Kumpulan Wisata Kabupaten Kapuas Hulu

 Pancurajipost.com - Kabupaten Kapuas Hulu terkenal dengan Objek Wisata Perairan Yaitu Danau Sentarum dan Objek wisata alam lainnya seperti Hutan dan Perbukitan, Tidak heran jika para pecinta alam sering berkunjung ke Daerah Kapuas Hulu untuk melakukan traking dan Objek penelitian.

Selain Objek Wisata, Tak kalah Dengan Danau Sentarumnya, makanan khas Kapuas hulu yang legendaris Krupuk basah juga menjadi andalan wisata kuliner masyarakat kapuas hulu yang telah terkenal dan menjadi jajanan / oleh oleh dari pendatang yang berkunjung ke sini.

Berikut ini adalah kumpulan wisata yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu :

Kumpulan Wisata Kabupaten Kapuas Hulu

1. Taman Wisata Bukit SEMUGANG

Taman Wisata Bukit SEMUGANG - Kapuas Hulu
Taman Wisata Bukit SEMUGANG - Kapuas Hulu
Taman Wisata Bukit SEMUGANG adalah Wisata Buatan Perbatasan Indonesia - Malaysia yang berada di Kabupaten Kapuas Hulu. Berada di Kaki bukit semugang, Wisata ini menawarkan berbagai wahana permainan.

Wahana Permainan di Taman Wisata Bukit SEMUGANG diantaranya kolam renang, sepeda udara,  zetsky, perahu kano, bebek engkol, flying fox game, sepeda motor roda empat / ATV untuk dewasa dan anak-anak, terdapat juga sirkuit motor cross berstandar nasional serta agro wisata buah-buahan.

2. Bukit Babi Lanjak

Bukit Babi
Bukit Babi 
Bukit Babi adalah perbukitan disekitar Taman Nasional Danau Sentarum yang tepatnya berada di Desa Sepandan Kecmatan Batang Lupar (lanjak). 

Sungguh pemandangan indah, beautiful, exotic, ketika anda sampai dipuncak bukit babi, Hamparan ilalang di kanan kiri anda, dengan warna kekuingan, serta dari kejauhan terlihat Danau Sentarum dan perbukitan yang seolah olah menyapa anda untuk mengucapkan selamat datang di Bukit Babi.

3. Air Terjun Medang Pulang

Air Terjun Medang Pulang
Air Terjun Medang Pulang 
Air Terjun Medang Pulang adalah air terjun yang cukup populer dikalangan masyarakat Kapuas Hulu karena memiliki akses jalan yang lumayan mudah.

Air terjun Medang Pulang memiliki ketinggian sekitar 10 meter dengan kedalaman kolam air terjun setinggi pinggang orang dewasa serta melebar sekitar 10 meter.

4. Bukit Tekenang  

Bukit Tekenang
 Bukit Tekenang
 Bukit Tekenang adalah daerah perbukitan dikawasan Taman Nasional Danau Sentarum memiliki ketinggian sekitar 300 Mdpl, Anda bisa menikmati keindahan bentangan Danau Sentarum dipuncak bukit ini.

Bukit Tekenang merupakan destinasi unggulan selain Pulau Sepandan dan pulau lainnya disekitar Danau sentarum.

5. Air Terjun Brunyau Permai

Air Terjun Brunyau Permai
Air Terjun Brunyau Permai
Air Terjun Brunyau Permai adalah objek wisata air terjun yang sangat unuk, aliran airnya mengalir bebatuan dinding yang berundak-undak menyerupai sebuah candi, sungguh indah dipandang mata serta memiliki misteri pada cerita masyarakat Desa Riyam Piyang, Kecamatan Bunut Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu.

Selain air terjunnya, anda akan disuguhkan dengan pepohonan rindang yang batangnya lurus lurus dan tinggi disekitar area Air Terjun Brunyau Permai, menambah sejuknya suasana air terjun yang begitu indah.

6. Resort Sepandan/Pulau Sepadan

Resort Sepandan Taman Nasional Danau Sentarum
Resort Sepandan Taman Nasional Danau Sentarum
Resort Sepandan Taman Nasional Danau Sentarum adalah perbukitan yang berada di Kawasan Danau Sentarum. Resort ini memiliki berbagai fasilitas seperti Vila untuk para pelancong yang ingin menginap, Area bersantai untuk menikmati pemandangan Danau, serta area pemancingan untuk anda yang hobi mancing.

Resort Sepandan Taman Nasional Danau Sentarum sendiri dikelola oleh Balai Besar Taman Nasional Danau Sentarum dan Betung Kerihun.

7. Taman Nasional Betung Kerihun

Taman Nasional Betung Kerihun
Taman Nasional Betung Kerihun
Taman Nasional Betung Kerihun (TNBK) adalah Hutan rimba yang memiliki kekayaan Flora dan Fauna,Aliran sungai yang deras, jernih dengan bebatuan membentang dan membelah hutan yang berada di Kabupaten Kapuas Hulu.

