Beautiful Taman Wisata Bukit SEMUGANG - Kapuas Hulu

Pancurajipost.com - Taman Wisata Bukit SEMUGANG adalah Wisata Buatan Perbatasan Indonesia - Malaysia yang berada di Kabupaten Kapuas Hulu. Berada di Kaki bukit semugang, Wisata ini menawarkan berbagai wahana permainan.
Foto Wahana Kolam Renang di Taman Wisata Bukit SEMUGANG dari atas
Foto Wahana Kolam Renang di Taman Wisata Bukit SEMUGANG dari atas
Wahana Permainan di Taman Wisata Bukit SEMUGANG diantaranya kolam renang, sepeda udara,  zetsky, perahu kano, bebek engkol, flying fox game, sepeda motor roda empat / ATV untuk dewasa dan anak-anak, terdapat juga sirkuit motor cross berstandar nasional serta agro wisata buah-buahan.
Taman-Wisata-Bukit-SEMUGANG Badau Kapuas Hulu
Taman-Wisata-Bukit-SEMUGANG Badau Kapuas Hulu

Alamat Taman Wisata Bukit SEMUGANG

Pintu masuk area Taman Wisata Bukit SEMUGANG
Pintu masuk area Taman Wisata Bukit SEMUGANG

Taman Wisata Bukit SEMUGANG beralamatkan di Jalan Trans Kalimantan Desa Badau, Kecamatan Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.
Kodepost Taman Wisata Bukit SEMUGANG : 78767
No telpon Taman Wisata Bukit SEMUGANG : -

Google Map Taman Wisata Bukit SEMUGANG

Jalur Transportasi menuju Taman Wisata Bukit SEMUGANG

Geser gambar untuk melihat seluruh simpang menuju Taman Wisata Bukit SEMUGANG

Dari PLBN Badau menuju Taman Wisata Bukit SEMUGANG belok kanan melalui jalan trans Kalimantan berjarak sekitar 9.4 Km atau sekitar 16 menit berkendara. Cukup dekat, sehingga para turis Dari Wilayah Kabupaten Sanggau bisa melalui PLBN Entikong, Serian (Malaysia) dan tembus ke PLBN Badau, lebih singkat perjalanan dari pada trak melalui jalan Kab. Sekadau- Sintang-Kapuas Hulu. Hnaya saja anda harus membawa pasport dan jenis kendaraan roda empat yang memiliki kaca transparan/bukan kaca gelap.

Jarak dari PLBN Entikong - Serian - Tembus PLBN Badau - Taman Wisata Bukit SEMUGANG jaraknya sekitar 252 Km atau sekitar 3 jam 40 menit.

Sedangkan dari Ibukota Kabupaten Kapuas Hulu/Tugu Pancasila Putussibau hanya berjarak sekitar 155 Km atau 3 jam perjalanan.

Dari Tugu Batas Sintang - Kapuas Hulu berjarak sekitar 360 Km atau 7 jam perjalanan.

Sejarah Berdirinya Taman Wisata Bukit SEMUGANG

Seorang tokoh masyarakat badai Heni sudayat atau dikenal dengan julukan Pak Dayat sekaligus pemilik Taman Wisata Bukit Semugang bercerita awal mula berdirinya wisaa ini.

Heni sudayat memiliki tanah yang luas dan kebetulan berdekatan dengan PLBN Badau, sehingga untuk membantu Pemerintah dalam mendatangkan wisatawan  mancanegara sebanyak-banyaknya, Beliau berinisiatif mendirikan objek wisata yang menarik berskala Nasional dan Internasional.

Dengan area lahan  seluas 26,4 Hektar di Lembah Bukit Semugang , mencoba memulai usahanya mendirikan bangunan, membangun kolam pada tahun 2018 lalu.

Recana pembangunan jangka panjangnya, di Taman Wisata Bukit SEMUGANG dilengkapi fasilitas wisata bernuansa alam yaitu Agrowisata perkebunan diantaranya buah mangga, durian, jambu petai, nangka, buah naga, belimbing dan bermacam tanaman buah lainnya.

