Review Jembatan Gantung Keraton, Kubu Raya, Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Jembatan Gantung Keraton adalah Jembatan gantung yang menghubungkan Keraton Kubu dengan Desa Kubu. Jembatan ini merupakan salah satu icon Kabupaten Kubu Raya yang merupakan daerah yang kaya akan sungai-sungai perairan pinggir laut Provinsi Kalimantan Barat.

Jembatan Gantung Keraton Foto
Jembatan Gantung Keraton Foto

Jembatan Gantung Keraton memiliki panjang 84 meter ini sangat penting untuk membantu masyarakat desa Kubu dalam beraktifitas sehari-hari, sebagai jalan yang dilalui anak-anak bersekolah, serta jalur darat menuju Objek Wisata Sejarah Keraton Kerajaan Kubu.

Jembatan Gantung Keraton diresmikan oleh anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Syarief Abdullah Alkadrie dan Bupati Kubu Raya saat itu, Muda Mahendrawan  padat hari kamis, tanggal 24 Feb 2022.

Alamat Jembatan Gantung Keraton

Jembatan Gantung Keraton beralamatkan di Kawasan Taman Kubu Kuala Batang, Tanah Bertuah, Desa Kubu, Kecamatan Kubu, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Kodepost Jembatan Gantung Keraton :  78384

No telpon Jembatan Gantung Keraton : -

Google Map Jembatan Gantung Keraton

Jalur Transportasi menuju Jembatan Gantung Keraton

Jembatan Gantung Keraton berada di Kawasan Taman Tugu Kuala Batang yang menghubungkan ke Keraton Kubu.

Dari Kantor Camat Kubu menuju Jembatan Gantung Keraton hanya berjarak sekitar 700 meter atau lama waktu hanya 2 menit saja berkendara.

Sedangkan dari Kota Ibukota Pontianak atau dari Bandar Udara Internasional Supadio Kubu Raya menuju Jembatan Gantung Keraton melalui jalur darat melewati rasau menuju penyeberangan Sungai Bulan A -Kampung Baru dengan waktu tempuh sekitar 1 jam, dilanjutkan dengan menyeberang sungai kapuas menuju kampung baru.kemudian dilanjutkan perjalanan sekitar 1 jam menuju Desa Kubu ke Jembatan Gantung Keraton.

Apa yang menarik di Jembatan Gantung Keraton

Jembatan Gantung Keraton
Jembatan Gantung Keraton dari depan Foto
Jembatan Gantung Keraton dari depan Foto

Dinamakan Jembatan Gantung Keraton karana lokasinya berdekatan dengan keraton kubu, yang memudahkan akses dari daratan keraton kubu ke Desa Kubu.

Jembatan Gantung Keraton juga merupakan Kawasan Wisata Budaya Keraton Kubu, sebagai salah satu icon dan Objek Wisata Kabupaten Kubu Raya.

Jembatan Gantung Keraton dari tengah Foto
Jembatan Gantung Keraton dari tengah Foto

Keindahan bangunan jembatan yang membelah sungai, memancarkan daya tarik wisata yang bersejarah. Para pengunjung Keraton Kubu tidak perlu lagi menyeberang sungai untuk sampai disana. Berjalan kaki menyelusuri jembatan sambil swa selfie, berfoto meninggalkan jejak digital pernah mengunjungi lokasi ini.

Spot Foto dan Bersantai
Foto di Jembatan Gantung Keraton
Foto di Jembatan Gantung Keraton

Dipinggiran sungai terdapat bekas dermaga kecil yang sekarang dijadikan sebagai tempat swa foto dengan background Jembatan Gantung Keraton. Keindahan dan panjangnya jembatan, membuat foto semakin menarik.

Sekitar Jembatan Gantung Keraton juga memiliki area lapangan yang cukup luas, digunakan para pengunjung, bahkan Instansi pememritahan untuk berolahraga senam, bersantai duduk duduk dan masih banyak lagi.

Lokasi Shoting Album Kuburaya Menanjak
Lokasi shoting Kuburaya menanjak di Jembatan Gantung Keraton dari depan Foto
Lokasi shoting Kuburaya menanjak di Jembatan Gantung Keraton dari depan Foto

Dilla, artis asli Desa Pinang Dalam, Kubu Raya pernah shoting album yang berjudul "Kubu Raya Menanjak". DIlla berkeinginan untuk mempromosikan daerahnya sendiri dalam bentuk lagu, agar Kuburaya terutama di wilayah pedalaman bisa terangkat dan dikenal masyarakat luas melalui lagunya.

Dan Lagu ini disambut baik oleh Bupati Kubu Raya saat itu, Muda Mahendrawan dengan memberikan penghargaan kepada salah satu putri berbakat asal pinang dalam ini.

Pertanyaan yang sering ditanyakan di Jembatan Gantung Keraton

Berapa tarif masuk ke Jembatan Gantung Keraton?

Jembatan Gantung Keraton adalah area publik, sehigga tidak ada retribusi tiket masuk.

Apa saja disekitar Jembatan Gantung Keraton?

Disekitar Jembatan Gantung Keraton terdapat Kantor UPT Dinas Pendidikan Kubu, Taman Tugu Kuala Batang, Dermaga Motor Air Kubu, deretan cafe-cafe dipinggiran sungai, serta diseberangnya terdapat wisata Sejarah Keraton Kubu.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Jembatan Gantung Keraton, Kubu Raya, Kalimantan Barat"