Tempat Kuliner Khas Kapuas Hulu "MARI RASA", Ide Usaha Rumahan

 Pancurajipost.com - MARI RASA adalah salah satu tempat kuliner makanan khas dari Kapuas Hulu yang legendaris yaitu makanan krupuk basah.

Oleh Oleh Khas Kapuas Hulu Krupuk basah Mari Rasa
Oleh Oleh Khas Kapuas Hulu Krupuk basah Mari Rasa

Kerupuk Basah Mari rasa telah dijual keberbagai Kabupaten di sekitar Kalimantan barat  seperti Sintang, Sekadau, Sanggau, yang telah menjadi oleh oleh bagi para pengunjung yang akan pulang ke daerah masing masig dan ada juga dari mereka yang membeli akan dijual lagi ke pelanggan setianya disekitarnya.

Alamat Kerupuk Basah Mari Rasa

Kerupuk Basah Mari Rasa beralamatkan di Jalan Kom Yos Sudarso Putussibau Kota, Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat 
Kodepost Kerupuk Basah Mari Rasa : 78753
No telpon Kerupuk Basah Mari Rasa : 0857 5062 6232 / 0812 5695 9566 Wa : 0821 5439 0372

Google Map Kerupuk Basah Mari Rasa

Jalur Transportasi menuju Kerupuk Basah Mari Rasa

Geser gambar untuk melihat seluruh depan Toko Kuliner Mari Rasa
Kerupuk Basah Mari Rasa berada di pusat kota Putussibau, Seberang SPBU dan sampingnya ada dealer Honda. Jadi anda yang ingin membawa oleh oleh khas Kapuas hulu akan mudah menemukannya.
Dari Tugu Pancasila Kapuas Hulu berjarak sekitar 800 meter atau 1 menit berkendara.Sedangkan dari Bandar Udara Pangsuma ke Kerupuk Basah Mari Rasa hanya berjarak sekitar 5.6 Km atau 13 menit berkendara.

Kenikmatan Kerupuk Basah Mari Rasa

Kerupuk Basah Mari Rasa memiliki ciri khas rasa yang tidak ada duanya, banyak para penjual krupuk basah namun rasanya berbeda beda, disini anda akan menikmati citarasa yang khas dan tinggi, dengan aroma rasa ikan yang kental.

Kerupuk Basah Mari Rasa terbuat dari bahan ikan segar yang langsung diambil dari para Nelayan di sekitar Kapuas Hulu, dan bahan lainnya serta resep rahasia yang turun temurun dari leluhur mereka, membuat siapa saja yang menirunya akan sangat perbeda dari aslinya.

Kini berbagai cabang telah didirikan di Beberapa Kabupaten dan Ibukota seperti Mari Rasa Sintang, Mari Rasa Pontianak,dan masih banyak lagi.

Bersantai di Kedai Mari Rasa Putussibau

Bagi anda yang ingin bersantai bersama keluarga, Kedai Mari Rasa juga menyediakan tempat duduk untuk anda yang ingin menikmati langsung rasa krupuk basah.

Namun anda jangan heran jika tempat ini selalu ramai dikunjungi para pelancong yang sedang berlibur di Kapuas Hulu.

Apa Itu Makanan Kerupuk Basah ?

Kerupuk basah adalah makanan cemilan olahan berbahan dasar daging ikan yan dihaluskan  dan tepung diaduk rata serta dibumbui dengan racikan rahasia Masyarakat Kapuas Hulu. Sekilas memang mirip makanan Khas Palembang Empek empek namun dari rasa dan bentuk jauh berbeda. 
Bahan ikan biasanya menggunakan ikan jenis belida, Patin dan toman yang masih segar langsung dari para Nelayan Kapuas Hulu.
Kerupuk Basah,  Makanan Khas Kalimantan Barat
Kerupuk Basah,  Makanan Khas Kalimantan Barat
Ukuran Krupuk basah lebih panjang sekitar 10 - 20 Cm dengan diameter mencapai 3 -4 cm. Cara penyajiannya dipotong potong dan digoreng, kemudian untuk menambah cita rasa dibuat sambal yang terbuat dari bumbu kacang.

