Review Danau Sentarum Kapuas Hulu

 Pancurajipost.com -  Danau Sentarum atau Sentarum Lake National Park adalah Objek wisata Alam perairan  yang memiliki kekayaan berbagai ragam  hayati terbanyak di dunia yang lokasinya terletak di ujung Ibukota Pontianak, tepatnya di Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia.

Danau sentarum berada di cekungan tektonik Sungai Kapuas bagian atas atau sekitar 700 kilometer ke hulu dari delta.

Danau Sentarum
Danau Sentarum (Didit Aja)

Alamat Danau Sentarum

Danau Sentarum beralamatkan di Desa Nanga Leboyan, Danau Sentarum, Kabupaten Kapuas Hulu , Provinsi Kalimantan Barat 

Kodepost Danau Sentarum : 78765

No Telpon Danau Sentarum : -

Google Map Danau Sentarum

Jalur Transportasi menuju Danau Sentarum

Jalur Darat

Pontianak - Kapuas Hulu
Dari Ibukota Pontianak menuju Taman Nasional Danau Sentarum Kapuas Hulu berjarak sekitar 590Km atau waktu tempuh menggunakan kendaraan roda empat sekitar 11 jam perjalanan melewati Kabupaten Sanggau, Sekadau, Sintang, Kemudian Kapuas Hulu.

Border Entikong - Serian - Kapuas Hulu
Sedangkan Saudara dari Malaysia, dari PLBN Entikong menuju Danau Sentarum berjarak sekitar 417 Km atau 6 Jam 30 menit melalui jalur Serian Malaysia - Lubuk Antu Malaysia lalu tembus ke PLBN Badau Indonesia. Jika anda dari Indonesia ingin menggunakan jalur Serian, maka diharuskan untuk membawa pasport karena melewati Negara Malaysia.

Jalur Udara

Dari Bandara Internasional Supadio Kuburaya / Ibukota Pontianak menuju ke Bandar Udara  Pangsuma Putussibau hanya ditempuh dengan waktu 1 jam 15 menit saja, cukup singkat, namun anda harus antri jadwal keberangkatan karena tidak setiap saat jadwal penerbangan. Untuk pesawat menggunakan pesawat capung/ATR seperti Nam Air dan Wings Air dengan ketinggian jelajah 15.000 Kaki.
Dilanjutkan dengan menggunakan Taxy menuju ke Danau sentarum sekitar 3 jam lebih atau sekitar 170 Km.

Apa saja yang menarik di Danau Sentarum

Kawasan Taman Nasional Danau Sentarum
Taman Nasional Danau Sentarum
Taman Nasional Danau Sentarum (Didit AJa)

Kawasan Danau sentarum memiliki 20 danau musiman yang berarti ketika kemarau melanda maka air permukaan danau akan menyusut bahkan kendaraan roda dua bisa masuk ke area danau.

Kawasan Danau sentarum terdiri dari hutan rawa air tawar, dan hutan rawa gambut. Masyarakat setempat menyebutnya Lebak lebung yang artinya dataran banjir.

Sedangkan letak Taman Nasionalnya berada di bagian barat cekungan danau

Ada bekisar setengah dari taman terdiri dari danau, sedangkan setengah lainnya terdiri dari hutan rawa air tawar.
Jembatan Kayu di Hutan Taman Nasional Danau Sentarum
Jembatan Kayu di Hutan Taman Nasional Danau Sentarum (Mewarnai Indonesia)

Luas Area Danau Sentarum

Tahun 1982
Danau sentarum memiliki Area seluas 800 km2 dan pertama kali ditetapkan sebagai Suaka Margasatwa pada tahun 1982, 

Tahun 1994
Pada tahun 1994 Danau Sentarum diperluas menjadi 1.320 km2 dengan 890 km2 adalah kawasan hutan rawa dan 430 km2 adalah lahan kering.

Tahun 1999
Danau Sentarum pada tahun 1999 dinyatakan sebagai Taman Nasional, namun Otoritas Taman Nasional baru dibentuk pada tahun 2006.

