Wisata Alam Air terjun Gurung Nibung

 

Wisata Alam Air terjun Gurung Nibung
Wisata Alam Air terjun Gurung Nibung

Pancurajipost.com - Wisata Alam Air terjun Gurung Nibung adalah nama lain dari Air terjun Batu Belimbing yang sangat indah yang dimiliki Kabupaten Melawi dan kedepan bisa menjadi salah satu wisata unggulan juga bisa dikelola dengan baik.

Air terjun Gurung Nibung ini disebut juga oleh masyarakat setempat dengan nama Air terjun Batu Belimbing karena lokasinya berada di Kecamatan Belimbing Hulu Desa Nanga Raya.

Wisata Alam Air terjun Gurung Nibung memiliki tinggi sekitar 30 meter lebih dengan tekstur air terjun yang miring sekitar 45 derajat.

Kondisi aliran Wisata Alam Air terjun Gurung Nibung yang beringkat dan berundak undak inilah memiliki daya tarik tersendiri yang dari kejauhan seperti selendang putih yang melayang layang di tengah hutan belantara.

Alamat Wisata Alam Air terjun Gurung Nibung

Air terjun Gurung Nibung beralatkan di Kawasan Desa Nanga Raya, Kecamatan Belimbing Hulu, Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat 

Kodepost Air terjun Gurung Nibung : 79671

No telpon Air terjun Gurung Nibung : 085252342161 (Tourguide)

Jalur transportasi menuju Air terjun Gurung Nibung

Jarak tempuh lokasi Air terjun Gurung Nibung kurang lebih 2 jam dari Kota Nanga Pinoh dianjurkan menggunakan kendaraan roda dua saja karena medan yang jalan yang masih jalan tikus dan melewati jembatan gantung yang lebar sebadan motor saja. 

Sedangkan rutenya dari Nanga Pinoh - Tiong Keranjik dengan waktu tempuh 1 jam/ menggunakan roda empat dan dua dilanjutkan melewati Keberak -Piawas - Batu Selimbing/Nanga Raya dengan waktu tempuh 1 jam hanya menggunakan roda dua saja.

Setelah itu di pos pemberhentian kendaraan bermotor, dilanjutkan dengan berjalan kaki menelususri jalan setapak sekitar 15 menit.

Jika anda masih bingung ke lokasi Air Terjun Gurung Nibung serta ke Riam Pongga yang berdekatan jaraknya, anda tidak perlu khawatir, disana ada beberapa guide lokal yang siap mengantarkan anda sampai ke Air terjun Gurung Nibung.

Google Map Air terjun Gurung Nibung

Note : Jangan berpatokan pada Google map karana bisa salah dan tidak ada sinyal, Bawalah Tourguide/teman atau bertanya kepada para penduduk Desa Nanga Raya

Apa yang menarik di Air terjun Gurung Nibung ?

Wisata Alam Air terjun Gurung Nibung
Wisata Alam Air terjun Gurung Nibung

Wisata Alam Air terjun Gurung Nibung

Salah satu destinasi wisata alam alternatif di Kabupaten Melawi dan indah untuk dikunjungi adalah Air Terjun Gurung Nibung yang terletak di Dusun Batu Selimbing Desa Nanga Raya Kecamatan Belimbing Hulu Kabupaten Melawi. 

Wisata Alam Air terjun Gurung Nibung masih sangat alami dan layak untuk dikunjungi bagi anda yang menukai wisata alam  petualangan serta para pecinta alam.

Riam Pongga 

Aliran sungai Riam Pongga yang datar dan bebatuan
Aliran sungai Riam Pongga yang datar dan bebatuan
Selain itu ada juga di sisi hilir sungai ada yang namanya Riam Pongga yang tak kalah menariknya. Anda akan dimanjakan wisata river tubing yang menggunakan pelampung ban bisa anda bawa dari rumah atau menyewa dari penduduk/tourgude setempat untuk menyusuri Riam Pongga, waww cukup mengasikan juga yah. 

Tidak sampai disitu saja, di ujung perairan Riam Pongga ada tempat bermain air dengan bergelantung terjun ke sungai menggunakan akar akar tanaman liliana yang membelit pepohonan. Sungguh luar biasa keaslian alam Air terjun Gurung Nibung.

Pertanyaan yang sering diajukan di Wisata Alam Air terjun Gurung Nibung

Berapa tarif masuk menuju Wisata Alam Air terjun Gurung Nibung?
Karena belum dikelola, Wisata Alam Air terjun Gurung Nibung masih bebas untuk dikunjungi tanpa tarif tiket masuk.

Berapa tarif  jika menyewa jasa Tourguide menuju Wisata Alam Air terjun Gurung Nibung?
Untuk tarif sesuai penawaran mulai dari Rp.100.00-Rp. 300.000 menuju ke Wisata Alam Air terjun Gurung Nibung.

Apakah sudah ada fasilitas MCK di Wisata Alam Air terjun Gurung Nibung?
DI Wisata Alam Air terjun Gurung Nibung, belum tersedia toilet dan kamar ganti, namun di pemberhentian pos kendaraa terdapat pondok kecil ynag bisa anda gunakan untuk berganti pakaian dan MCK.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Wisata Alam Air terjun Gurung Nibung"