Wisata Alam Hutan Mangrove Gunung Anyar Surabaya, Jalur dan harga tiket

Wisata Alam Hutan Mangrove Gunung Anyar Surabaya, Jalur dan harga tiket

Pancurajipost.com - Hutan mangrove gunung anyar adalah wisata alam yang berada di Surabaya. Gunung anyar  bisa jadi alternatif liburan akhir pekan ini. Kawasan hutan mangrove yang dapat diakses secara gratis ini memiliki konsep ekowisata.

Dimana lokasi hutan mangrove gunung anyar 

Hutan mangrove gunung anyar alamatnya di Jalan Medokan Sawah Timur Segoro Tambak Sedati, Medokan Ayu, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya, Jawa Timur 60295

Untuk lebih jelasnya cek lokasi Hutan mangrove gunung anyar dibawah ini :

Rute menuju Hutan Mangrove Gunung Anyar Surabaya

Kendaraan Pribadi

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi dan berasal dari luar kota. Kami sarankan turun di pintu keluar tol tambak sumur yang dari rungkut kemudian dilanjutkan ke Jalan Merr atau coba lebih mudah ke jalur kampus STIKOM Surabaya. Setelah sampai di lokasi kampus STIKOM, Anda bisa langsung mengikuti jalan Wonorejo hingga menemukan hutan mangrove di ujung jalan.

Kendaraan Umum

Jika Anda menggunakan transportasi umum, perjalanan mungkin memakan waktu lebih lama. Misalnya, dari stasiun kereta Wonokromo, Anda harus keluar stasiun terlebih dahulu dengan berjalan kaki untuk mencapai Jagir atau kawasan waduk. Setelah itu anda tinggal menunggu transportasi dalam kota dengan kode kendaraan Lyn U yang akan membawa anda ke Wonorejo. Dari sana anda bisa naik gojek. ke objek wisata atau sejedar jalan - jalan. Namun demikian ada fasilitas taxy disana yang siap membawa anda kemanapun.

Hutan bakau yang menakjubkan di Hutan mangrove gunung anyar

Ketika mengunjungi Objek Wisata Alam Hutan mangrove gunung anyar, Anda akan diajak untuk berjalan kaki medaki menuju Hutan mangrove gunung anyar. Selama pendakian di sini, pengunjung dapat menikmati pemandangan pohon bakau dengan dedaunan yang rimbun. Di beberapa tempat, pengunjung juga bisa menemukan spot foto modern yang instagramable.


Sekilas tentang mangrove di Gunung Anyar

Resor Surabaya ini merupakan bagian dari Mangrove Botanical Gardens di Surabaya. Kawasan tersebut semula merupakan bagian dari Kawasan Pengelolaan Hutan Mangrove untuk pencegahan bencana.

Kebun Raya Mangrove meliputi dengn area seluas 24 hektar yang terbagi menjadi 4 wilayah, Kiputih, Wonorigo, Gunung Anyar dan Sokolilo. Sementara itu, baru dua wilayah yang berhasil diselesaikan, salah satunya adalah lokasi ini.

Kawasan wisata Gunung Anyar sendiri terbagi menjadi dua kawasan yaitu kawasan sungai dan kawasan wisata. Kawasan wisata khusus memiliki fasilitas yang dapat dikunjungi oleh warga dan wisatawan.

Jogging track, mushola, gazebo, dan beberapa spot foto cantik instagramable terletak di zona 2. Diantara fasilitas yang ada, ada satu fasilitas yang menjadi daya tarik tersendiri yaitu terdapat menara pengawas.

Menara pengawas padang di hutan mangrove gunung anyar surabaya

Menara pengawas ini lebih dikenal dengan menara pandang

Keindahan pemandangan hutan mangrove Gunung Anyar sangat spektakuler dari atas menara. Menara yang terbuat dari deretan anyaman bambu setinggi 12 meter di atas permukaan laut ini merupakan tempat terbaik untuk menikmati keindahan alam yang mengelilingi hutan.

Dari atas menara bambu terdapat pemandangan alam yang indah yang dapat dilihat dengan jelas.

Namun, untuk melihat keindahan mangrove dari atas, hanya 5 orang yang bergiliran karena kapasitas Menara sempit tidak memungkinkan untuk menampung banyak orang.

Lokasi yang jauh dari hiruk pikuk kota menjadikan kawasan ini bebas polusi dan bisa dilihat dari atas menara. 

Harga tiket masuk hutan mangrove gunung anyar

Hutan Mangrove dan Kompleks Makam Sunan Giri adalah contoh dua tempat wisata gratis di Surabaya. Oleh karena itu, pengunjung yang datang tidak akan dikenakan biaya.

