Keindahan Kepulauan Karimata, Kayong Utara, Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Kepulauan Karimata adalah deretan pulau pulau besar dan kecil seperti Pulau Pelapis, Pulau Karimata dan Pulau Serutu di kecamatan Kepulauan Karimata yang memiliki potensi alam pantai putihnya,Hutan Mangrove, Flora dan Fauna, serta kekayaan hasil laut yang melimpah, sehingga sangat layak jika dijarikan kawasan wisata Nasional dan Internasional.

Keindahan Kepulauan Karimata, Kayong Utara, Kalimantan Barat foto
foto Keindahan Kepulauan Karimata, Kayong Utara, Kalimantan Barat

Kepulauan Karimata itu sendiri merupakan nama kecamatan hasil dari pemekaran dari Kecamatan Pulau Maya yang ada Kabupaten Kayong Utara Kalimantan Barat, yang ditetapkan melalui Peraturan Pemerintahan Kabupaten Kayong Utara Nomor 3, Tahun 2011 lalu.

Geografis Kepulauan Karimata

Kepulauan Karimata berada disebelah barat paling ujung dari Kabupaten Yaong Utara yang merupakan kawasan Sail Karimata membentuk pupau pulau besar dan kecil di lauatan.

Untuk pulau pulau di Kepulauan Karimata tercatat sekitar 83 pulau terdiri dari pulau besar dan kecil. 11 pulau diantaranya dihuni masyarakat sekitar yaitu Pulau Pelapis Tengah, Pulau Karimata, Pulau Serutu.  dan Pulau Panebangan.

Batas Wilaah Kepulauan Karimata

Kepulauan Karimata sebelah barat dan selatan berbatasan dengan selat karimata, sebelah timur berbatasan dengan kecamatan pulau maya (Kabupaten Kayong Utara) dan sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Kubu Raya.

Kepulauan Karimata memiliki beberapa desa yaitu Desa Pelapis, Desa Betok Jaya dan Desa Padang.

Alamat Kepulauan Karimata 

Kepulauan Karimata berada di Kecamatan Kepulauan Karimata, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat.
Kodepost Kepulauan Karimata : 78855
No telpon Kepulauan Karimata : -

Google Map Kepulauan Karimata 

Jalur Transportasi menuju Kepulauan Karimata 

Jalur Udara, Darat dan Laut

Untuk anda yang berada di luar pulau Kalimantan Barat, Jalur udara menuju Kepulauan Karimata dari Bandara Internasional Supadio Kuburaya - Pontianak menuju ke Bandara Rahadi Oesman Ketapang sekitar 1 jam menggunakan Pesawat Terbang jenis ATR. Setelah sampai di Kabupaten Ketapang, dilanjutkan dengan  jalur darat menggunakan taxy atau bus menuju ke Kabupaten Kayong Utara yang jaraknya hanya sekitar 80.5 Km atau 1 jam 50 menit.

Anda juga bisa menggunakan jalur laut dari Pontianak atau dari Ketapang langsung ke Kepulauan karimata.

Jadwal Maskapai Penerbangan Jakarta - Pontianak

Maskapai Garuda Indonesia Jurusan Bandara Internasional Kuburaya : Terbang setiap hari Senin, Selasa, Kamis, dan Sabtu pukul 07.00 WIB dan 10.00 WIB sedangkan hari Rabu, Jumat, dan Minggu pukul 16.00 WIB. Jadwal ini bisa berubah tergantung dari kebujakan maskapai penerbangan.

Jadwal Maskapai Penerbangan Kuburaya/Pontianak - Ketapang

Untuk Jadwal penerbangan Pontianak yaitu Bandara Internasional Kuburaya menuju Ketapang (Bandara Rahadi Oesman) menggunakan pesawat atr setiap hari Senin, Selasa, Kamis, dan Sabtu pukul 06.25 WIB sementara pada hari Rabu, Jumat, dan Minggu pada pukul 08.35 WIB jadwal ini bisa berubah tergantung dari kebujakan maskapai penerbangan.

Jalur dari Kabupaten Kayong Utara

Sedangkan dari Pusat Kota Kayong Utara sendiri menuju Kepulauan Karimata hanya bisa ditempuh dengan jalur air menggunakan Kapal Motor Kelotok melalui Pelabuhan Motor Sukadana. 

