Alamat Klenteng Tua Pek Kong  

Klenteng Tua Pek Kong beralamatkan di Jalan Merdeka No.266, Desa Tengah, Kecamatan Delta Pawan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat 

Kodepost Klenteng Tua Pek Kong :78821

No telpon Klenteng Tua Pek Kong : -

Google Map Klenteng Tua Pek Kong

Jalur Transportasi menuju Klenteng Tua Pek Kong

Geser gambar untuk melihat seluruh depan Klenteng Tua Pek Kong

Dari Tugu Ale ale /Kota Ketapang  menuju ke Klenteng Tua Pek Kong berjarak sekitar 700 meter atau sekitar 2 menit berkendara melalui jalan R. Suprapto atau bisa lewat jalan masjid babul chair dilanjutkan ke jalan MT Haryono menuju pinggiran Sungai Pawan di jalan merdeka.

Sedangkan dari Bandara Rahadi Ousman ke Klenteng Tua Pek Kong  hanya berjarak sekitar 5.1 Km atau sekitar 16 menit berkendara.

Sejarah Singkat Klenteng Tua Pek Kong Ketapang

Dirangkum dari berbagai sumber, ada tokoh bernama Tua Pek Kong yang sangat terkenal pada zamannya. Tua Pek Kong yang hidup di Singkawang Kalbar, yang merupakan tokoh karismatik dan mempunyai wibawa yang tinggi diangkat sebagai raja diusiaya yag ke 36 tahun.

Tua Pek Kong dikenal rakyat sebagai pemimpin yang  adil, bijaksana, dan merakyat.Tua Pek Kong bersama sahabatnya yang bernama Lie Shie dan mendirikan pekong disana.

Sebanyak enam orang dari Tiongkok datang ke Ketapang dan mendirikan Kelenteng Tua pek kong yang merupakan klenteng tertua di Wilayah Kalimantan Barat.

Geser gambar untuk melihat seluruh isi Halaman samping pekong.

Kelenteng Tua Pek Kong bangunannya didominasi berwarna merah yang identik dengan ciri khas bangunan asalnya di Negara Tiongkok. 

Tua Pek Kong diwujudkan dalam bentuk patung yang memiliki jenggot memanjang yang terbuat dari bahan kayu. 

Patung Tua Pek Kong diyakini sebagai wujud dewa yang menjaga serta melindungi masyarakat disana. Jadi  patung Tua Pek Kong mudah ditemukan di sekitar ruangan klenteng di ketapang ini. 

Patung Tua Pek Kong di ketapang ini berbeda dengan patung lainnya, yang dibuat tanpa memegang arak di tangannya namun memegang suatu simbol perdamaian dan keadilan . Sedangkan patung Pek Kong lainnya pada umumnya memegang arak ditangannya.

Kelenteng Tua Pek Kong yang iconik ini adalah hasil dari pengembangan vihara yang dulunya kecil. Namun diperluas dan di tata ulang seluas ribuan meter persegi. 

Pernah terjadi kebakaran pada tahun 2020 yang merusak seluruh bangunan klenteng Tua Pek Kong termasuk Patung Dewa Pek Kong yang kala itu usianya lebih dari 132 tahun. 

Setelah peristiwa itu, Terjadi penataan ulang penataan yang menghasilkan bangunan yang dikenal mancanegara  seperti Singapura, Malaysia, dan Korea.

Apa saja yang menarik di Karun Klenteng Tua Pek Kong Ketapang

Gerbang Pitu Masuk ke Klenteng Tua Pek Kong Ketapang

Gerbang Pitu Masuk ke Klenteng Tua Pek Kong Ketapang
Gerbang Pitu Masuk ke Klenteng Tua Pek Kong Ketapang
Anda akan menemukan patung harimau di sisi kan dan kiri dengan warna keemasan, sebagai ciri khas gerbang memasuki klenteng. diatas gerbang bertuliskan Kelenteng Tua Pek Kong Ketapang.

Ruang Sembahyang Klenteng Tua Pek Kong Ketapang

Ruang Sembahyang Klenteng Tua Pek Kong Ketapang
Ruang Sembahyang Klenteng Tua Pek Kong Ketapang Malam Hari (Rudy Susanto)
Di Ruang Sembahyang Klenteng Tua Pek Kong Ketapang terdapat berbagai peralatan untuk sembahyang, Dinding kana dan kiri dipenuhi lukisan, ada obor kuno, beduk, lilin besar dan kecil dan sebagainya.
Ruang Sembahyang Klenteng Tua Pek Kong Ketapang
Ruang Sembahyang Klenteng Tua Pek Kong Ketapang Siang Hari (Diego Jsc)

Halaman Samping dan Belakang Klenteng Tua Pek Kong Ketapang


Halaman Samping Klenteng Tua Pek Kong Ketapang
Halaman Samping Klenteng Tua Pek Kong Ketapang (dr. Simon Liem)
Berbagai Patung di Halaman Samping Klenteng Tua Pek Kong Ketapang. Biasanya pengunjung banyak yang mengabadikan momen disini. 
Dekat tembok tersusun rapi deretan patung shio yang sangat rapi. 
Patung shio di Klenteng Tua Pek Kong Ketapang
Patung shio di Klenteng Tua Pek Kong Ketapang (Mariani Rinn)

Keindahan Klenteng di malam hari

Lampu Warna Warni di Halaman Samping dan Belakang Klenteng Tua Pek Kong Ketapang
Lampu Warna Warni di Halaman Samping dan Belakang Klenteng Tua Pek Kong Ketapang

Perayaan Imlek/Tahun Baru China

Kelenteng Tua Pek Kong merupakan salah satu bangunan bersejarah dan iconik di Kota Ketapang, saat perayaan hari raya china seperti Imlek atau Cap Gomeh, Lokasi ini banyak dikunjungimasyarakat untuk melihat berbagai ritual dan atraksi barongsai,  tidak hanya dari Kota Ketapang, namun juga warga dari luar Kota Ketapang datang kesini untuk menyaksikan pertunjukan setahun sekali ini.

Pertanaan yang sering ditanyakan di Klenteng Tua Pek Kong Ketapang

Berapa harga tiket masuk ke Klenteng Tua Pek Kong Ketapang?
Untuk tiket masuk ke Klenteng Tua Pek Kong Ketapang gratis/tidak dipugut biaya namun anda harus menjaga kesopanan dan jangan masuk sembarangn di area tertentu, karena lokasi ini adalah tempat peribadatan Masyarakat Thionghoa.

Bagaimana cara pengunjung bisa berdoa di Klenteng Tua Pek Kong Ketapang?
Di Klenteng Tua Pek Kong Ketapang terdapat pemandu yang siap membimbing anda untuk berdoa dari awal sampai akhir.

Kapan momen yang tepat untuk mengunjungi Klenteng Tua Pek Kong Ketapang?
Pada hari H atau menjelang perayaan imlek, Klenteng Tua Pek Kong Ketapang selalu ramai dikunjungi masyarakat yang ingin berdoa atau hanya ingin berjalan jalan, berfoto, atau menyaksikan persiapan perayaan Imlek.
YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Mengintip Harta Karun Klenteng Tua Pek Kong Ketapang"