Tugu Patung Pak Tani Mempawah, Icon Kota Mempawah Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Tugu Patung Pak Tani Mempawah adalah salah satu icon dan landmark Kota Mempawah yang berbentuk patung yang memegang cangkul di tangan kanannya dan tangan kiri memegang padi dan Kepala mengenakan tudung/caping khas Para Petani.

Tugu Patung Pak Tani Mempawah, Icon Kota Mempawah Kalimantan Barat
Tugu Patung Pak Tani Mempawah, Icon Kota Mempawah Kalimantan Barat

Tugu Patung Pak Tani Mempawah berada di persimpangan pertigaan jalan sebagai ucapan selamat datang memasuki Kota Kabupaten Mempawah.

Tugu Patung Pak Tani Mempawah juga sebagai penanda bahwa Kabupaten Mempawah merupakan salah satu daerah yang banyak menghasilkan produk pertanian diantaranya Padi dan buah buahan disamping terkenal dengan hasil lautnya yang melimpah.

Alamat Tugu Patung Pak Tani Mempawah

Tugu Patung Pak Tani Mempawah beralamtkan di Simpang 3, Kelurahan Tengah, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat.

Kodepost Tugu Patung Pak Tani Mempawah :  78912

No telpon Tugu Patung Pak Tani Mempawah : -

Google Map Tugu Patung Pak Tani Mempawah

Jalur Transportasi menuju Tugu Patung Pak Tani Mempawah

Geser gambar untuk melihat seluruh simpang tiga Tugu Patung Pak Tani Mempawah

Tugu Patung Pak Tani Mempawah tidak jauh dari Taman Bestari mempawah yang jaraknya hanya sekitar 50 meter saja, Berseberangan dengan RSUD dr. Rubini mempawah, Kejaksaan Negeri Mempawah serta Terminal Pujasera Mempawah.

Tugu Patung Pak Tani Mempawah juga sebagai jalur perlintasan untuk menuju Ke Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Apa yan menarik di Tugu Patung Pak Tani Mempawah

1. Icon Tugu


Tugu Patung Pak Tani Mempawah adalah salah satu icon di Kabupaten mempawah yang berada di pusat kota.

Jika anda belum melihat Tugu Patung Pak Tani Mempawah ini ketika berkunjung ke mempawah berarti belum sah ke Kota Mempawah.

Sesuai namanya, Tugu Patung Pak Tani Mempawah berdiri patung seorang lelaki yang hanya mengenakan celana pendek dengan menggunakan topi petani/caping. Sebelah kiri memegang selantong beras yang diangkat tinggi setinggi leher, sedangkan tangan kanan memegang cangkul yang diarahkan kebawah.

Ukiran patung perjuangan di Tugu Patung Pak Tani Mempawah
Ukiran patung perjuangan di Tugu Patung Pak Tani Mempawah Foto (Muhtadi Official)
Dibawah patung terdapat ukiran manusia yang melambangkan perjuangan kehidupan masyarakat dulu di masa kesengsaraan/zaman penjajah.

Makna Tugu Patung Pak Tani Mempawah

Setiap tugu di suatu daerah pasti ada maksud dan tujuan, misalnya untuk mengenang tokoh pahlawan, untuk menunjukan kepada Dunia tentang asal usul kota atau mata pencaharian sehari hari masyarakat sekitar.

Tugu Patung Pak Tani Mempawah memiliki makna diantaranya:

Sekarung padi yang diangkat setingi leher sebagai simbol Kabupaten Mempawah sebagai Kabupaten yang berkecukupan pangan, hasil melimpah dari berbagai Kecamatan yang dapat menutupi Kebutuhan pangan dalam Kabupaten.

Cangkul yang menghadap kebawah adalah Pemerintah Kabupaten Mempawah berserta masyarakat bekerja keras untuk memajukan Kabupaten Mempawah untuk suplus Swasembada pangan, Wisata, kehutanan, pertambangan dan lain lain.

Topi Petani/caping yang dipakai melambangkan Kabupaten Mempawah adalah Kabupaten yang mengayomi seluruh lapisan Masyarakat yang memiliki berbagai suku, agama,serta adat budaya.

Muka dan badan tegak menghadap lurus kedepan adalah melambangkan cita cita seluruh masyarakat mempawah yang Optimis dan percaya diri melangkah kedepan dengan tantangan dan rintangannya, tanpa lelah, tanpa menyerah, terus maju untuk menjadi Kabupaten yang makmur dan disegani di Indonesia.

Ukiran lambang keraton dan dayak di Tugu Patung Pak Tani Mempawah
Ukiran lambang keraton di Tugu Patung Pak Tani Mempawah Foto (Muhtadi Official)

Di bawah patung terdapat ukiran keris, payung, alat musik keraton sebagai lambang bahwa Kabupaten Mempawah adalah dahulunya salah satu Kawasan Kerajaan yang memiliki kekuasan dan berpengaruh pada masanya.

2. Taman

Taman di Tugu Patung Pak Tani Mempawah
Taman di Tugu Patung Pak Tani Mempawah
Dibelakang Tugu Patung Pak Tani Mempawah ada mini taman yang ditumbuhi rerumputan hijau yang rapi, serta tanaman dan bunga bunga indah yang di letakan di pot besar. Pot Pot ini juga bisa dijadikan sebagai tempat duduk untuk para pengunjung yang ingin bersantai. 

Namun karena area ini adalah area persimpangan, tidak direkomendasikan untuk menyeberang ke tugu ini karena berbahaya bagi anda dan dihawatirkan akan mengganggu pengguna kendaraan yang melitas di jalur yang lumayan ramai di jam-jam tertentu.

Pertanyaan yang sering ditanyakan di Tugu Patung Pak Tani Mempawah

Apakah Tugu Patung Pak Tani Mempawah tempat wisata?

Tugu Patung Pak Tani Mempawah adalah tugu persimpangan tiga sehingga bukan tempat wisata.

Apakah boleh berfoto dan bersantai di area Tugu Patung Pak Tani Mempawah?

Lokasinya yang di simpang tiga tidak diajurkan untuk ke Tugu Patung Pak Tani Mempawah. Jika anda ingin bersantai dan berfoto, anda bisa mengambil gambar namun dari seberang patung. 

Atau bisa bermain ke taman Bestari Mempawah yang memang untuk anda yang ingin bersantai dan berfoto-foto ria.

Apakah Tugu Patung Pak Tani Mempawah ada MCK?

Tugu Patung Pak Tani Mempawah adalah tugu dipersimpngan jalan, jadi tidak ada MCK nya karena lokasi ini bukan untuk bersantai dan berfoto-foto.

Kapan Tugu Patung Pak Tani Mempawah dibangun?

Dari catatan di Tugu Patung Pak Tani Mempawah bahwa Tugu ini dibangun da diresmian oleh Bupati Pontianak waktu itu Bapak Gusti Usman Idri ditanda tangani pada tanggal 17 Agustus 1977

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Tugu Patung Pak Tani Mempawah, Icon Kota Mempawah Kalimantan Barat"