Translate

JAJANAN KOREA ALA SANGGAU

Buat kalian para pencinta Drakor ataupun K-Pop serta pemburu kuliner, tentunya tidak mau ketinggalan nih, buat mencicipi jajanan khas negeri ginseng itu. Nah sekarang ini buat kalian yang berdomisili di Sanggau, tidak perlu jauh-jauh ke Korea untuk mencicipinya. Kalian bisa nih langsung datang ke kedai jajanan korea dari “Rumah CoklatEma" yang berada di Watarfront Kabana, dekat sekali dengan Keraton Suryanegara atau jika kalian masuk melalui Jalan Durian tepat nih di ujung sebelah kirinya. Sangat mudah deh buat ditemukan. Bukanya di mulai dari pukul 15.30 WIB atau jam setengah empat sore nih guys, trus tutupnya sampe malam. Tapi jangan kemalaman juga nih, entar malah kehabisan. Buat para OPPA dan NUNNA Sanggau, mesti banget nih buat datang ngeramein dan tentunya nyicipin Jajanan khas korea yang dijamin halal.



Mimin mencoba membagikan nih review untuk Jajanan Korea ala Sanggau ini dengan Jajanan korea asli buatan orang korea yang pernah mimin cicipi. Ada dua menu jajanan dan satu jenis minuman yang dicoba. Bagaimana sih rasanya.

-   떡볶이 (Tteokbokki)

Buat pengemar Drakor tentu tidak asing nih mendengar nama makanan korea yang satu ini, selalu hadir menjadi menu favorite dalam drama. Apa sih Tteokbokki ini? Nah dalam bahasa Indonesia-nya bisa diartikan sebagai kue beras atau dalam bahasa inggris disebut dengan rice cake. Jadi Tteok () yang terbuat dari tepung beras yang berbentuk batang atau silender dan terlihat warnanya putih, dimasak dengan saos bumbu cabe special yang bernama gochujang yang menghasilkan rasa pedas dan manis. Secara visual warnanya merah yang dengan mudah menggoda mata untuk mencicipinya, terlebih dengan topping irisan daun bawang dan juga biji wijen putih menghiasi permukaannya.

Nah bagaimana sih rasa Tteokbokki ala Sanggau? Menurut lidah Mimin rasanya okay banget, karena tidak terlalu pedas seperti rasa pedas makanan orang korea biasanya. Jadi tidak bikin lidah terkejut deh. Kemudian tidak terlalu asam juga. Sangat enak buat dinikmati. Overall rasanya ada kesamaan dengan tteokbokki yang sengaja disajikan orang Korea untuk orang asing.

 

-   김밥 (Kimbab)

Nah menu ini juga tak kalah populernya. Sebenarnya menu ini bisa menjadi pilihan menu yang sehat dan simple buat teman-teman yang ingin piknik. Kata kimbab berasal dari dua suku kata (dalam huruf korea/ 한글) yaitu (kim) yang berarti rumput laut (Beda lagi ya guys, dengan suku kata kim yang lainnya, apa lagi buat kim pada marga nama korea, sungguh berbeda artinya), sedangkan (Bab) berarti Nasi. Jadi kalau diterjemahkan one by one jadinya nasi rumput laut. Hehehe.... begitulah bahasa tidak bisa diterjemahkan satu persatu, mesti sesuai konteksnya. Nah untuk menu ini, artian tepatnya nasi yang digulung dengan lembar rumput laut (Gimana artiannya, bisa dimengerti? Semoga bisa ya).
Begitu juga nih Kimbab dari Rumah CoklatEma yang membuatnya dengan rumput laut, nasi kemudian buat tengahnya pakai telur, timun, wartel dan juga pakai sosis (standar-lah sama dengan jajanan kimbab di orang-orang korea aslinya). Kimbab ini disajikan dengan saos tomat dan mayonnaise. Rasanya perfectly mirip guys sama yang kawan korea bikinkan untuk Mimin. Enak, sehat dan mengenyangkan. Nah yang terpenting nih harganya juga bersahabat dikocek kita deh.

 

-   Thai Pea Cha



Mimin nyobainnya Thai Pea Cha (Bukan teh korea guys). Teh ungu dari Thailand secara visual cantik, secara rasa juga enak, dan yang paling penting, wanginya khas deh. Wajib banget dicobain.

 

Nah sekian dulu review 3 menus yang mimin coba di Rumah CoklatEma, buat kalian yang penasaran, ayo datang langsung. Terspesial buat kalian yang makan di tempat bisa menikmati suasana di sekitar Sungai Kapuas dan tentunya hiruk pikuk Kabana yang ramah bagi siapa saja.

Oh ya, buat yang ingin mendapatkan diskon, panggil nama mimin 3 kali ya guys. (Ini bercanda) Hehehe....

 

*LMH

Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Post Terkait :
BERITA DAN INFORMASI,MY JOURNEY,WISATA KULINER