Taman Nasional Betung Kerihun ini berdiri di tahun 1992, dengan luas wilayah 8.000 km² (3.100 mil²) dan pada tanggal 2 Februari 2004, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Indonesia telah mengajukan usulan menjadi ‘Transborder Rainforest Heritage of Borneo’. 

8. Danau Mupa Kencana

Danau Mupa Kencana
Danau Mupa Kencana
Danau Mupa Kencana atau disebut Danau Piang Kuak adalah Objek wisata danau yang dikelola dengan ditambahnya berbagai fasilitas seperti jembatan yang membelah danau, Permainan anak, sepeda air, Tower/menara serta taman bermain yang bisa anda nikmati di tempat ini.

Danau Mupa menjadi destinasi pilhan bagi anda yang ingin menghabiskan akhir pekan bersama keluarga, anak, saudara dan sahabat.

9. Air Terjun Lubuk Mantuk

Air Terjun Lubuk Mantuk
Air Terjun Lubuk Mantuk 
Air Terjun Lubuk Mantuk adalah Wisata alam air terjun yang berdekatan dengan Wisata Persawahan Tekalong. Air terjun ini yang memiliki ketinggian sekitar 8 meter, disekitar air terjun terdapat genangan kolam yang bisa anda nikmati untuk mandi dan berang.

Terletak Kabupaten Kapuas Hulu, Air Terjun Lubuk Mantuk ini rekomended untuk anda yang ingin berjalan jalan mengenal alam sambil menghabiskan akhir pekan anda bersama teman dan kerabat.

10. Bukit Ampan

Bukit Ampan
Bukit Ampan
Bukit Ampan Kapuas Hulu adalah Objek Wisata Alam perbukitan yang memiliki ketinggian sekitar 526 Mdpl dengan Latitude :N0°28'1.221 yang berada di hutan Kalimantan, Tepatnya di Kabupaten Kapuas Hulu - Provinsi Kalimantan Barat.

Panorama alam yang indah diatas Bukit Ampan Kapuas Hulu, membuat anda terpesona akan hamparan luas pemandangan perbukitan disekitarnya, serta anda terasa berada di Negeri diatas awan.

11. PLBN Nanga Badau

PLBN Nanga Badau
PLBN Nanga Badau
PLBN Nanga Badau adalah Border perbatasan antara Indonesia dan Negara Malaysia yang berada di Kabupaten Kapuas hulu Kalimantan Barat.

PLBN Nanga Badau menjadi garda terdepan cermin kemajuan dan keperkasaan Negara Indonesia, sehingga Disetiap Perbatasan Indonesia dengan Negara lain, Sehingga Presiden Joko Widodo mempercepat pembangunan disetiap perbatasan diantaranya PLBN Entikong di Kabupaten Sanggau, PLBN Aruk di Kabupaten Sambas serta PLBN Badau di Kabupaten Kapuas Hulu.

12. Air Terjun Sarai Biang

Air Terjun Sarai Biang
Air Terjun Sarai Biang
Air Terjun Sarai Biang adalah air terjun tertinggi di Kabupaten Kapuas Hulu. Berada di perbukitan dengan posisi Puncak ketinggian 1024 Mdpl, Air terjun ini memiliki sekitar 3 (tiga tingkat) dengan tingkat pertama atau palingrendah sekitar 20 meter, Kemudian tingkat kedua yang menjadi primadona para pendaki dan pengunjung yaitu dengan tinggi sekitar 200 meter lebih berkelok menuju bawah sungai dengan mengikuti lekukan dinding bebatuan yang keras dan hitam.

13. Danau Sentarum

Danau Sentarum atau Sentarum Lake National Park
Danau Sentarum atau Sentarum Lake National Park
 Danau Sentarum atau Sentarum Lake National Park adalah Objek wisata Alam perairan  yang memiliki kekayaan berbagai ragam  hayati terbanyak di dunia yang lokasinya terletak di ujung Ibukota Pontianak, tepatnya di Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia.

Danau sentarum berada di cekungan tektonik Sungai Kapuas bagian atas atau sekitar 700 kilometer ke hulu dari delta.

14. Kerupuk Basah "MARI RASA"

Kerupuk Basah Mari rasa
Kerupuk Basah Mari rasa
MARI RASA adalah salah satu tempat kuliner makanan khas dari Kapuas Hulu yang legendaris yaitu makanan krupuk basah.

Kerupuk Basah Mari rasa telah dijual keberbagai Kabupaten di sekitar Kalimantan barat  seperti Sintang, Sekadau, Sanggau, yang telah menjadi oleh oleh bagi para pengunjung yang akan pulang ke daerah masing masig dan ada juga dari mereka yang membeli akan dijual lagi ke pelanggan setianya disekitarnya.

Demikianlah Kumpulan Objek Wisata  yang terdapat di Kabupaten Kapuas Hulu. Anda juga bisa melihat Objek Wisata Alam, Wisata Buatan, Wisata Budaya, Wisata Kuliner, dan Wisata Sejarah lainnya.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Kumpulan Wisata Kabupaten Kapuas Hulu"