Upacara Pelantikan Pengurus Majelis Pembimbing (Mabi) dan Pengurus Saka Pariwisata Cabang Sanggau Masa Bakti 2021 - 2026

Pancurajipost.com -DISPORAPAR Sanggau - Pada hari Selasa, 16 Maret 2021 DISPORAPAR Sanggau melaksanakan Upacara Pelantikan  Pengurus Majelis Pembimbing (Mabi) dan Pengurus Saka Pariwisata Cabang Sanggau masa bakti 2021-2026 pada pukul 09.00 WIB s/d Selesai Di Halaman Kantor DISPORAPAR Sanggau.

Pelantikan Pengurus  Majelis Pembimbing (Mabi) dan Pengurus Saka Pariwisata
Pelantikan Pengurus  Majelis Pembimbing (Mabi) dan Pengurus Saka Pariwisata 

Upacara berjalan dengan lancar dan hikmat dengan menerapan Prosedur Kesehatan.

Berdasarkan Surat Keputusan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sanggau No.28 Tahun 2021 tentang Susunan Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Saka Pariwisata  Masa Bakti 2021-2026, 

Ketua Kwartir Cabang Cabang Gerakan Pramuka Sanggau : Siron, S.Sos, M.Si

Menetapkan

SUSUNAN MAJELIS PEMBIMBING SATUAN KARYA PARIWISATA CABANG SANGGAU

MASA BAKTI 2021-2026

Ketua : Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata  Sanggau 

Sekretaris : Sekretaris Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata  Sanggau 

Ketu Harian : Kepala Bidang Pariwisata Sanggau

Anggota - anggota :

  1. Camat Kapuas (Selaku Ka.Mabiran Kapuas)
  2. Kepala Bidang Kepemudaan
  3. Kepala Bidang Keolahragaan
  4. Direktur PDSKU Polnep Sanggau
  5. Ketua Kwartir Ranting Kapuas
  6. Kepala SMA DonBosco
  7. Kepala SMA N I Sanggau
  8. Kepala SMA N 2 Sanggau
  9. Kepala SMA N 3 Sanggau
  10. Kepala  MAN I Sanggau
  11. Kepala SMKN I Sanggau
  12. Kepala SMK Tri Darma Sanggau
  13. Kepala SMK Torsina Sanggau
  14. Kepala SMK PDN Sanggau
  15. Kepala SMA PGRI Sanggau

Video Upacara Pelantikan Pengurus  Majelis Pembimbing (Mabi) dan Pengurus Saka Pariwisata

Foto foto Upacara Pelantikan Pengurus  Majelis Pembimbing (Mabi) dan Pengurus Saka Pariwisata

Foto Kegiatan Pelantikan  Pengurus Majelis Pembimbing (Mabi) dan Pengurus Saka Pariwisata Cabang Sanggau masa bakti 2021-2026
Fotografer @ Angga Porapar

































































Penjelasan Tentang Tata Cara Upacara Pelantikan

Upacara pelantikan adalah acara resmi yang dilakukan untuk mengangkat atau melantik seseorang ke dalam suatu jabatan atau posisi penting. Upacara ini biasanya dilakukan dalam konteks pemerintahan, organisasi, institusi, atau lembaga tertentu. Pelantikan bertujuan untuk memberikan legitimasi dan otoritas kepada individu yang akan mengemban tanggung jawab baru.

Upacara pelantikan dapat mencakup beberapa komponen, tergantung pada konteksnya, namun umumnya melibatkan langkah-langkah berikut:
  • Pengucapan sumpah atau janji: Individu yang dilantik biasanya diminta untuk mengucapkan sumpah atau janji, di mana mereka berjanji untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab jabatan mereka dengan baik, mengikuti hukum, dan mengabdi kepada institusi yang mereka layani.
  • Penyerahan simbolik: Dalam beberapa upacara, simbolik atau atribut tertentu mungkin diserahkan kepada individu yang dilantik. Misalnya, pengambilan sumpah dengan menggunakan kitab suci, penyerahan tongkat jabatan, atau pemasangan tanda pengenal.
  • Pidato atau pengarahan: Setelah pelantikan, seringkali diadakan pidato atau pengarahan oleh pejabat atau tokoh penting lainnya. Pidato ini dapat memberikan arahan, tujuan, atau harapan bagi individu yang baru dilantik dan juga kepada para hadirin.
  • Penampilan kehormatan: Upacara pelantikan sering dihadiri oleh tamu undangan, dan ada kemungkinan adanya penampilan kehormatan seperti parade militer, tarian budaya, atau pertunjukan lainnya untuk memperingati atau merayakan pelantikan.
Upacara pelantikan memiliki arti penting dalam membentuk otoritas dan legitimasi seorang pejabat baru, serta mengkomunikasikan peralihan kekuasaan atau tanggung jawab kepada publik atau anggota organisasi.
YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.