Peletakan Batu Pertama Pembangunan Tribun MTQ XXIX Di Kecamatan Balai

Laporan Juki Porapar

Plt Kadis Porapar Sanggau, Rizma Aminin, S.IP, M.Si menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Tribun MTQ XXIX Tingkat Kabupaten Sanggau Di Kecamatan Balai pagi tadi, Jumat, 5 Maret 2021.

Pembangunan Tribun MTQ
Pembangunan Tribun MTQ



Peletakan batu pertama pembangunan Tribun MTQ XXIX dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Sanggau Drs. Yohanes Ontot, M.Si. 

"Dalam Pidatonya, Wakil Bupati menegaskan   kepada semua pihak terkait agar pembangunan ini  di kelola dan diawasi dengan baik dan bisa dipertanggungjawabkan, karena dana yang digelontorkan untuk pembangunan cukup besar yakni sekitar Rp 1.9 miliyar"Tegas Wagub.

Wakil Bupati Sanggau Drs. Yohanes Ontot, M.Si
 Wakil Bupati Sanggau Drs. Yohanes Ontot, M.Si

Turut hadir  dalam acara tersebut, Asisten I Setda Sanggau Yakobus, SH, MH, beberapa perwakilan OPD , Perwakilan dari LPTQ Kabupaten Sanggau, Ketua GOW Kabupaten Sanggau Ny. Yohana Kusbariah Ontot, Camat Balai Poheng Gew, Forkompimcam, LPTQ Kecamatan Balai dan para tamu undangan.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Tribun MTQ

Pengertian MTQ

MTQ adalah singkatan dari Musabaqah Tilawatil Quran. Musabaqah Tilawatil Quran adalah kompetisi yang diadakan untuk menghormati, mengapresiasi, dan mempromosikan bacaan atau pembacaan Al-Quran yang baik dan indah. MTQ merupakan salah satu acara penting dalam budaya Islam yang diadakan di banyak negara dengan populasi Muslim yang signifikan.

Dalam Musabaqah Tilawatil Quran, peserta menunjukkan keahlian mereka dalam membaca Al-Quran dengan baik dan tepat, dengan memperhatikan tajwid (aturan pengucapan Al-Quran) dan tartil (kemelodikan dan ritme dalam membaca). Biasanya, MTQ mencakup berbagai kategori, seperti Hifz (memorizing Al-Quran), Qira'at (pembacaan Al-Quran dengan metode yang berbeda), dan Tahfidz (menghafal Al-Quran).

Acara MTQ juga sering kali melibatkan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan Al-Quran, seperti ceramah, tafsir, perlombaan dalam hafalan surah-surah pendek, dan kelas-kelas pengajaran Al-Quran. Selain itu, MTQ juga menjadi ajang untuk mempromosikan pemahaman dan kecintaan terhadap Al-Quran serta memperkokoh ikatan antar komunitas Muslim.

MTQ biasanya diadakan di tingkat lokal, regional, nasional, dan bahkan internasional. Setiap negara atau wilayah memiliki sistem dan aturan tersendiri untuk pelaksanaan MTQ sesuai dengan kebiasaan dan tradisi lokal.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.