Review Pantai Mangrove Tanjung Burung Mempawah Kalimantan Barat

 Pacurajipost.com - Pantai Mangrove Tanjung Burung adalah wisata pantai di Kabupaten Mempawah yang menawarkan keindahan pantai dan hutan mangrove. 

Pantai Mangrove Tanjung Burung terbentuk secara alami yang diakibatkan oleh faktor abrasi pantai. Dahulunya, Kawasan pantai ini merupakan persawahan padi masyarakat setempat serta kebun kelapa yang menjadi mata pencarian utama para penduduk setempat.

Pantai Mangrove Tanjung Burung Mempawah Kalimantan Barat
Pantai Mangrove Tanjung Burung Mempawah Kalimantan Barat Foto (Ajie Arief)

Lambat laun, Abrasi melanda, lokasi persawahan semuanya tenggelam menjadi lautan, diperkirakan lahan yang termakan abrasi sekitar 1 s/d 2 km dan yang tersisa adalah bagian pepohonan kelapa yang masih kokoh di pinggir pantai.

Karena Pengaruh abrasi ini maka, Pemerintah setempat terus mengupayakan konservasi dengan penanaman ribuan bibit pohon manggrove sepanjang pesisir pantai, sehingga pantai ini sekarang terkenal dengan sebutan "Pantai Mangrove Tanjung Burung".

Alamat Pantai Mangrove Tanjung Burung

Pantai Mangrove Tanjung Burung beralamatkan di Jalan Raya Serdang, Kelurahan Tanjung, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat.

Kodepost Pantai Mangrove Tanjung Burung : 78913

No telpon Pantai Mangrove Tanjung Burung : 

Google Map Pantai Mangrove Tanjung Burung

Jalur Transpotrasi menuju Pantai Mangrove Tanjung Burung

Geser gambar untuk melihat sekeliling desa menuju Pantai Mangrove Tanjung Burung dengan jarak sekitar 500 meter ke pantai.

Pantai Mangrove Tanjung Burung tidak terlalu jauh dari perumahan warga dan Kantor Kelurahan Tanjung yang jaraknya hanya 700 meter saja ke bibir pantai. Untuk kendaraan roda dua bisa langsung masuk ke lokasi, namun untuk mobil harus parkir di halaman rumah rumah warga. Setelah itu dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 500 meter saja menelusuri pepohonan kelapa.

Dari Kota Mempawah/Tugu Patung Pak Tani  ke Pantai Mangrove Tanjung Burung hanya berjarak sekitar 6.3 Km atau sekitar 15 menit berkendara menggunakan kendaraan roda dua dan empat melalui jalur dekat jalan A Djelani atau jalur agak jauh jalan A. rani menuju Jalan raya serdang.

Apa yang menarik di Pantai Mangrove Tanjung Burung

1. Wisata Pantai

Geser gambar untuk melihat sekeliling Pantai Mangrove Tanjung Burung

Anda akan melihat ciri khs pantai yang didominasi oleh tanaman pohon kelapa disekitar bibir pantai yang di cat warna warni, membuat pantai semakin indah dan terasa mengesankan.

Pasir putih yang membentang luas disertai dengan angin sepoi sepoi dari laut ke daratan yang membawa kesejukan para pengunjung yang datang.

Saat ini pengelolaan Pantai Mangrove Tanjung Burung di kelola oleh POKDWIS Konservasi Mangrove Pesisir yang telah bekerja keras untuk mengembangkan pantai ini menjadi Destinasi yang menyedot para pengunjung diantaranya dibangun jembatan gantung mini yang berwarna warni dan instagramable, kemudian pepohonan kelapa yang diberi cat warna warni, menambah keindahan pantai serta penanaman bibit pohon mangrove yang didukung oleh Pemerintah Setempat.

Suasana pantai di  Pantai Mangrove Tanjung Burung Foto
Suasana pantai di  Pantai Mangrove Tanjung Burung Foto (IG balad.view)

Pantai Mangrove Tanjung Burung telah ramai dikunjungi dan dikelola dengan sagat baik, Namun pemolesan kawasan harus ditingkatkan sehingga akan menjadi Potensi tujuan destinasi favorit pengunjung seperti Pantai Pasir Panjang di Singkawang dan Pantai Nusa Dua Bali.

Jika semakin viral dan semakin instagramable dengan sendirinya para Investor akan mendekat dan membangun hotel, homestay, dan kemungknan bisa membantu mendanai pengelolaan pantai, yang berakibat pada kemajuan dan peningkatan pendapatan daerah setempat serta masyarakat sekitar yang akan memanen pundi pundi uang dari hasil penjualan kuliner, sewa jasa, cendramata dan masih banyak lagi.
Gubuk Kecil di Pantai Mangrove Tanjung Burung
Gubuk Kecil di Pantai Mangrove Tanjung Burung (IG irgfhrzk)

Untuk waktu berkunjung teramai di Pantai Mangrove Tanjung Burung, biasanya  ketika akhir pekan liburan sabtu dan minggu.