Menikmati cemilan Krupuk basah bersama teman teman, sambil minum kopi ditemani dengan krupuk basah aan terasa lebih nikmat sambil diolesi sambal kacang makin sedap dilidah.

Ide Usaha Kuliner Krupuk Basah

Cara Membuat Kerupuk Basah Khas Kapuas Hulu
Cara Membuat Kerupuk Basah Khas Kapuas Hulu

Cara Membuat Kerupuk Basah Khas Kapuas Hulu.

Kerupuk basah atau disebut sebagai temet menjadi cemilan anda bersama keluarga, Anda juga bisa membuatnya dirumah karena bumbu dan bahan bisa anda jumpai disekitar anda. 

Bahan Bahan membuat Kerupuk Basah/temet Khas Kapuas Hulu

1 kg daging ikan sesuai selara, kali ini ikan yang digunakan ikan patin. 
4 Sendok Tepung terigu
1/2 kg tepung sagu/Tapioka/Kanji
6 siung bawang putih 
2 sendok makan merica bubuk/ sesuai selera untuk menciptakan rasa pedas.
1/2 gelas air es setara 250 ml air
Minyak sayur secukupnya 
2 Sendok makan Garam 
2 Sendok makan penyedap rasa

Bahan saus sambal
200 gr kacang tanah goreng dan haluskan
5 siung bawang merah
4 siung bawang putih
4 buah cabe merah besar atau cabe keriting/Sesuai selera

Cara Membuat Kerupuk Basah

  1. Tumbuk merica sampai halus, setelah sudah halus lalu masukan bawang putih dan tumbuk sampai halus
  2. bersama merica yang sudah halus tadi.
  3. Daging Ikan Patin yang masih mentah dan segar dipisahkan dari kulit dan duri yang menempel, pastikan hanya daging ikan yang diambil.
  4. Setelah selesai memisahkan daging ikan dari kulit dan duri lalu dikasih air sedikit saja dan di blender sampai benar benar halus. Jika ketika blender ikan susah dihaluskan, tambahkan minyak goreng sedikit saja lalu diblender sambil diaduk aduk. Daging ikan yang sudah halus dituangkan kedalam baskom.
  5. lalu siapkan panci dan isikan air bersih dengan ketinggian setengah panci saja dan direbus.
  6. Sambil menunggu air mendidih, tuangkan tepung terigu dengan takaran 4 sendok makan kedalam baskom yang berisi ikan patin lalu aduk aduk dan remas remas dengan tangan sampai tercampur rata.
  7. Setelah itu, Tumis Merica dan bawang putih yang telah halus, dengan minyak goreng takaran 4 sendok makan. ditumis sampai harum dan jangan sampai gosong. Setelah matang langsng tuangkan kedalam baskom yang berisi ikan, dan tepung terigu lalu aduk menggunakan sendok makan.
  8. Langkah selanjutnya yaitu campurkan tepung kanji 1/2 Kg, 2 sendok makan Garam, dan 2 sendok makan Penyedap rasa lalu aduk aduk rata dengan cara meremas remas adonan dengan tangan sampai adonan kalis.
  9. Agar memudahkan dalam menyatukan bahan, tambahkan minyak goreng 3 sendok makan yang berfungsi agar adonan tidak lengket dalam proses mengaduk.
  10. Setelah adonan menyatu dan kenyal, lalu ambil adonan sekitar segenggam tangan dan gulung gulung memanjang. Jika susah digulung, kasihkan sedikit tepung di area papan yang bersih dan datar untuk menggulung agar adonan tidak lengket.
  11. Untuk isian krupuk basah bisa menggunakan sisa kulit ikan patin yang berlemak, caraya, potong kecil kecil kulit ikan patin lalu masukan kedalam gulungan tepung tadik dengan cara belah memanjang gulungan dengan pisau agar rapi lalu tutup lagi dan gulung gulung lagi agar tertutup rapat..
  12. Langkah Terakhir, Masukan semua gulungan krupuk basah yang masih mentah kedalam panci Air rebusan. Rebus sampai benar benar matang.
  13. krupuk basah siap dikonsumsi, nada bisa langsung memakannya atau bisa juga diigoreng dulu baru memakannya, tergantung selera masing masing.
Note : Penggunan sedikit terigu agar hasil olahan kerupuk basah tidak terlalu keras

