Review Pantai Klayar Pacitan, Jawa Timur

 Pancurajipost.com - Pantai Klayar Pacitan adalah Pantai dengan pesona ombak yang besar serta memiliki pasir putih membentang luas yang diapit oleh bukit- bukit kecil batu karang. 

Pengunjung yang datang ke pantai ini dilarang untuk berenang karena ombaknya yang cukup besar. Namun karena keindahan pantainya, air yang sejernih kristal, gemuruh air yang saling bersautan, bebatuan karang yang menyimpan misteri membuat pantai ini menjadi salah satu tujuan wisata baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Pasir Putih Pantai Klayar
Pasir Putih Pantai Klayar Foto (hafiz andriansyah)

Batu-batu karang di sisi pantai menjulang tinggi, padat, keras menyerupai patung singa (Sphinx) di Negara Mesir yang sesekali dihantam derasnya air laut yang jernih menimbulkan suara gemuruh penuh arti.

Selain itu, jika anda ingin mengelilingi pantai, ada fasilitas motor ATV yang disediakan pihak pengelola yang bisa anda coba.

Untuk anda penggemar makanan seafood juga tersedia disini serta yang ingin menginap juga tersedia berderet homestai dikawasan Pantai Klayar Pacitan.

Alamat Pantai Klayar Pacitan

Pantai Klayar Pacitan beralamatkan di Jl. Pantai Klayar, Dusun Kendal, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Kodepost Pantai Klayar Pacitan : 63554

No telpon Pantai Klayar Pacitan : 082331131983 (Desa Wisata Sendang)

Email Desa Wisata Sendang : wildantasya@gmail.com

Google Map Pantai Klayar Pacitan

Jalur Transportasi menuju Pantai Klayar Pacitan

Geser gambar untuk melihat sekeliling dari atas Pantai Klayar

Dari Bandara Juanda International Airport Surabaya menuju Pantai Klayar Pacitan sekitar 300 Km atau sekitar 5 jam 41 menit.

Dari Bandara Adi Soemarmo International Airport Surakarta menuju Pantai Klayar Pacitan hanya berjarak sekitar 118 Km atau hanya 2 jam 51 menit menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat.

Dari Bandara Yogyakarta International Airport menuju Pantai Klayar Pacitan hanya berjarak sekitar 133 Km atau sekitar 3 jam 30 menit.

Sedangkan dari Kota Pacitan menuju Pantai Klayar Pacitan hanya berjarak sekitar 30 Km atau sekitar 1 jam berkendara.

Apa yang menarik di Pantai Klayar Pacitan

1. Pantai Pasir Putih

Geser gambar untuk melihat sekeliling Pasir putih Pantai Klayar Pacitan

Pantai Klayar Pacitan memiliki bentangan pantai berpasir putih. Yang berbeda dengan pantai pantai lainnya adalah sepanjang pasir pantai dibatasi dengan bebatuan karang yang landai kemudian air laut dengan sisi kanan dan kiri dibatasi berbukitan batu karang.

Untuk ombak di Pantai Klayar Pacitan cukup besar, Pengunjung dilarang untuk berenang, hanya bisa bermain di area pasir pantai. Untuk anda yang ingin naik ke batu karang bisa juga, namun anda rambu-rambu batas aman yang harus anda patuhi.

Pada pinggir pantai terdapat gazebo-gazebo baik gazebo dari pedagang yang menjual makanan dan minuman juga gazebo yang disediakan oleh Pemerintah setempat untuk anda yang ingin duduk duduk santai sambil memandang ganasnya ombak lautan.

Sekeliling gazebo ditumbuhi deretan pepohonan kelapa sebagai ciri khas pantai. Pengunjung bisa melihat aktifitas para warga yang sedang memanjat pohon kelapa untuk memanen buah kelapa muda untuk di jual atau juga ada yang sedang mengambil airnya saja dari atas pohon untuk dijadikan bahan gula jawa.

2. Batu Karang

Geser gambar untuk melihat sekeliling Batu Karang Pantai Klayar Pacitan

Pantai Klayar Pacitan di apit oleh bukit bukit batu karang yang menjulang cukup tinggi, mungkin diakibatkan oleh terus menerusnya terjangan ombak menerjang bebatuan yang membuat bebatuan karang menjadi seperti patung.

Di area ini menjadi salah satu lokasi favorit para pengunjung yang datang karena lolasinya cukup dingin dan enak untuk duduk duduk, berfoto sambil menikmati cemilan.

Tidak salah jika area batu karang ini mirip dengan deretan Sphinx di Negara Mesir, sungguh indah berada di area ini sambil mengabadikan moment berfoto.

Batu Karang Pantai Klayar
Batu Karang Pantai Klayar Foto (San Ristha)

3. Seruling Laut

Seruling laut di pantai klayar
Seruling laut di pantai klayar Foto (Idonesiakaya)
Selain batu karang dan pantai yang berpasir putih, Pantai Klayar Pacitan terdapat peristiwa alam yang unik yang disebut oleh masyarakat sekitar yanitu Seruling Laut.

Seruling laut adalah bebatuan karang yang berongga tembus ke permukaan, ketika ombak air laut datang mengisi rongga dibebatuan tersebut maka terjadi tekanan yang cukup kuat mengakibatkan semburan ke atas seolah sebuah air mancur raksasa yang bisa mencapai ketinggian sekitar 10 meter.

Ketika semburan air terjadi diiringi dengan lantunan suara mirip siulan, Oleh karena itu masyarakat menyebutnya Seruling Laut.

