Review Air Terjun Sambora, Mempawah, Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Air Terjun Sambora adalah air terjun di tengah hutan Desa Sambora yang berada di Mempawah dan berdekatan dengan Kabupaten Landak.

Lokasi Air Terjun Sambora cukup mudah untuk dilalui kendaraan roda empat dan dua, namun untuk kendaraan roda empat hanya bisa sampai ke perkampungan warga saja, selanjutnya jalan kaki atau menggunakan motor.

Air Terjun Sambora, Mempawah, Kalimantan Barat
Air Terjun Sambora, Mempawah, Kalimantan Barat Foto (vantax media)

Air terjun ini masih banyak yang belum tahu dan kurang populer karena letaknya yang jauh dari perkotaan, Namun Pesona Air dan Pesona alamnya membuat siapa saja jatuh hati, apalagi jika anda sudah merasakan berendam di kolam bawah Air Terjun Sambora akan terasa segar, rasa lelah perjalanan, haus akan terobati seketika.

Alamat Air Terjun Sambora

Air Terjun Sambora beralamatkan di Kawasan hutan Desa Sambora, Kecamatan Toho, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat.

Kodepost Air Terjun Sambora :  79355

No telpon  Air Terjun Sambora : -

Google Map Air Terjun Sambora

Note : Untuk anda yang ingin kesana, usahakan jangan menggunakan google map, Namun bertanyalah kepada warga sekitar yang lewat meminta petunjuk jalur yang sesuai, Karena hutan akan berbeda sekali titik lokasinya, belum lagi jika tidak ada sinyal.

Jalur Transportasi menuju Air Terjun Sambora

Dari Pusat Kota Memppawah atau Tugu Patung Pak Tani Mempawah menuju ke Air Terjun Sambora hanya berjarak sekitar 46.9 Km atau sekitar 1jam 15 menit menggunakan kendaraan roda dua dan empat melewati Jalan Anjungan ke simpang salatiga-landak belok kiri arah Desa Sambora.

Sedangkan dari Kota Pontianak atau Tugu Digulis Kalimantan Barat menuju Air Terjun Sambora jaraknya hanya 92,9 atau sekitar 2 jam 17 menit menuju Andjongan, diteruskan ke simpang salatiga-landak belok kiri arah Desa Sambora.

Apa yang menarik di Air Terjun Sambora

1. Air Terjun di Tengah Hutan

Air Terjun Sambora, Mempawah, Kalimantan Barat
Air Terjun Sambora, Mempawah, Kalimantan Barat Foto 9made fatahillahtkj2017)
Perjalanan menuju Air Terjun Sambora dimulai dengan jalan aspal, jalan berbatu, sampai jalan tikus menanjak. Anda akan melihat kanan dan kiri pepohonan rindang.

Mendekati air terjun anda akan melihat bebatuan besar yang tersusun rapi menanjak sampai akhirnya anda bisa melihat Air Terjun Sambora dari balik dedaunan.

Air Terjun Sambora memiliki beberapa tigkatan dan masing masing tingkat ada kolam yang cukup luas dengan kedalaman sekitar paha sampai leher orang dewasa tergantung dari curah hujan saat itu.

Recomended datang kesini ketika musim hujan namun ketika cuaca cerah, jalanan licin ketika hujan menjadi penghalang namun musim penghujan menimbulkan arus air Air Terjun Sambora yang cukup banyak dan indah ketika dijadikan objek foto bersama rekan rekan anda.

Bebatuan di Air Terjun Sambora
Bebatuan di Air Terjun Sambora Foto (Krasan Projec)

Dibawah kolam Air Terjun Sambora, mengalir aliran sungai kecil berbatu dengan kanan dan kiri ditumbuhi pepohonan yang menjulang tinggi serta akar akar pohon yang berlalu lalang diarea bebatuan, menambah indahnya suasana alam borneo di tengah hutan.

2. Wisata Edukasi dan Penelitian

Wisata Penelitian Air Terjun Sambora
Wisata Penelitian Air Terjun Sambora Foto (Krasan Projec)
Lokasinya ditengah hutan namun sangat mudah dilalui dengan berjalan kaki, recomended untuk wisata edukasi, pengenalan berbagai tumbuhan, pepohonan kepada siswa atau juga untuk wisata penelitian berbagai flora dan fauna di Air Terjun Sambora.

Di Air Terjun Sambora masih terdapat pepohonan langka seperti belian, beringin dan lain lain yang sudah jarang kita jumpai akibat perluasan lahan untuk ekonomi seperti kelapa sawit.

3. Traking

Jalanan yang menanjak akan membuat nafas anda tersengal sengal antara 15 - 20 menit perjalanan,  namun karena dinginnya area traking membuat suasana nyaman untuk berjalan kaki memanjat bebatuan.

Anda harus hati-hati, banyak tebing dalam yang dilalui untuk menuju kearah tingkatan Air Terjun Sambora. 

Biasanya pengunjung yang datang suka menikmati tingkatan yang ke 3 karena air terjunnya yang cukup tinggi dan indah untuk dinikmati sambil berenang dan berfoto.

3. Adat dan Istiadat

Air Terjun Sambora berlokasi di kawasan hutan Desa Sambora yang memiliki kearifan lokal yang kuat, harus dijaga kelestariannnya.

Pengunjung yang datang ke Air Terjun Sambora harus mematuhi segala peraturan yang dibuat dan tertulis jelas di pintu masuk wisata Air Terjun Sambora diantaranya :

  • Dilarang buang air besar dan kecil di sungai
  • Dilarang buang sampah di riam/air terjun dan sungai
  • Dilarang mesum
  • Dilarang memasuki area meditasi sakral

Aturan dibuat pasti ada sebabnya, jadi alangkah baiknya anda mematuhi segala peraturan di Air Terjun Sambora.

Hutan adalah Kawasan yang mempunyai penghuni, baik tumbuhan, hewan atau mungkin yang tidak bisa dilihat oleh anda namun ada disekitar anda. Jadi aturan dibuat hanya untuk memperlancar perjalanan anda sampai ke Air Terjun Sambora dan balik lagi dengan aman dan nyaman.

Pertanyaan yang sering diajukan di Air Terjun Sambora

Apakah ada tiket masuk di Air Terjun Sambora?

Harga tiket masuk ke Air Terjun Sambora belum ada yang mengelola, jadi masih gratis. Hanya masyarakat sekitar yang inisiatif membangun jalan untuk mempermudah perjalanan, jadi jika ada msyarakat yang meminta tarif anda harus memberikan, sebagai bagian dari mendukung kemajuan wisata Air Terjun Sambora. Karena " Kedatangan anda memberi berkah".

Apakah sudah ada MCK di Air Terjun Sambora?

Belum terbangun sarana prasarana MCK di Air Terjun Sambora.

Apakah boleh membawa makanan dan minuman ke Air Terjun Sambora?

Ya, namun ketika anda menuju ke hutan, ada nilai nilai tradisi yang harus anda patuhi. Bertanyalah kepada warga sekitar atau bila perlu Tetua adat, larangan makanan apa yang tidak boleh di Air Terjun Sambora.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Air Terjun Sambora, Mempawah, Kalimantan Barat"