Gawai Dayak Sanggau, 7 JULI

Pancurajipost.com - Gawai Dayak Sanggau adalah Gawai besar atau acara puncak gawai dari berbagai Kecamatan di Kabupaten Sanggau dan merupakan Kalender Even Tahunan Kabupaten Sanggau. 

Gawai Dayak Nosu Minu Podi yang  dilaksanakan setiap tahunnya merupakan salah satu tradisi adat Suku Dayak yang masih berlangsung di Kabupaten Sanggau sampai saat ini. Nosu Minu Podi ini bertujuan sebagai bentuk ucapan syukur kepada Tuhan atas hasil panen atau ladang yang telah didapat. Gawai ini menjadi Kalender Event budaya Kabupaten Sanggau yang selalu dilaksanakan  pada tanggal 7 sampai dengan 9 Juli setiap tahunnya.

 


Apa saja acara di Gawai Dayak Sanggau ?

Acara pembuka dimulai dengan ritual adat sebelum hari H atau sebelum tanggal 7 Juli. Rangkaian kegiatan ritual tersebut dilakukan didua tempat berbeda secara berurutan dengan sejumlah persiapan alat perega ritual untuk betabe (permisi) dan meminta doa keselamatan kepada Jubata atau Akek Penompa (Tuhan) terhadap pelaksanaan kegiatan Gawai Dayak Nosu Minu Podi agar berjalan aman, lancar, cuaca mendukung, sukses sesuai harapan bersama.Selain mengadakan ritual adat yang telah dilaksanakan pada hari sebelumnya.

Kegiatan lain yang ditampilkan pada Gawai Dayak Nosu Minu Podi ini diantaranya Beraum, pameran, lomba seni budaya dan permainan rakyat, pementasan dan pertunjukan seni, dan sebagainya.

Dimana dilaksanakan Gawai Dayak Sanggau ?

Gawai Dayak Sanggau atau Gawai Ritual Adat Dayak Nosu Minu Podi dilaksanakan di kawasan Rumah Betang Raya Dori' Mpulor yang beralamatkan di Desa Lape, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Baca Juga : Rumah Adat Betang Raya Dori' Mpulor, Rumah Adat Masyarakat Dayak

Video Gawai Dayak Sanggau

Kalender Event Sanggau

Gawai Dayak Sanggau atau dikenal dengan Gawai Nosu Minu Podi ini merupakan salah satu kalender event yang dilaksanakan setiap tahun sekali.

Gawai Dayak biasanya memiliki banyak pengunjung yang datang, karena seluruh masyarakat Dayak dari berbagai kecamatan di Sanggau, berkumpul merayakan Gawai ini.

Bahkan dari Kabupaten lain dan dari luar negeri pun biasanya ikut merayakan Gawai Dayak ini dengan membawa sanak saudara.

Dari Malaysia juga biasanya datang merayakan Kalender Even Gawai Dayak ini, karena lokasinya juga tidak jauh dari Perbatasan Indonesia Malaysia. Mereka datang melalui Cross Border PLBN Entikong


YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.