Serulig laut di Pantai Klayar
Serulig laut di Pantai Klayar Foto (Adriyan Wisnu)

4. Motor ATV

Keseruan makin menjadi ketika ada mencoba permainan motor ATV di area Pantai Klayar Pacitan. Anda bisa menyewa motor ATV ini untuk berkeliling pantai, melihat pemandangan laut dan batu karang serta merasakan tiupan angin yang semakin kencang diatas motor ATV.

Motor ATV di Pantai Klayar
Motor ATV di Pantai Klayar Foto (Saesare Shaquille)

Untuk harga sewa motor ATV di Pantai Klayar Pacitan sekali putar dengan sopirnya Rp. 75.000, sedangkan jika anda sendiri yang menyetir biaya lebih mahal sekitar Rp. 100.000. Note : Harga bisa berubah.

5. Kuliner  

Kuliner di Pantai Klayar
Salah satu Kuliner seafood di Pantai Klayar yaitu Rumah makan dan Homestay Larasati

Area Pantai Klayar Pacitan terdapat rumah makan yang enak, menyajikan makanan seafood berupa kepiting besar, udang besar, berbagai macam ikan laut, sayuran dan lain lain.

Anda bisa memilih makann yang yang seperti prasmanan, atau bisa pesan makanan yang baru dibuat, sehingga masih terasa segar dan hangat.

Sambil menikmati seafood, anda bisa melihat ke laut, memandang indahnya pantai dan semilirnya angin serta suara ombak bergemuruh.

6. Homestay

Homestay di Pantai Klayar
Salah satu Homestay di Pantai Klayar yaitu Aries Homestay
Selain kulinernya, Pantai Klayar Pacitan memiliki deretan homestay dengan pemilik yang berbeda beda. Anda bisa memilih homestay mana yang menurut anda cocok, bersih, mudah, dan yang paling penting bisa melihat langsung pemandangan pantai dan laut.

Berikut Nomor nomor homestay dan Rumah makan persis di pinggir pantai yang bisa anda hubingi :

  • Rumah makan dan Homestay Larasati : 085328465335
  • Rumah Makan Samudra : 085232890044
  • Homestay Kinasih : 085330322211
  • Rumah Makan Sunset :085235920347
  • Aries Homestay : 081217156328
  • AZKA HOMESTAY : 082284880202
  • Homestay Mukidi : 085259822227
  • Homestay Dua Putra Pantai Klayar : 082228927231
  • Rumah makan pak har Mak Mur : 085235066994
  • Dan masih banyak lagi disekitar atas bukit dekat parkiran kendaraan.

7. Sunset

Sunset di Pantai Klayar
Sunset di Pantai Klayar Foto (Astari Vernideani, Miss Tourism International 2018)
Terasa kurang lengkap jika setiap pantai tidak ada sunsetnya. Untuk sunset disini terlihat jelas walau sedikit terhalag perbukitan batu karang, namun tidak mengurangi keindahan sunset di sore hari.

Angin yang semakin dingin, dengan cahaya matahari kekunung-kunigan membuat anda semakin mencintai maha karya ciptaan Tuhan.

8. Klayar Hill

Klayar hil Pantai Klayar Pacitan
Klayar hil Pantai Klayar Pacitan Foto (Wasito)
Sisi bagian kiri pantai klayar terdapat bukit yang dinamakan Klayar Hill. Diatas bukit sangat lapang, dibangun beberapa permainan seperti ayunan, kursi dan meja untuk santai, spot foto memandang arah pantai dan lain sebagainya.

Pemandangan dari atas Klayar Hill sangat mempesona, bentangan batu karang dan pasir putih terlihat luas dan jelas.

Harga tiket masuk ke Klayar Hill Rp. 5000/orang. Note : Harga bisa berubah.

Pertanyaan yang sering ditanyakan di Pantai Klayar Pacitan

Berapa tiket masuk ke Pantai Klayar Pacitan?

Harga tiket masuk ke Pantai Klayar Pacitan Rp. 15.000 untuk dewasa dan Rp. 10.000 untuk anak anak.

Apakah kendaraan baik roda empat dan dua bisa langsung sampai ke Pantai Klayar Pacitan?

Ya, namun parkiran di area Pantai Klayar Pacitan cukup jauh, anda harus berjalan kaki menuju pantai, kalau tidak ingin jalan kaki, anda bisa menyewa ojek/kendaraan motor menuju bibir pantai dengan harga Rp. 5000/orang.

Berapa sewa motor ATV di Pantai Klayar Pacitan?

Biaya sewa motor atv di Pantai Klayar Pacitan Rp. 75.000 sekali jalan dengan supir. Jika anda sendiri yang menyetir RP. 100.000 sekali jalan.

Apakah ada MCK di Pantai Klayar Pacitan?

Ya, Pantai Klayar Pacitan meyediakan kamar ganti, toilet dan fasilitas lainnya berupa Mushalla.

Kapan waktu yang tepat menuju ke Pantai Klayar Pacitan?

Karena udaranya panas, dianjurkan menuju Pantai Klayar Pacitan ketika pagi atau sore hari, agar kulit anda tetap terjaga dan mulus. Selain itu sore hari bisa menikmati sunset yang indah.

Kapan buka dan tutup Pantai Klayar Pacitan?

Pantai Klayar Pacitan buka 24 jam, hanya saja warung warung makanan sebagian tutup.

Untuk berita terupdate Pantai Klayar Pacitan, Kepoin instagramnya

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Pantai Klayar Pacitan, Jawa Timur"