Cara membuat Sambal Kerupuk Basah

  1. Untuk meningkatkan citar asa krupuk basah, anda bisa membuat sambal dengan bahan yang ada disekitar anda.
  2. Kacang tanah yang sudah digoreng dan dihaluskan, lalu tumbuk dengan menambahkan bawang putih dan bawang merah serta cabai, Tumbuk sampai rata, tambahkan setengan sendok Garam dan 2 sendok gula merah untuk menciptakan rasa manis dan pedas.
  3. Setelah selesai, ambil sambal secukupnya dan taruh ke mangkok kecil, lalu tuangkan air mendidih secukupya lalu aduk.
  4. Sambal siap dihidangkan bersama dengan krupuk basah. Semakin nikmat jika krupuk basahnya digoreng terlebih dahulu.

Harga krupuk Basah

Jika anda berniat untuk membeli atau membuat dan dijual, Harga rata rata Krupuk basah berkisar Rp. 15. 000 - Rp.40.000 tergantung dari ukuran kandungan ikan didalamnya.

Sehingga anda yang ingin memulai usaha kuliner, bisa mencoba peluang usaha ini, Cara membuat yang mudah namun masih jarang orang yang membuka peluang usaha ini, Jangan Lama lama ambil peluang dan jalankan usaha dengan modal kecil sekalipun, anda bisa menjalankan usaha krupuk basah ini. Selamat Mencoba, Semoga Sukses.

Pertanyaan yang sering diajukan di Kerupuk Basah Mari Rasa

Bagaimana saya bisa memesan Kerupuk Basah Mari Rasa asli dari Putussibau?
Ada tidak perlu untuk jauh jauh datang kesana, di zaman modern anda cukup hubungi nomor Kedai Mari Rasa Putussibau : Telpon atau Whatshap di : 0857 5062 6232 / 0812 5695 9566 Wa : 0821 5439 0372

Apakah saya bisa belajar langsung cara membuat Kerupuk Basah Mari Rasa?
Anda bisa mempraktekan langsung untuk belajar disana, namun jangan harap resep rahasia akan anda dapatkan pula.

Berapa harga Kerupuk Basah Mari Rasa?
Harga bisa berfariasi, anda bisa meminta diskon jika permintaan anda banyak dan ingin dijual lagi, sehingga bisa meningkatkan pendapatan anda. Harga Berkisar Rp. 10.000 - Rp.40.000 terantung ukuran dan kandungan Ikan didalamnya.

Apakah saya bisa memesan Kerupuk Basah Mari Rasa rasa  jenis belida ?
Karena ada larangan dan hukuman kepada siapa saja yang menangkap dan mengonsumsi  jenis ikan  belida, maka sekarang Ikan belida tidak dijumpai lagi Krupuk basah berbahan ikan belida.

Apakah saya bisa merasakan langsung dan menciripi Kerupuk Basah Mari Rasa di Kapuas Hulu ini?
Mari Rasa Di Kapuas Hulu ini adalah tempat nongkrong sambil ngemil kerupuk basah paling tepat disini bisa menjadi tempat yang direkomendasikan,mau direbus atau digoreng sesuai selera, dengan harga yang sangat terjangkau tak heran tempat ini selalu ramai di kunjungi. tidak hanya itu, disini juga melayani pemesanan paketan kerupuk basah untuk di bawa sebagai oleh oleh,  dengan pengemasan yang dibungkus bagus dan rapi sebagi oleh oleh sehingga membuat banyak sekali pengunjung luar yang menyempatkan membeli oleh oleh disini.
YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Tempat Kuliner Khas Kapuas Hulu "MARI RASA", Ide Usaha Rumahan"