Untuk Wahana Permainan dibangun seperti sepeda udara, Waterboom yang sekelilingnya dihiasi dengan patung-patung binatang kemudian bangunan bernuansa Nusantara sebagai ciri khas wisata perbatasan serta kolam pemancingan yang dilengkapi dengan rumah makan atau restoran 
"Saya membuat tempat wisata ini untuk menunjukan wajah Indonesia di beranda perbatasan, dengan harapan wisatawan terutama dari luar negeri bisa menikmati wisata kita dan berdampak terhadap pertumbuhan masyarakat di perbatasan," Ucap Dayat.

Menurut Heni sudayat, Seluruh pembangunan Objek wisata ini bersumber dari dana pribadi tanpa bantuan dana dari Pemerintah. Harapannya Wisata ini menjadi objek wisata di perbatasan indonesia-malaysia yang bisa mendatangkan devisa Negara.
"Salah satu tujuan kita menarik perhatian wisatawan luar negeri seperti negara tetangga Malaysia dan juga bisa memberikan kenyamanan bagi setiap pengunjung," Tegas Dayat.

Untuk pembukaan Taman Wisata Bukit SEMUGANG ini dibuka pada tanggal 11 Juni 2022 yang dihadiri langsung oleh Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan, SH sekaligus meresmikan dibukanya Objek wisata.

Apa saja yang menarik di Taman Wisata Bukit SEMUGANG

Kolam Renang

Kolam Renang Taman Wisata Bukit SEMUGANG
Kolam Renang Taman Wisata Bukit SEMUGANG
Taman Wisata Bukit SEMUGANG menyediakan kolam renang untuk anak anak dan dewasa, yang bisa anda nikmati di area ini.
Area ini dilegkapi dengan jembatan kecil yang melengkung menarik, patung binang, dilengkapi dengan Simbol simbol Nusantara.
Prosotan di Kolam Renang Taman Wisata Bukit SEMUGANG
Prosotan di Kolam Renang Taman Wisata Bukit SEMUGANG
Dipinggir wahana kolam renang terdapat prosotan tinggi sekitar 3 memer yang bisa anda nikmati terjun bebas dari ketinggian menuju kolam renang.
Foto Wahana Kolam Renang di Taman Wisata Bukit SEMUGANG dari atas
Foto Wahana Kolam Renang di Taman Wisata Bukit SEMUGANG dari atas

Kolam Pemancingan

Area Kolam Pemancingan Taman Wisata Bukit SEMUGANG
Area Kolam Pemancingan Taman Wisata Bukit SEMUGANG
Para Pemancig mania, anda akan berlama lama di area ini. Sepajang Kolam Pemancingan terdapat pondok yang memanjang agar anda terhindar dari sengatan matahari dan hujan.

Degan area pemancingan sekitar 1 hektar, memuaskan hasrat para pemancing yang menimbulkan strike yang mengesankan.

Lokasi ini berada dekat jalan raya atau sebelum menuju ke Wahana Kolam Renang.

Permainan Motor ATV

Jalur Trak Motor roda empat ATV Taman Wisata Bukit SEMUGANG
Jalur Trak Motor roda empat ATV di Taman Wisata Bukit SEMUGANG
Tersedia puluhan Motor ATV berjejer di Taman Wisata Bukit SEMUGANG, siap memanjakan anda yang ingin mencoba jenis motor ATV roda empat. Tersedia untuk Anak anak dan orang dewasa.
Jalur trak yang didesain mirip dengan motor GP ini dirancang kedepan berstandar Nasional yang bisa memuaskan para turis asing yang akan menginjungi Indonesia khususnya di Perbatasan Badau.
Jalur Motor ATV disebelah Kanan Wahana Kolam Reang di Taman Wisata Bukit SEMUGANG
Jalur Motor ATV seperti jalur moto GP disebelah Kanan Wahana Kolam Reang di Taman Wisata Bukit SEMUGANG
Dengan panjang sirkuit sekitar 1.420 meter ini, diigadang-gadang menjadi sirkuit terbaik dan terpanjang khususnya di Kalimantan Barat dengan teknisi didatangkan dari Jawa.