Waktu tempuh dari pelabuhan ke Kecamatan Kepulauan Karimata sekitar 7-8 jam perjalanan menelusuri lautan menggunakan kapal kelotok atau bisa juga dengan menyewa speedboad yang cukup besar dengan sewa yang lebih mahal namun cepat sampainya. Untuk waktu keberangkatan biasanya dari Pukul 17.00 WIB sore dan sampai pukul 04. 00 WIB pagi.
Speed boad menuju Pulau Karimata Photo
Speed boad menuju Pulau Karimata Photo (JURAI PESIRA)
Kapal Kelotok itu sendiri adalah kapal buatan dari kayu yang cukup besar bisa menampung sekitar 10 -20 orang  dengan kondisi ruangan hamparan lantai tanpa kursi. Hal ini difungsikan untuk para penumpang yang ingin berlayar sambil baring baring menunggu lamanya perjalanan ke pemberhentian pelabuhan Teluk Batang.

Waktu yang tepat untuk menuju ke Kepulauan Karimata ketika musim barat atau musim teduh tiba karena kondisi angin lautan yang stabil dan tidak kencang yang menyebabkan permukaan air laut lebih tenang.

Namun jika musim selatan tiba, angin cukup kencang yang menyebabkan goncangan perahu kelotok kekanan dan kekiri. Jika anda tidak mampu biasanya akan menyebabkan muntah/mabok akibat guncangan ini.

Wisata Apa saja di Kepulauan Karimata

1. Wisata Pulau Pelapis

Pulau Pelapis ini memiliki sumber alam yang melimpah, biasa wisatawan berkunjung kesini untuk menikmati tarikan strike ikan laut, keindahan pantai pasir putih, penghasil udang dan cumi cumi serta hasil laut lainnya.

Alamat Pulau Pelapis

Pulau pelapis beralamatkan di Desa Pelapis Tengan, Kecamatan Kepulaun Karimata, Kayong Utara, Kalimantan Barat 

Google Map Pulau pelapis

Apa saja yang menearik di Pulau pelapis

Keindahan Bibir Pantai
Pantai Pulau Pelapis Photo
Pantai Pulau Pelapis Photo (Joel Juliansyah)
Pulau Pelapis sebagai pulau yang memiliki kekayaan pantainya yang indah, pasir putih serta bebatuan karang di pinggir pantai mirip sekali dengan lokasi di Film Laskar Penangi di Pulau Belitung.

Snorkeling
Snorkeling di pulau pelapis photo
Snorkeling di pulau pelapis photo
Pulau Pelapis memiliki keindahan dan terkenal dengan kejernihan air lautnya. Anda bisa melakukan olahraga Snorkeling di sekitar pantai pulau pelapis sambil melihat terumbu karang dan biota laut lainya yang cukup indah.

Objek Penelitian
Objek WIsata Penelitian di Pulau Pelapis Photo
Objek WIsata Penelitian di Pulau Pelapis Photo (Yanto 12)
Kondisi alam kepualauan , perbukitan yang masih asli, belum lagi pantainya yang memiliki kekayaan ikan berbagai jenis dan aneh aneh, yang bisa dijadikan sebagai lokasi penelitian.

Mancing Mania
Mancing Mania di Pulau Pelapis Photo
Mancing Mania di Pulau Pelapis Photo
Pulau Pelapis terkenal dengan kekayaan ikan bawah laut yang sangat banyak. Para pemancing mania akan disuguhkan dengan pengalaman menarik disini, strike ikan ikan yang didapat, menimbulkan sensasi tersendiri, belum lagi berjenis ikan langka bisa anda temui di area ini.

Oleh Oleh Khas Pulau Pelapis
Pulau Pelapis terkenal dengan kepulauan Nelayan, Para penduduk disini sebagian besar berprofesi sebagai nelayan. Tanah dan perbukitan yang hijau tidak menjadikan profesi sebagai petani, karena perbukitan ini masih alami dengan berbagai flora dan fauna.

Jika mereka bertani kebanyakan selalu merugi akibat dari berbagai hama alam seperti kera, babi hutan dan lain lain yang masih banyak di hutan ini. Sehingga para Penduduk lebih suka menjadi nelayan.

Hasil tangkapan yang banyak dijumpai di area ini adalah ikan teri dan cumi cumi, anda bisa membawa hasil dari tangkapan nelayan ini sebagai oleh oleh untuk orang dirumah.

2. Wisata Pulau Karimata

Pulau Karimata sendiri adalah pulau terbesar di Kecamatan Kepulauan Karimata, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat yang berada di antara dua desa yaitu Desa Padang dan Desa Betok Jaya. 