2. Wisata Hutan Mngrove

Tanaman Mangrove di Pantai Mangrove Tanjung Burung Foto
Tanaman Mangrove di Pantai Mangrove Tanjung Burung Foto (Kingdom Herbal)
POKDWIS Konservasi Mangrove Pesisir bersama Pemerintah setempat telah bergerak untuk memperbaiki abrasi Pantai Mangrove Tanjung Burung dengan cara penanaman ribuan pohon mangrove yang bisa anda lihat disekitar bibir pantai.

Sehingga, kedepan Pantai Mangrove Tanjung Burung akan semakin hijau dan semakin indah untuk dinikmati dan menjadi tujuan wisata pantai dan mangrove yang sesuai dengan namanya.

3. Spot Foto dan Pre -Wedding Momen

Prewedding di Pantai Mangrove Tanjung Burung Mempawah
Prewedding di Pantai Mangrove Tanjung Burung Mempawah Foto (Bountex_photography)
Lokasi Pantai Mangrove Tanjung Burung biasa digunakan untuk mengabadikan momen seperti hunting foto, prewedding, karena kawasan ini sangat indah terutama jika anda ingin mencari pemotretan suasana alam.

Background dengan suasana pantai dengan langit birunya, background pepohonan kelapa yang lurus lurus, akan semakin mempercantik hasil jepretan momen special anda.

4. Sunset

Sunset di Pantai Mangrove Tanjung Burung Foto
Sunset di Pantai Mangrove Tanjung Burung Foto (Hijau Slim House Rumah Nutrisi)
Sore hari adalah waktu favorit para pengunjung yang datang. Terlihat jelas sunset yang bersinar sangat indah di atas lautan uang lama kelamaan tenggelam bertandanya waktu malam dan waktu tutup lokasi di Pantai Mangrove Tanjung Burung.

Suasana yang tepat memang pagi dan disore hari, karena cuaca dan kondisi angin yang sejuk. Di samping itu, Pantai Mangrove Tanjung Burung belum banyak tersedia gazebo gazebo untuk berlidung dari teriknya Matahari.

5. Mancing Mania

Mancing di Pantai Mangrove Tanjung Burung Foto
Mancing di Pantai Mangrove Tanjung Burung Foto (Edi Jumadi)
Pernahkan anda mancing di pinggir pantai, dibawah pohon kelapa?...Emm..patut dicoba, Hembusan angin di bawah pohon kelapa akan menambah sensasi strike ikan laut di Pantai Mangrove Tanjung Burung.

6. Fenomena Kulit Kerang

Fenomena kulit kerang di Pantai Mangrove Tanjung Burung Foto
Fenomena kulit kerang di Pantai Mangrove Tanjung Burung Foto (Amrul 31)
Di pinggiran bibir Pantai Mangrove Tanjung Burung, anda akan menemukan ribuan kulit kerang berbagai bentuk yang terbawa oleh ombak dan terdampar di atas pasir.

Fenomena ini jarag terjadi pantai pantai lainnya. Kulit kerang ini biasa digunakan untuk  hiasan bingkai foto. Jika anda tertarik bisa membawa karung untuk dibawa pulang dan di daur ulang menjadi kerajinan yang bernilai tinggi.

7. Kantin

Pantai dan Pohon Kelapa di Pantai Mangrove Tanjung Burung Foto
Pantai dan Pohon Kelapa di Pantai Mangrove Tanjung Burung Foto (Amrul 31)

Tersedia kantin di area Pantai Mangrove Tanjung Burung dengan jumlah terbatas anda bisa beristirahat dan makan disana dengan suasana pantai.

Hidangan yang ada disana adalah ciri khas pantai Es Kelapa Muda serta makanan ringan lainnya.

Pertanyaan yang sering ditanyakan di Pantai Mangrove Tanjung Burung

Berapa tarif masuk ke Pantai Mangrove Tanjung Burung?

Untuk tiket masuk ke Pantai Mangrove Tanjung Burung Rp. 3000/orang dengan parkir motor Rp. 2000 dan untuk mobil Rp. 15.000/orang sudah termasuk parkir. (Harga bisa berubah tergantung kebijaksanan POKDARWIS)

Apakah sudah ada MCK di Pantai Mangrove Tanjung Burung?

Pantai Mangrove Tanjung Burung belum menyediakan MCK, namun tidak menutup kemungkinan akan dibangun disana. Untuk MCK anda bisa numpang di kantin warga sekitar pantai yang terkenal ramah-ramah.

Apakah ada kantin di Pantai Mangrove Tanjung Burung?

Ya, di Pantai Mangrove Tanjung Burung terdapat kantin yang bisa anda pesan, sekaligus sebagai tempat anda beristirahat , jangan lupa sambil beli makanan yuah disana agar kedatangan anda membawa berkah warga sekitar.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Pantai Mangrove Tanjung Burung Mempawah Kalimantan Barat"