Translate

INGIN TRAVELLING KELUAR NEGERI? INI YANG PERLU DIPERSIAPKAN

 


Liburan keluar negeri mungkin jadi salah satu goal dalam hidup kalian nih. Namun jangan ngotot ya buat liburan saat pandemi begini. Kita ikuti dulu nih anjuran dari WHO (World Health Organization) buat tetap Stay at Home, guys. Rasa sabar kalian akan segera terbayar kok, karena proses dari vaksinasi saja sudah berjalan ‘kan? Walau pun begitu, tidak ada salahnya buat kalian yang telah punya planning untuk travelling keluar negeri mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan.

Sebagai seorang pengila travelling keluar negeri yang tak pernah ikut travel agent karena memilih untuk pergi sendiri, saya akan memaparkan apa saja sih yang harus dipersiapkan, dan tentu aja ini murni dari pengalaman pribadi.  Ayo simak dibawah ini:

1.     NIAT

Apapun yang ingin kalian lakukan, kalian mengawalinya dengan niat begitu juga dengan travelling. Buat kalian yang membaca artikel ini, mungkin sudah ada niat di dalam hati yang terdalam ingin merasakan sensasi menjelajah belahan bumi lain di luar sana yang tak pernah dikunjungi. Bila niat itu telah kuat mengakar dari pikiran dan hati kalian artinya kalian siap mempersiapkan tahap berikutnya.

 

2.    PASSPORT/ VISA/ DOKUMEN PENTING LAINNYA

Nah, ini bagian yang paling tidak boleh untuk diabaikan ya, guys. Karena ini menyangkut peraturan negara yang kita tinggalkan dan negara yang akan kita tuju. Untuk keluar negeri tentu kita harus dulu mengurus dokumen penting seperti Passport ke imigrasi. Sedangkan untuk Visa itu tergantung negara apa yang ingin kalian kunjungi. So, kalian harus banget nih ngecheck dulu persyaratan buat masuk ke suatu negara dan apa aja nih aturan di sana buat orang asingnya guys. Selain itu karena kita sudah melewati masa pandemi, kalian juga harus paham nih apa aja dokumen kesehatan yang perlu kalian persiapkan, misalnya surat tanda telah vaksin. Setelah semua dokumen yang kalian butuhkan tersebut telah siap, penting sekali untuk kembali mengchecknya sebelum keberangkatan. Lah kan ndak lucu kalau sampe ketinggalan ya guys.

3.    UANG

Kebahagian memang tak bisa dibeli dengan uang, namun uang yang ketinggalan bisa membuat kebahagian liburan hancur berantakan. Sebelum pergi ke suatu negara kalian harus ada pegangan uang cash (walaupun dikit) dengan mata uang dari negara yang kalian kunjungi, at least kalian punya pengangan USD deh. Kenapa dollar? karena paling mudah ditukar di money changer mana aja. Lebih bagusnya sih punnya uang dari negara yang dituju.

 

4.    VISA CARD/ MASTERCARD

Berdasarkan pengalaman pribadi, 2 jenis card ini selalu menjadi oasis di dalam kekeringan saat jalan-jalan. Dan pastikan juga ada isinya ya kedua card ini, buat jaga-jaga aja.

 

5.    SEDIKIT PENGETAHUAN

Sebelum berkunjung disuatu negara yang asing tentunya kita harus mempersiapkan diri dengan sedikit pengetahuan tentang negara tersebut, terutama tentang bahasanya. Walaupun tak fasih atau tak tau sama sekali bahasa mereka, at least, bisa mengerti deh bahasa inggris. Jangan sampe deh tak tau apa pun hanya karena punya ke-4 hal yang di atas, langsung cabut buat liburan sendirian. Dan baca juga tentang budaya mereka supaya tidak salah bertindak setelah tiba. Intinya, dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung.

 

6.    HANDPHONE

Benda munggil nan pintar ini bisa kalian jadikan teman diperjalanan kalian yang seorang diri itu jika kalian memanfaatkan fitur-fiturnya secara maksimal.  Kalian bisa download nih applikasi apa yang kalian butuhkan, misalnya di Indonesia kita biasa gunakan Go Jek, mungkin di negara lain ngetrend-nya Grab, Uber atau applikasi lainnya. Nah, itu sebabnya part pada nomer 5 (sebelumnya) memang tak boleh kalian hilangkan. Selain itu kalian juga bisa mengabadikan momen liburan kalian nantinya dengan fitur kamera pada handphone, dan masih banyak manfaat lainnya.

Itu tadi beberapa hal basic yang perlu kalian persiapkan sebelum kalian melangkah pergi menjelajah dunia baru. Semoga dapat membantu ya…

*LMH

Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Post Terkait :
BERITA DAN INFORMASI,MY JOURNEY