SAKA Pariwisata, Rapat Pembentukan Kepengurusan Di Kabupaten Sanggau

Plt Kadis Porapar Rizma Aminin, S.IP, M.Si dan Sekretaris Disporapar Sanggau Libertus Toto Martono, S.Sos.,M.Si, Memimpin rapat pembentukan SAKA Pariwisata Kabupaten Sangau. Jum'at 19 Februari 2021 di Aula DISPORAPAR Sanggau. Hadir dlam rapat, Kabid Pemuda, Kabid Olahraga, Kabid Pariwisata beserta staf dan tenaga kontrak.



Pengertian SAKA PARIWISATA :

SAKA Pariwisata atau  Satuan Karya Pramuka Pariwisata Adalah salah satu Satuan Karya Pramuka yang merupakan wadah Pendidikan di bidang Kepariwisataan bagi anggota Pramuka agar mereka dapat membantu, membina dan mengembangkan kegiatan sebagai berikut  :

  1. Penyelenggaraan kepariwisataan yang berkelanjutan 
  2. Pengelolaan perjalanan wisata,/ pemanduan wisata,
  3. Pemberdayaan masyarakat dalam rangka perwujudan sadar wisata dan aksi Sapta Pesona di sekitar destinasi pariwisata sebagai baktinya terhadap pembangunan masyarakat bangsa dan Negara.
Tujuan dibentuknya SAKA Pariwisata 

Tujuan dibentuknya Saka Pariwisata adalah memberi wadah pendidikan dan pembinaan bagi para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk menyalurkan minat, mengembangkan  bakat, kemampuan, dan pengalaman dalam bidang pengetahuan dan teknologi serta keterampilan Bidang Pariwisata yang dapat menjadi bekal bagi kehidupan dan penghidupannya untuk mengabdi pada masyarakat, bangsa dan Negara

Saka Pariwisata  sendiri terdiri dari tiga  KRIDA yaitu:

a.  Krida Penyuluh Pariwisata 

Krida Penyuluhan Pariwisata Adalah salah satu krida Saka Pariwisata, yang bertujuan memberikan bekal pelatihan bagi Pramuka untuk dapat berperan sebagai motivator dan komunikator dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan kepariwisataan.
Krida Penyuluh Pariwisata, terbagi menjadi dua SKK yaitu  SKK Penyuluh Sadar Wisata  dan SKK Penyuluh Ekowisata 

b. Krida Pemandu Wisata 

Krida Pemandu Parriwisata Adalah salah satu krida Saka Pariwisata, yang bertujuan memberikan pelatihan bagi Pramuka untuk dapat berperan dalam penyelenggaraan dan pemanduan perjalanan wisata.

Krida Pemandu Wisata, terbagi menjadi empat  SKK yaitu 
    1. SKK Pengetahuan Daya Tarik Wisata 
    2. SKK Penyusunan Program Perjalanan Wisata , tour planner)
    3. SKK Pemanduan Perjalanan Wisata, tour guide
    4. SKK Pemimpin Perjalanan Wisata, tour leader

c. Krida Kuliner Wisata

Krida Kuliner Wisata Adalah salah satu krida Saka Pariwisata, yang bertujuan untuk memberikan keterampilan bagi Pramuka untuk dapat membuat, menyajikan dan melestarikan makanan khas lokal sebagai salah satu daya tarik wisata.
Krida Kuliner Wisata, sendiri terbagi menjadi dua SKK yaitu SKK Masakan Khas Lokal  dan SKK Makanan Ringan Khas Lokal.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url