Sepeda Air

Wahana Sepeda Air di Taman Wisata Bukit SEMUGANG
Wahana Sepeda Air di Taman Wisata Bukit SEMUGANG
Kolam danau buatan dengan lus sekitar 1 H ini dimanfaatkan pemilik Wisata Bukit Semugang, untuk membangun wisata sepeda engkol air yang bisa anda nikmati.
Anda bisa menggerakan perahu perahu kecil yang mengapung di area ini dengan cara mengayunkan kaki anda seperti mengendarai sepeda biasa.
Sepeda air di Taman Wisata Bukit SEMUGANG
Sepeda air di Taman Wisata Bukit SEMUGANG
Dia rea ini anda bisa bermain air sepuasnya dengan menggunakan sepeda air, ada juga sampan kecil, serta perahu jetsky yang dikendarai menggunakan mesin.

Flying fox game

flying fox game di Taman wisata bukit SEMUGANG
flying fox game di Taman wisata bukit SEMUGANG
Wisata flying fox game di Taman wisata bukit SEMUGANG ini dikhususkan bagi anda yang tidak takut ketinggian. Anda akan melayang diudara dengan jalur yang telah disediakan pengelola dengan peralatan safety yang berstandar Nasional, melintasi area sepanjang Taman Wisata Bukit SEMUGANG.

Sehingga ketika anda mencoba waha ini, akan melihat kanan dan kiri keindahan Wisata Taman Wisata Bukit SEMUGANG.

Agrowisata 

Untuk memunculkan cinta terhadap lingkungan alam dan sekitarnya, Pengelola Taman Wisata Bukit SEMUGANG membangun wisata perkebunan/agrowisata yang bisa anda nikmati nantinya sambil berlibur bersama keluarga dan mengenalkan berbagai tanaman, bisa memetik langsung buahnya dari pohonnya.

Musola, WC, Kamar Ganti

Musholla di Taman Wisata Bukit SEMUGANG
Musholla di Taman Wisata Bukit SEMUGANG 
Terdapat Musholla yang cukup bersih di Taman Wisata Bukit SEMUGANG, bagi anda yang beragama muslim tidak hawatir berlama lama di Wahana ini, anda bisa memunaikn ibadah anda disela sela liburan anda. Untuk oilet dan Kamar ganti juga telah disediakan pihak pengelola, 

Area Parkir

Area Parkir Taman Wisata Bukit SEMUGANG
Area Parkir Taman Wisata Bukit SEMUGANG
Area Parkir Taman Wisata Bukit SEMUGANG memiliki area parkir yang sangat luas, berjejer kendaraan baik roda dua dan empat siap menampung kendaraan anda dan anda akan mudah memarkirkan kendaraan.

Pertanyaan yang biasa ditanyakan di Taman Wisata Bukit SEMUGANG


Berapa tiket masuk ke Taman Wisata Bukit SEMUGANG?
Taman Wisata Bukit SEMUGANG memasang tarif Rp.20.000/orang sudah bisa menikmati seabrek berbagai wahana yang ada. Note: Tarif harga tiket masuk sewaktu waktu bisa berubah

Kapan buka dan tutup Objek Wisata Taman Wisata Bukit SEMUGANG?
Taman Wisata Bukit SEMUGANG buka setiap akhir pekan Hari sabtu dan minggu serta hari libur nasional mulai Pukul 09.00- 18.00 WIB.
Untuk hari kerja dan hari biasa seperti Senin s/d Jumat Tutup. Note : Kebijakan jadwal ini sewaktu waktu berubah
Simak Video Taman Wisata Bukit SEMUGANG dan  Follow IG@semugang 
YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Beautiful Taman Wisata Bukit SEMUGANG - Kapuas Hulu"