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan Nomor 381/Kpts-II/1985, Pulau Karimata masuk kedalam Kawasan Cagar Alam Laut (CAL) yang memiliki luas lahan Kawasan CAL Kepulauan Karimata 77.000 H. Untuk pengelolaannya, CAL Karimata dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA Kalbar).

Google Map Pulau Karimata

Apa yang menarik di Pulau Karimata

Wisata Pantai
Keindahan Pulau Karimata Photo
Keindahan Pulau Karimata Photo
Tidak kalah dengan Pulau Dewata Bali, Pulau Karimata memiliki pantai putih yang bersih dengan air sejernih kristal.

Sepanjang pantai ditumbuhi pohon kelapa yang menjulang tinggi, serta pepohonan yang hijau, yang membuat Pulau Karimata ini sangat sejuk dan segar, jauh dari polusi polusi kendaraan.

Snorkeling
Snorkeling di Pulau Karimata Photo
Snorkeling di Pulau Karimata Photo
Snorkeling menjadi pilihan utama para turis yang datang, dengan menyelam dikedalaman sekitar 3 meter saja, anda sudah bisa menikmati keindahan terumbu karang yang terlihat jelas karena kejernihan airnya.

Berbagai ikan kecil berwarna warni menghiasi area terumbu karang, menambah indahnya suasana Snorkelin dibawah laut pinggiran Pulau Karimata.

Mancing Mania
Seperti di pulau pelapis, di Pulau Karimata merupakan surganya para pemancing mania yang ingin merasakan tarikan ikan ikan ganas Pulau Karimata.

Jungle Photography
Hutan yang masih alami. serta pepohonan yang unik dan menarik, belum lagi kekayaan flora dan fauna, menjadi daya terik tersendiri untuk para photografer yang ingin mengabadikan momen alam Pulau Karimata.

3. Pulau Serutu

Pulau Serutu adalah pulau terbesar kedua setelah Pulau Karimata di Kecamatan Kepulauan Krimata, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantn Barat.

Pulau Serutu ini merupakan pulau terluar di Kalimantan Barat yang berada di antara pulau karimata dan Belitung.

 Apa yang menarik di Pulau Serutu

Menara Suar
Menara Suar Serutu foto
Menara Suar Serutu foto
Menara Suar Serutu adalah menara yang dibangun pada abad ke -18 dan merupakan peninggalan belanda yang berada di Dusun Kampak, Desa Betok Jaya, Kecamatan Kepulauan Karimata dan berada di 2.5 Km dari Prasasti Pasir Kapal.

Untuk menuju ke sini, anda harus menyeberang lautan dari Desa Betok ke Dusun Kampak dengan lama perjalanan sekitar 1 jam saja dan dilanjutkan menelusuri bukit dengan berjalan kaki menanjak dengan lama waktu sekitar 40 menit atau tergantung dengan kekuatan fisik para pengunjung.

Berada di bukit pinggir pantai,  Disekitar Menara Suar Serutu terdapat tujuh bangunan yang terbagi menjadi :
  • ruang prajurit (2 bangunan)
  • ruang komandan,
  • ruang mesin, 
  • ruang logistik,dan 
  • tempat penampungan air yang memiliki 2 bangunan
Untuk pengelolaanya, Menara Suar Serutu di kelola oleh Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Distrik Navigasi Kelas 1 Tanjung Priok. 

Wisata Pantai
Wisata Pantai Pulau Serutu foto
Wisata Pantai Pulau Serutu foto (Ochid rosyid)
Anda akan melihat hamparan pasir putih dan bongkahan batu batu keras disekitar Pantai Pulau Cerutu, terlihat juha aktivitas para nelan yang sedang menjemur hasil tangkapan ikan untuk dijadikan ikan asin.

Flora
Terdapat berbagai jenis pepohonan di sekitar Pulau Serutu diantaranya kelapa (cocos nucifera), kersen hitam (Muntinga calabura), jambu mete (anacardium occidentale), ketapang (terminalia catappa) serta berbagai macam rumput liar yang tumbuh di jalan jalan diantaranya rumput alang-alang (imperata cylindria),, rumput gajah (pennisetum purpureun), serta rumput teki (cyoerus rotundus). 

Fauna
Pulau Serutu menjadi sarang babi hutan (sus scrofa), burung elang (Aquila), dan ular sanca hijau (Morelia viridis)
Berbagai ikan bersarang di area pantai dan lautan disekitar Pulau Serutu yang merupakan surganya ikan ikan yang indah dan menawan.
YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Keindahan Kepulauan Karimata, Kayong Utara, Kalimantan Barat"