Keanekaragaman Flora dan Fauna di Danau Sentarum
Danau Sentarum Dan Pepohonan
Danau Sentarum Dan Pepohonan (Agus Triyanto)

Taman Nasional Danau Sentarum memiliki fauna ikan yang banyak dan bervariasi , ada sekitar 240 spesies yang tercatat, termasuk arwana Asia dan badut botia. 

Dulu selama ekspedisi biologis, para ilmuwan menemukan spesies dari genus ikan seperti Chitala, Scleropages, Chitala, Channa , Leptobarbus , Parachela, termasuk banyak spesies baru.

Tercatat ada sekitar 237 spesies burung termasuk bangau Storm dan argus besar. Dari 143 spesies mamalia, 23 di antaranya endemik Kalimantan termasuk bekantan. Ada juga populasi orangutan yang terancam punah yang relatif besar di taman ini. 26 spesies reptil termasuk buaya gharial dan muara palsu atau dikenal dengan  gharial melayu.

Penduduk Danau Sentarum
Rumah Rumah Warga Danau Sentarum
Rumah Rumah Warga Danau Sentarum

Penduduk di Danau sentarum memiliki mata pencaharian sebagai petani kana, sehingga Danau ini mendukung industri dibidang perikanan tradisional yang sangat besar. 

Disebelah  barat Danau sentarum dihuni oleh hampir 20.000 orang, 88% di antaranya adalah nelayan Dari Suku Dayak Dan Melayu,  Dan Sekitar 3.000 orang tinggal di sekitar 20 desa di dalam Taman Nasional.

Wisata Budaya dan Sejarah Danau Sentarum

Di area Danau terdapat rumah betang Panjang ( Rumah Adat Suku Dayak) serta terdapat pulau melayu yang dikeramatkan masyarakat melayu kapuas hulu.

Di bidang budaya, pengunjung akan diajarkan tata cara adat istiadat masyarakat Melayu dalam pengelolaan sumber daya ikan kemudian bagaimana cara beternak lebah secara tradisional lalu tata cara atau adat istiadat masyarakat Ibandan Kantuk ketika melakukan upacara adat istiadat ritual mereka kemudian yang terakhir membuat barang-barang anyaman dan tenun ikat.

Wisata Mancing Mania
Danau Sentarum, Tempat Mancing Ikan
Danau Sentarum, Tempat Mancing Ikan

Para pemancing yang ingin menikmati dan mencoba strike ikan Danau sentarum Seperti Channa Maru, Hampala dan Toman, Rasakan sensasi tarikan berbagai ikan besar besar siap menarik senar pancing anda.
Mancing Ikan di Danau Sentarum
Mancing Ikan di Danau Sentarum

TAMAN NASIONAL BETUNG KERIHUN (TNBK)
TAMAN NASIONAL BETUNG KERIHUN (TNBK)
TAMAN NASIONAL BETUNG KERIHUN (TNBK)

Letak Kawasan Taman Nasional Betung Kerihun/TNBK berada di 3 (tiga) kecamatan yaitu Kecamatan Embaloh Hilir, Kecamatan Embaloh Hulu, dan Kecamatan Putussibau dengan membentang di pada 112015’ - 114010’ Bujur Timur dan 0040’ - 1035’ Lintang Utara.


Taman Nasional Betung Kerihun memiliki bentuk sempit memanjang yang berbatasan di sebelah utara dengan Negara Sarawak Malaysia.  di sebelah timur berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Timur , di sebelah selatan daerah Benua Martinus dan Putussibau, dan wilayah Lanjak/Nanga Badau sebelah barat.

Pesona Bukit Tekenang - Danau Sentarum
Puncak Bukit Tekenang
Puncak Bukit Tekenang

Tidak puas jika anda berkunjung ke Danau sentarum tidak singgah di Bukit Tekenang. Berlokasi di tengah danau dan memiliki ketinggian sekitar 300 Mdpl, Anda bisa langsung menikmati panorama bentangan indah danau sentarum dari atas bukit.
Untuk sampai Bukit Tekenang, hanya ada jalur transportasi air dengan menggunakan speadboard atau kapal bandong.

