Review Hutan Albasia, Kubu Raya, Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Hutan Albasia adalah atau Hutan Albazia merupakan Wisata Hutan yang didominasi pepohonan albasia di Kabupaten Kubu Raya. Wisata ini sangat cocok untuk anda yang suka alam terbuka seperti camping, tidur tiduran diatas pohon dengan hamock, menikmati kesejukan dibawah pohon serta area spot foto bertemakan alam.

Objek Wisata Hutan Albasia, Kubu Raya, Kalimantan Barat foto
Objek Wisata Hutan Albasia, Kubu Raya, Kalimantan Barat foto

Wisata Hutan Albasia sangat cocok juga sebagai wisata edukasi, memperkenalkan hutan dan jenis pohon albasia kepada anak anak perkotaan, cara menanam padi, dan lain sebagainya.

Alamat Hutan Albasia

Hutan Albasia beralamatkan di Jl. Kiwi, Desa Kuala Dua, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat 
Kodepost Hutan Albasia : 78391
No telpon Hutan Albasia : 082253446275

Google Map Hutan Albasia

Jalur Transportasi menuju Hutan Albasia

Hutan Albasia berdekatan dengan objek wisata Danau Hoce & Cafe yang jaraknya hanya  3.2 Km atau sekitar 10 menit melalui Jalan Desa Kuala Dua.

Sedangkan dari Taman Dirgantara Lanud Supadio Kubu Raya menuju Hutan Albasia hanya sekitar 6.5 Km atau sekitar 15 menit berkendara melalui jalan KH. Abdurahman Wahid menuju jalan desa Kuala dua dan sampai ke jalan kiwi.

Apa yang menarik di Hutan Albasia

Pepohonan Albasia

Hutan Albasia didominasi dengan pepohonan albasia dengan ciri khas batang yang lurus lurus dan menjulang tinggi. Para pengunjung bisa menikmati alam ini sambil berjalan jalan di trotoar dengan lebar 1 meter mengitari Hutan Albasia.
Pepohonan Albasia di Hutan Albasia foto
Pepohonan Albasia di Hutan Albasia foto
Selain pepohonan juga dibangun gazebo gazebo yang lurus dan tertata rapi untuk tempat duduk dan istirahat para pengunjung.

Jika kondisi ramai, biasanya anda tidak kebagian tempat santai, jalan satu satunya dengan cara menyewa tikar yang disediakan pengelola, atau bisa bawa sendiri.

Jika anda membawa pasukan/orang banyak, baiknya membawa perbekalan nasi dan lauk pauk, setelah itu makan beramai ramai diatas tikar dibawah pohon albazia....waww..mantab betul.

Camping Area

Camping Area di Hutan Albasia Foto
Camping Area di Hutan Albasia Foto (@varesheeva)
Hutan Albasia ini biasa dipergunakan para pecinta alam untuk camping, bermalam di hutan yang tidak terlalu lebat, sambil main gitar, api unggun yang menghangatkan badan ketika malam tiba, walaupun disediakan penerangan lampu oleh pihak pengelola di malam hari.

Spot Foto, Prewedding

Spot Prewedding di Hutan Albasia
Spot Prewedding di Hutan Albasia
Untuk pecinta fotografer yang ingin mengabadikan momen alam terbuka disa datang kesini, apalagi untuk anda yang ingin mengabadikan momen prewedding, sangat cocok dengan bacground pepohonan albazia, rerumputan disana, berjalan jalan dan bersantai sambil mengabadikan momen makan makan bernuansa alam.

Olahraga Panahan

Olah raga Panahan di Hutan Albasia foto
Olah raga Panahan di Hutan Albasia foto
Terdapat juga olahraga panahan yang dosediakan pihak pengelola untuk para pengunjung disetiap hari minggu/hari libur dan akhir pekan. Pengunjung bisa menyewa dan berolahraga sambil berlatih pernafasan, keseimbangan dan konsentrasi bermain panahan.
Dan di hari hari tertentu, olahraga panahan ini diselenggarakan kompetisi panahan di kawasan hutan ini.

Wisata Edukasi

Biasa di Hutan Albasia dipergunakan anak anak sekolah berkegiatan dan berkreasi di area ini. Pada musim menanam padi, pera pengunjung juga bisa menikmati sensasi bercocok tanam dilumpur sawah yang telah disediakan. 

Pertayaan yang sering ditanyakan di Hutan Albasia

Berapa tiket masuk ke Hutan Albasia?
Tarif retribusi harga tiket masuk ke Hutan Albasia Rp. 5000, 

Apakah tiket masuk di Hutan Albasia termasuk biaya parkir?
Biaya masuk tidak termasuk tiket masuk ke Hutan Albasia, untuk biaya parkir antara RP. 2000 - Rp.3000.

Sayang ingin camping disana tapi tidak punya perlengkapannya, apakah di Hutan Albasia disediakan tenda?
Ya, pihak pengelola menyediakan penyewaan mamock , tenda dan tikar. Untuk harga sewa hamock Rp.10.000, Tikar Rp.10.000, dan Tenda Rp. 35.000 - 40.000 (Untuk harga disetiap objek wisata berubah ubah sesuai kebijakan pengelola)
Fasilitas umum apa saja yang tersedia di Hutan Albasia?
Hutan Albasia menyediakan mushalla mini ,kamar mandi dan WC untuk para wisatawan yang datang.

Simak Video IG Hutal Albazia


YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Hutan Albasia, Kubu Raya, Kalimantan Barat"