Review Mempawah Mangrove Park, Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Mempawah Mangrove Park adalah wisata hutan mangrove yang berada di pesisir pantai pinggir laut di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat.

Dahulu anda bisa menikmati keindahan putihnya pasir di kawasan Mempawah Mangrove Park ini, namun karena abrasi lokasi ini tenggelam dan banyak mengandung lumpur sepanjang area ini.

Pemandagan di Mempawah Mangrove Park Foto

Untuk mencegah abrasi di Mempawah Mangrove Park, Pemerintah, Pegiat lingkungan dan masyarakat setempat telah menggalakkan penanaman pohon mangrove disekitar pinggir laut yang sekarang anda bisa lihat telah tumbuh banyak sekali tanaman mangrove yang telah tinggi dan kawasan ini semakin hijau.

Selain itu Mempawah Mangrove Park dibangun berbagai fasilitas wisata yang setiap tahunnya mengalami penambahan-pemanbahan spot wisata diantaranya telah terbangun menara, berbagai bangunan spot foto, jembatan kayu yang melingkari area Mempawah Mangrove Park.

Alamat Mempawah Mangrove Park

Mempawah Mangrove Park Foto

Mempawah Mangrove Park beralamatkan di Desa Pasir, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat

Kodepost Mempawah Mangrove Park : 78919

No telpon Mempawah Mangrove Park :-

Google Map Mempawah Mangrove Park

Jalur Transportasi menuju Mempawah Mangrove Park

Geser gambar untuk melihat sekeliling pintu masuk ke Mempawah Mangrove Park dari jalan Ahmad Yani. 

Mempawah Mangrove Park tidak terlalu jauh dari Taman Makam Pahlawan Putra Bangsa Mempawah dan Wisata Nusantara Mempawah.  

Dari Kota Mempawah/Tugu Patung Pak Tani  ke Mempawah Mangrove Park hanya berjarak sekitar 5.5 Km atau sekitar 10 menit berkendara menggunakan kendaraan roda dua dan empat melalui jalan Kaden Kusno ke jalan Ahmad Yani.

Apa yang menarik di Mempawah Mangrove Park

Mempawah Mangrove Park Foto

1. Jembatan Kayu

Pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan hutan di Kawasan Mempawah Mangrove Park, sekeliling mangrove dibangun jembatan untuk para pengunjung yang ingin mengelilingi hutan sambil berjalan santai menikmati pemandagan laut dan pulau didepannya.

Mempawah Mangrove Park Foto
Kanan kiri jembatan kayu ditumbuhi pepohonan mangrove da jenis pepohonan lainnya. Semilir angin yang sejuk ditambah dengan pancaran angin dari pepohohan membuat suasana semakin sejuk dan menyenangkan hati siapa saja yan berada disini.
Mempawah Mangrove Park Foto
Selain jembatan jembatan kayu, anda juga bisa menikmati berbagai spot foto yang menarik seperti spot foto kupu kupu raksasa, jam dinding raksasa, serta masuh banyak lagi.
Mempawah Mangrove Park Foto
kupu kupu raksasa cantik di Mempawah Mangrove Park Foto

Mempawah Mangrove Park Foto
Pada ujung tepi laut terdapat spot foto menarik berupa teras pintu tanpa atap terdiri dari jendela dan pintu, sangat menarik jika dijadikan area spot foto. Wajar area ini sering menjadi favorit para pengunjung yang datang ke Kawasan Mempawah Mangrove Park.
Mempawah Mangrove Park Foto

2. Sunset

Sore hari merupakan waktu favorit para pengunjung yang datang ke Mempawah Mangrove Park. Selain udaranya yang dingin juga untuk menghindari dari sengatan sinar matahari di siang hari.
Sunset Mempawah Mangrove Park Foto
Selain sunsetnya, Sejuk dan dinginnya ketika sore hari, menambah betah berlama lama di area ini sambil bersantai bersama sanak saudara.
Hutan di Mempawah Mangrove Park Foto

3. Hutan Mangrove

Mempawah Mangrove Park dengan wisata andalannya Hutan mangrove selaluramai dikunjungi ketika hari hari akhir pekan, tahun baru, hari raya dan lain lain, ketika hari hari besar, pengunjung bisa membludak sekitar 1000 - 2000/orang per harinya.

Hutan dari atas Mempawah Mangrove Park Foto

Pengertian singkat Hutan mangrove

Hutan mangrove adalah salah satu jenis ekosistem lahan basah yang terdapat di daerah pesisir tropis dan subtropis. Hutan bakau dicirikan oleh kemampuannya yang unik untuk tumbuh di air asin, dan sering ditemukan di daerah yang terlindung dari gelombang dan arus yang kuat.

Ada sekitar 80 spesies pohon bakau yang berbeda, dan dapat ditemukan di lebih dari 100 negara di seluruh dunia. Pohon bakau yang paling umum termasuk bakau merah, bakau hitam, dan bakau putih.