Banyak pilihan jalur dari beberapa kecamatan di Kapuas hulu untuk sampai kebukit tekenang salahsatunya dari Desa Lanjak Deras Kecamatan Batang Lupar Kabupaten Kapuas Hulu dengan waktu tempuh hanya 30 menit saja menggunakan spead board 40 Pk.

Setelah sampai dipemberhentian spreadboard, dilanjutkan dengan berjalan kaki menanjak dengan sudut kemiringan 45 derajat, kondisi jalan beton lebar sekitar 1-2 meter dengan waktu tempuh hanya 15 menit. Namun jika anda memiliki masalah pernafasan bisa lebih lama sampai. 

Namun anda tidak perlu hawatir, Disetiap tanjakan ada tempat peristirahatan dan ketika anda sampai di puncak, capek lelah akan terbayarkan dengan keindahan Danau dari atas bukit serta udara segar disekitar area Bukit Tekenang.

Pesona Bukit Sepadan

Pulau Sepadan Kapuas Hulu
Pulau Sepadan Kapuas Hulu
Di area Pulau Sepandan Taman Nasional Danau Sentarum, dibangun beberapa vila, anda bisa menginap dan bersantai, memancing,sambil menikmati suasana Danau dari atas bukit. Terasa Indah dan lengkap jika anda bisa menginap di Bukit Sepadan.

Baca Juga : Resort Sepandan Taman Nasional Danau Sentarum

Festival Danau Sentarum

Tak kalah dengan Keindahan Danaunya, Festival Danau Sentarum merupakan Kalender event Kabupaten Kapuas Hulu yang telah diakui menjadi Kalender event Nasional, Tidak heran ketika acara ini tiba banyak wisatawan berbondong bondong menikmati berbagai event yang diselenggarakan diantaranya lomba balap speadboard, tarian budaya, olahraga tradisional dan masih banyak lagi.

Untuk anda yang ingin menyaksikan kalender event Danau Sentarum bisa bisa datang pada bulan Oktober setiap tahunnya atau mengikuti ketika musim kemarau tiba.

Sebelum anda datang harus pastikan penginapan tersedia. Anda harus memesan penginapan jauh jauh hari karena padatnya wisatawan yang membuat anda akan mengalami kesulitan dalam memperoleh penginapan yang telah full dipesan.

Pertanyaan yang sering ditanyakan di Danau Sentarum

Berapa biaya tiket masuk taman nasional danau sentarum?

Biaya masuk warga Indonesia
Biaya tiket masuk bekisar Rp.5000 Hari biasa dan Rp. 7500 pada hari libur dan hari besar lainnya
Biaya masuk warna Dari luar negeri
Biaya tiket masuk bekisar Rp.100.000 Hari biasa dan Rp. 150.000 pada hari libur dan hari besar lainnya

 Apakah bisa solo traveling ataukah harus dengan tourguide?

Danau Sentarum memperkenankan solo traveling,namun biasanya untuk menyewa kapal dengan kapal asli Kalimantan bernama Kapal Bandong, supir kapalnnya adalah sekaligus jadi guide nya..

Jalur darat dari pontianak ke Danau Sentarum naik kendaraan jenis apa?
Anda bisa menggunakan Bus Trans/Damri jurusan Pontianak - sintang atau Kapuas hulu, bisa juga menggunakan Taksi rental. Di Kalimantan Barat taksinya berbentuk mobil pribadi seperti jenis Innova.

Apakah di Kawasan Danau Sentarum masih ada durian kura ? Kalau ada apakah nama tempatnya?

Di Kapias hulu masih ada durian jenis kura hanya saja langka dan susah dijumpai.  Untuk tempatnya cuma ada di kecamatan Nanga silat kapuas hulu. durian kura merupakan buah endemik yg hanya ada di daerah kalimantan barat. kapuas hulu. kalau di malaysia (serawak) dan Brunei Darussalam sudah di budidayakan.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Danau Sentarum Kapuas Hulu"