Review Taman Teras Parit Nanas Siantan - Pontianak, KalimantanBarat

 Pancurajipost.com - Taman Teras Parit Nanas adalah Waterfront di kawasan kumuh di bawah jembatan dan tepian sungai landak (Landak Twin Bridge) yang disulap menjadi kawasan yang bersih dan rapi serta menjadi salah satu tujuan wisata di Pontianak.

Taman Teras Parit Nanak
Front Taman Teras Parit Nanak

Taman Teras Parit Nanas merupakan program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) yang dibangun oleh Kementrian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) yang sekarang pengelolaannya diserahkan ke Pemerinah kota Pontianak pada tanggal 15 September 2021. 

Setelah serah terima pegelolaan ke Pemerintah Kota Pontianak, di Taman Teras Parit Nanas juga akan dikembangkan dan ditambah berbagai fasilits lainnya seperti spot-spot ruang terbuka hijau, kuliner, taman bermain dan bersantai dan lain lain.

Menurut Aswin G Sukahar, Kepala Project Management Unit (PMU) National Slum Upgrading Program (NSUP) Program KOTAKU mengatakan bahwa pada penataan Teras Parit Nanas menghabiskan anggaran dari APBN sekitar Rp.12 miliar yang panjangnya sekitar 2(dua) ribu meter.(15/9/2021).

Alamat Taman Teras Parit Nanas

Taman Teras Parit Nanas beralamatkan di Jl. Sultan Hamid II Kelurahan Siantan Hulu, Kecamatan Pontianak Utara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Kodepost Taman Teras Parit Nanas: 78243

No telpon Taman Teras Parit Nanas :-

Google Map Taman Teras Parit Nanas

Jalur Transportasi menuju Taman Teras Parit Nanas

Geser gambar untuk melihat dari atas seluruh kawasan Taman Teras Parit Nanas Siantan

Taman Teras Parit Nanas berada dibawah tepian sungai landak (Landak Twin Bridge) 

Masyarakat dari Kabupaten Sanggau, Sekadau, Sintang dan Malaysia dari Pintu PLBN Entikong.  Patokan dari Tugu Ali Anyang menuju Taman Teras Parit Nanas sekitar sekitar 6.8 Km  atau sekitar 15 menit berkendara melalui Jl. Ahmad Yani lurus dan belok kanan ke Jembatan Landak Twin Bridge menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat.

Sedangkan Para turis yang datang dari luar melalui pintu masuk Bandara Internasional Supadio atau Taman Dirgantara Lanud Supadio Kubu Raya menuju Taman Teras Parit Nanas berjarak sekitar 19.5 Km atau sekitar 36 menit berkendara melalui jalan arteri supadio, jl. Jend. Ahmad Yani menuju  Bundaran Tugu Digulis belok kanan menuju Jl. Imam Bonjol  ke jembatan Landak Twin Bridge.

Apa yang menarik di Taman Teras Parit Nanas

1. Waterfront

Front Taman Teras Parit Nanas Foto
Front Taman Teras Parit Nanas Foto (Guan Yu Xiaomi)
Taman Teras Parit Nanas dibangun waterfront tepat di bibir sungai ladak dan dibawah jembatan. Terdapat tulisan besar bertuliskan "TERAS PARIT NANAS" dan dilegkapi dengan beberapa tanaman bunga.

Area ini biasa digunakan pengunjung untuk duduk - duduk santai dan berfoto, serta berdiri memadang view sungai landak yang di atasnya berdiri dua jembatan megah (Landak Twin Bridge), mempesona apalagi jika sore hari akan terasa suasana ramainya di lokasi ini.

2. Kursi Duduk Unik

Kursi Duduk Unik di Taman Teras Parit Nanas Foto
Kursi Duduk Unik di Taman Teras Parit Nanas Foto (Sri Jumaini)
Di area Waterfront dekat jembatan di Taman Teras Parit Nanas terdapat kursi kursi bulat yang tidak ada sandaranya. Biasa dipergunakan masyarakat untuk duduk santai dan berfoto ria.

Karena kursinya tidak ada sandarannya, ya anda harus berhati hati agar tidak jatuh. Kursi unik ini jarang ditemudi Objek wisata di Pontianak.

3. Taman bermain

Taman Bermain di Taman Teras Parit Nanas Foto
Taman Bermain di Taman Teras Parit Nanas Foto
Ada sekitar 200 meter, taman di Teras Parit Nanas yang dibangun jalan meliuk liuk seperti spiral, dengan kanan dan kiri diumbuhi rerumputan yang hijau dan rapi.

Ada juga beberapa tumbuhan yang ditanam dipot besar melingkar yang bisa digunakn untuk tempat duduk para pengunjung.
Taman cantik di Taman Teras Parit Nanas Foto
Taman cantik di Taman Teras Parit Nanas Foto (mursam asnawi)

4. Jalan Trotoar

Jalan Trotoar di Taman Teras Parit Nanas Foto
Jalan Trotoar di Taman Teras Parit Nanas Foto
Di bangun jalan trotoar khusus pejalan kaki di Taman Teras Parit Nanas. Jalan jalan ini dilengkapi dengan pagar pembatas sungai agar aman untuk anak anak.

Jalan Trotoar ini juga dilengkapi dengan lampu lampu, hiasan hiasan sepanjang jalan serta tempat duduk duduk yang diatasnya ada atapnya.
Jalan Trotoar di Taman Teras Parit Nanas Foto
Jalan Trotoar di Taman Teras Parit Nanas Foto (mursam asnawi)

5. Tempat Olahraga 

Area Taman Teras Parit Nanas yang dulunya sangat kumuh sekarang telah menjadi kawasan yang bersih dan indah, Kawasan ini sering dijadikan kawasan untuk olahraga para ibu ibu seperti senam dan jalan santai.

Ada juga yang membawa sepeda, sepatu roda untuk sekedar berkeringat menelusuri jalanan trotoar dan area taman.

Pertanyaan yang sering ditayakan di Taman Teras Parit Nanas

Berapapa tarif masuk ke Taman Teras Parit Nanas?

Taman Teras Parit Nanas adalah kawasan Publik dan tidak ada tiket masuk, Namun Demikian yang datang kesini harus mematuhi peraturan diantaranya dilarang mencorat coret fasilitas didalamya serta dilarang membuang sampah sembarangan.

Apakah ada MCK di Taman Teras Parit Nanas?

Taman Teras Parit Nanas belum di bangun MCk, Namun tidak menutup kemungkinan kedepan akan di bangun MCK. Jika anda ingin keperluan MCk bisa menumpang di Warung terdekat.

Kenapa di Namakan Taman Teras Parit Nanas? Apakah disini banyak buah nanasnya?

Kawasan Siantan di Taman Teras Parit Nanas adalah Taman yang dibangun dengan iconic nama Nanas

Yang mana, dahulunya daerah siantan terkenal dengan nama parit nenas yaitu penghasil nanas dalam skala besar. Dulu bisa anda jumpai pohon pohon nanas berderet di jalan 28 oktober.

Namun sayang, Seiring waktu karna tuntutan ekonomi dan pembangunan, Para petani nanas kebanyakan menjual lahan tersebut karena Prospek Ekonomi buah nenas kurang menguntungkan saat itu. dan sekarang tidak terlihat lagi ada tanaman nanas dari pinggir-pinggir jalan raya.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Taman Teras Parit Nanas Siantan - Pontianak, KalimantanBarat"