Misteri Keindahan Air Terjun Brunyau Permai Kapuas Hulu

 Pancurajipost.com - Air Terjun Brunyau Permai adalah objek wisata air terjun yang sangat unuk, aliran airnya mengalir bebatuan dinding yang berundak-undak menyerupai sebuah candi, sungguh indah dipandang mata serta memiliki misteri pada cerita masyarakat Desa Riyam Piyang, Kecamatan Bunut Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu.

Misteri Keindahan Air Terjun Brunyau Permai Kapuas Hulu
Misteri Keindahan Air Terjun Brunyau Permai Kapuas Hulu (Rayhant's Primary (rchltmedia first))

Selain air terjunnya, anda akan disuguhkan dengan pepohonan rindang yang batangnya lurus lurus dan tinggi disekitar area Air Terjun Brunyau Permai, menambah sejuknya suasana air terjun yang begitu indah.

Alamat Air Terjun Brunyau Permai

Air Terjun Brunyau Permai beralamatkan di Desa Riam Piyang, Kecamatan Bunut Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat 

Kodepost Air Terjun Brunyau Permai : 78762

No Telpon Air Terjun Brunyau Permai : -

Google Map Air Terjun Brunyau Permai

Jalur transpsportasi menuju Air Terjun Brunyau Permai

Pesona Air Terjun Brunyau Permai
Pengunjung pada hari besar dan akhir pekan memadati area Air Terjun Brunyau Permai
Dari Tugu Pancasila Kota Putussibau menuju Air Terjun Brunyau Permai hanya berjarak sekitar 74.3 Km atau lama perjalanan 1 jam 30 menit melewati Jalan raya  Nanga Semangut - Putussibau menuju Desa Riam Piyang.

Sedangkan dari Tugu Batas Sintang - Kapuas Hulu  menuju Air Terjun Brunyau Permai berjarak sekitar 132 Km atau waktu perjalanan 2 jam 50 menit.

Dari PLBN Nanga Badau menuju Air Terjun Brunyau Permai ditempuh dengan jarak sekitar 238 Km atau sekitar 4 jam 30 menit.

Note : Jalur tersebut bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat dengan kondisi jalan tanah dan aspal, tidak terlalu buruk dan tidak juga terlalu baik jalannya.

Apa yang menarik di Air Terjun Brunyau Permai

Air terjun berundak menyerupai candi

Air Terjun Brunyau Permai berundak undak menyerupai candi yang lebar, sehingga air terjun ini sangat unik, puluhan tingkatan air terjun melebar menciptakan suasana yang takjub tak hingga yang memancarkan kejernihan air dari sela sela pepohonan yang rindang.

Pengunjung bisa bersantai duduk duduk disekitar bebatuan yang mirip dengan bangku panjang yang dialiri air, sehingga anda akan seperti dipijit pijit oleh air yang menghantam tubuh anda.

Anda bisa sampai langsung kelokasi jika menggunakan kendaraan roda dua, namun jika anda menggunakan mobil anda harus mearkirkan kendaraan disekitar parkir dekat jembatan gantung.

Jembatan Gantung Air Terjun Brunyau Permai Kapuas Hulu
Jembatan gantung menuju Air Terjun Brunyau Permai Kapuas Hulu (Agus Priyanto)

Dari tempat parkir, anda harus berjalan kaki menyeberang jembatan gantug yang lebarnya 1 meter lebih yang membelah sungai, kemudian melewati tangga tangga yang telah dibangun masyarakat sekitar yang menghabiskan waktu sekitar 15 menit berjalan kaki.

Tangga tangga yang membelah pepohonan rindang di Air Terjun Brunyau Permai
Tangga tangga yang membelah pepohonan rindang di Air Terjun Brunyau Permai (Rayhant's Primary (rchltmedia first))

Setelah sampai lokasi anda akan melihat  Tangga tangga yang berada di sisi sebelah kanan Air Terjun Brunyau Permai dengan tiga tingkat tangga yang membelah sela sela pepohonan, Karena kondisi kemiringan yang lumayan sekitar 45 derajat membuat nafas anda sedikit terganggu, namun disetiap tingkatan anda bisa beristirahat sejenak sambil mengabadikan momen berfoto.

Pada tingkat tiga tangga adalah favorit para pengunjung karena view/pemandangan Air Terjun Brunyau Permai sangat cantik kelihatan disini.

Pondok disekitar Air Terjun Brunyau Permai
Pondok disekitar Air Terjun Brunyau Permai (Rayhant's Primary (rchltmedia first))

Selain itu terdapat pondok yang cukup luas untuk anda yang ingin bersantai diarea Air Terjun Brunyau Permai. Pondok ini juga berfungsi untuk berteduh ketika hujan tiba, sehingga barang barang anda aman dari guyuran air.

Hutan yang masih Asli

Pepohonan rindang dan batang lurus lurus di Air Terjun Brunyau Permai
Pepohonan rindang dan batang lurus lurus di Air Terjun Brunyau Permai (Rayhant's Primary (rchltmedia first))
Air Terjun Brunyau Permai berada di himpitan pohon pohon besar yang sebagian menutupi air terjun. Pohon pohon ini masih asli dan dipelihara agar tetap lestari melindungi keberadaan Air Terjun Brunyau Permai agar tetap terjaga dari erosi dan lain lain.

Pohon pohon yang lurus lurus menjulang tinggi bisa juga sebagai area spot foto yang  menarik bagi para pengunjung disini.

Misteri cerita Air Terjun Brunyau Permai

Misteri Keindahan Air Terjun Brunyau Permai Kapuas Hulu
Misteri Keindahan Air Terjun Brunyau Permai Kapuas Hulu (Ilustrasi)
Air Terjun Brunyau Permai berasal dari nama seorang laki laki yang tinggal disekitar hutan di Desa Riam Piyang.

Suatu ketika seorang pemuda bernama Brunyau melihat penampakan ular besar yang berada di batu badak sungai sebelit, kemudian ular itu pergi dan dikejarnya sampai di air terjun ini.

Nama ular yang besarnya luar biasa itu dijuluki masyarakat sekitar ular kompa yang turun dari langit.

Lalu kemudian tak disangka dan diduga, tiba tiba ular raksasa itu lenyap ditelan bumi ketika berada di tengah Air Terjun Brunyau Permai.

Lalu cerita itu menyebar dan kemudian masyarakat berbondong bondong menuju air terjun ini,untuk melihat keajaiban yang terjadi. Sehingga air terjun ini dinamakan Air Terjun Brunyau.

Pertanyaan yang sering diajukan di Air Terjun Brunyau Permai

Berapa tarif masuk menuju Air Terjun Brunyau Permai?

Karena area lokasi telah dibangun maka ada tarif yang diberlakukan agar bisa meningkatkan lagi dan melengkapi fasilitas lainnya. Harga tiket per orang menuju Air Terjun Brunyau Permai bekisar Rp. 5000, cukup ramah dikantong.

Apakah sudah ada fasilitas MCK di Air Terjun Brunyau Permai?

Disekitar Air Terjun Brunyau Permai sudah ada MCK yang terbuat dari bangunan kayu, namun aman dan terlindungi.

Apakah menuju ke  Air Terjun Brunyau Permai bisa menggunakan mobil?

Anda bisa sampai ke area dekat Air Terjun Brunyau Permai menggunakan mobil, kemudian dilanjutkan berjalan kaki sekitar 15 menit, menyeberang jembatan gantung menuju air terjun.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Misteri Keindahan Air Terjun Brunyau Permai Kapuas Hulu"