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan harus membayar biaya parkir kendaraan.Untuk Mobil dan motor masing- masing mempunyai tarif yang berbeda.

Anda juga dapat membayar sewa perahu  bagi yang ingin menjelajahi hutan bakau dengan perahu.

Informasi detail biaya parkir dan biaya sewa kapal dapat dilihat pada tabel di bawah ini: 


Retribusi Harga Tiket
Tiket Motor Parkit Rp. 5000,-
Tiket Mobil Parkir Rp. 10.000,-
Tiket Menyewa Perahu Rp. 50.000,-
Catatan : Harga tiket sewaktu-waktu berubah

Berbagai Spot menarik di Hutan mangrove gunung anyar

Banyak tempat menarik yang bisa kamu temukan di tempat wisata ini. Misalnya lari di treadmill, berfoto-foto, melihat-lihat kawasan wisata di atas menara observasi, bersantai di gazebo dan lain-lain.

Joging Track

Nah, jika Anda berada di Hutan Mangrove Gunung Anyar, Anda tidak hanya bisa menikmati semua fasilitas tersebut, tetapi Anda juga bisa menikmati lintasan berupa susunan kayu dan bambu sebagai jogging track. Asyiknya lagi, rutenya cukup panjang, sekitar dua kilometer, dengan pepohonan bakau yang lebat dan cukup tinggi di kedua sisinya.
Jogging Track hutan mangrove gunung anyar surabaya
Jalur Jogging Track Foto - Instagram @aero.fotografia


Sambil berlari, Anda bisa menikmati indahnya suasana di hutan mangrove. Dari sisi kanan dan kiri, burung-burung terlihat beterbangan di antara dahan-dahan pohon dengan suara kicauannya yang merdu. Anda juga bisa menemukan spot foto cantik dengan background yang menarik. Dijamin kamu akan betah berlama-lama disana. 

Mengambil foto di zona foto modern

Meski jumlahnya tidak banyak, pengunjung bisa menemukan zona foto modern. Spot foto ini merupakan spot foto hasil kreasi tangan-tangan kreatif masyarakat setempat.

hutan mangrove gunung anyar di jawa timur
Spot foto instragramable di jalan menuju Hutan Mangrove Gunung Anyar Surabaya. Foto Salsawisata

Sebagian besar lampu di foto ini terbuat dari serat semak kering dan berbentuk. ada gaya yang berbeda Ada yang berbentuk cinta, bintang, dll.

hutan mangrove gunung anyar surabaya
Spot foto kerajinan dari masyarkat setempat. Foto: Instagram @fara_silvi

Jembatan kayu di kawasan wisata mangrove ini sering menjadi spot favorit untuk foto-foto. Anda bisa berfoto sambil berdiri atau duduk dengan nyaman di pinggir jembatan. Ini terlihat sangat alami.

Berfoto dan beristirahat di Gazebo Hutan Mangrove Gunung Anyar Surabaya

Beristirahatlah di paviliun di sini. Terdapat 2 unit gazebo yang dapat digunakan pengunjung secara gratis. Solusi arsitektur paviliun ini unik. Terutama di bagian atap.

Berfoto dan beristirahat di Gazebo Hutan Mangrove Gunung Anyar Surabaya

Atap gazebo ini terbuat dari anyaman bambu. Suasana di gazebo sangat bagus. Selain itu, dikelilingi oleh ratusan pohon bakau yang bermekaran di sekitar gazebo.

Sambil istirahat, pengunjung dapat menikmati makan siang atau menikmati oleh-oleh khas Surabaya yang dibeli di pusat oleh-oleh terdekat.

Menelusuri  Hutan Mangrove Gunung Anyar Surabaya dengan Perahu

menelusuri  hutan mangrove gunung anyar surabaya menggunakan perahu


Pengunjung juga dapat memiliki kesempatan untuk menjelajahi hutan bakau dengan perahu sewaan. Jalan diambil dari sungai ke muara. Sambil menjelajahi kawasan hutan mangrove, pengunjung bisa melihat mangrove dari dekat. 

Berbagai Fasilitas lengkap di Hutan Mangrove Gunung Anyar Surabaya


Ada beberapa fasilitas yang tersedia untuk pengunjung. Salah satunya adalah musala sederhana dengan perlengkapan untuk salat seperti sajadah, mochina dan gamis.

Parkir akan menjadi fasilitas wajib berikutnya. Meski tidak sebesar tempat parkir mobil di Kengeron Park, namun tempat parkir mobil di sini cukup luas untuk menampung sepeda motor dan mobil.

Simak video Wisata  Hutan Mangrove Gunung Anyar Surabaya  menggunakan drone 





YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Wisata Alam Hutan Mangrove Gunung Anyar Surabaya, Jalur dan harga tiket"