Fungsi Hutan mangrove
Jembatan di Mempawah Mangrove Park Foto
Hutan mangrove menyediakan berbagai ekosistem penting, antara lain:
  • Melindungi masyarakat pesisir dari badai dan banjir. Sistem akar pohon bakau yang lebat membantu menstabilkan garis pantai dan mengurangi erosi. Hal ini dapat membantu melindungi masyarakat pesisir dari dampak badai dan banjir.
  • Menyediakan habitat bagi berbagai macam biota laut. Hutan bakau merupakan rumah bagi berbagai macam biota laut, termasuk ikan, udang, kepiting, dan burung. Sistem akar pohon bakau yang rumit menyediakan tempat berlindung yang aman bagi organisme ini, dan daun pohon bakau menyediakan makanan bagi banyak hewan.
  • Menyimpan karbon. Hutan mangrove sangat efektif menyimpan karbon. Akar pohon bakau membantu menjebak karbon di dalam tanah, dan daun pohon bakau membantu menghilangkan karbon dioksida dari atmosfer.
Hutan mangrove merupakan bagian penting dari ekosistem global, dan menghadapi sejumlah ancaman, antara lain:

  • Penggundulan hutan. Hutan bakau ditebangi karena berbagai alasan, termasuk akuakultur, pertanian, dan pembangunan.
  • Polusi. Hutan bakau juga tercemar oleh limpasan pertanian, limbah industri, dan limbah.
  • Perubahan iklim. Perubahan iklim menyebabkan permukaan air laut naik, yang mengancam hutan bakau.
Penting untuk melindungi hutan bakau karena menyediakan sejumlah jasa ekosistem yang penting. Kita perlu mengambil langkah-langkah untuk mengurangi ancaman yang dihadapi hutan bakau, dan kita perlu memastikan bahwa ekosistem penting ini dilindungi untuk generasi mendatang.

Berikut adalah dua contoh hutan mangrove:

Dunia
  • Sundarbans adalah hutan bakau terbesar di dunia. Terletak di delta sungai Gangga, Brahmaputra, dan Meghna di Bangladesh dan India. Sundarbans adalah rumah bagi berbagai macam kehidupan laut, termasuk harimau Bengal.
  • Everglades adalah hutan bakau yang terletak di Florida, Amerika Serikat. Everglades adalah bagian penting dari ekosistem Florida, dan merupakan rumah bagi berbagai satwa liar, termasuk buaya, aligator, dan burung.
Indonesia
Mempawah Mangrove Park Foto
  • Taman Mangrove Ketapang Mauk, adalah salah satu wisata buatan dikombinasikan dengan wisata alam hutan magrove dipesisir pantai utara di Kabupaten Tangerang.Wisata Taman Mangrove memiliki pepohonan mangrove dan dibelah dengan jembatan jembatan kayu dan beton mengitari pohon mangrove dan terdata sekitar 16 spesies dan telah berhasil dikembangkan di Ketapang Aquaculture diantaranya , Rizophora stilosa., Bruguiera gymnoriza, Bruguiera cylindrica, Xylocarpus granatum, Rhizopora mucronata, Rhizopora apiculate.
  • Hutan Mangrove Muara Angke terletak di Jakarta, dan merupakan salah satu tujuan wisata paling populer di kota ini. Hutan adalah rumah bagi berbagai spesies bakau, serta monyet, burung, dan reptil.
  • Pantai Mangrove Wonorejo terletak di Surabaya, Jawa Timur. Hutan ini merupakan rumah bagi berbagai spesies bakau, serta ikan, kepiting, dan udang. Hutan juga merupakan tempat yang populer untuk mengamati burung.
  • Hutan Mangrove Pasir Kadilangu terletak di Kulon Progo, Yogyakarta. Hutan ini adalah rumah bagi berbagai spesies bakau, serta burung, monyet, dan kupu-kupu. Hutan juga merupakan tempat yang populer untuk hiking dan fotografi.
  • Hutan Mangrove Wana Tirta terletak di Kulon Progo, Yogyakarta. Hutan adalah rumah bagi berbagai spesies bakau, serta burung, monyet, dan ikan. Hutan juga merupakan tempat yang populer untuk berperahu dan memancing.

4. Penyewaan Perahu Kecil


Perahu di Mempawah Mangrove Park Foto
Di Kawasan Mempawah Mangrove Park dekat sungai terdapat penyewaan perahu boat yang bisa anda sewa untuk mengelilingi Hutan Mangrove menggunakan jalur air.

Pemandangan dari air lebih menkjubkan dibandingkan dengan dari darat. Perahu boat ini juga bisa anda sewa untuk keperluan memancing di Kawasan ini yang masih menimpan berbaai jenis ikan yang hidup di kawasan Mempawah Mangrove Park.

Pertanyaan yang sering ditanyakan di Mempawah Mangrove Park

Berapa tarif masuk ke Mempawah Mangrove Park?

Untuk biaya masuk ke Mempawah Mangrove Park Rp. 5000/Orang. Parkir Rp. 5000/mobil. Namun jika anda dari Komunitas Lindungi Hutan masuknya Gratis.

Mempawah Mangrove Park menyediakan tempat untuk acara anak anak?

Mempawah Mangrove Park memiliki saung yang cukup luas, bisa dijadikan lokasi acaraanak anak.

Apakah ada MCK di Mempawah Mangrove Park?

Mempawah Mangrove Park menyediakan MCk bagi para pengunjung yang datang

Apakah bisa mancing di area Mempawah Mangrove Park?

Di Kawasan Mempawah Mangrove Park terdapat banyak sampan/Perahu speed boat yang bisa anda sewa untuk memancing, bisanya para pemancing mencari lokasi di Pulau Penibung didepan Mempawah Mangrove Park dan anda harus menyebarang.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Mempawah Mangrove Park, Kalimantan Barat"