Review Heha Stone Valley, Gunungkidul Yogyakarta

 Pacurajipost.com - Heha Stone Valley adalah sebuah objek wisata viral di Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia, dengan view pemandangan Pantai Pok Tunggal dari bukit karst serta memiliki beberapa spot foto yang instagramable diantaranya spot unggulan Panorama Glass Walk yaitu berjalan di lantai kaca transparan yang dibawahnya terlihat jurang bebatuan karst serta pemandangan Gunung Kidul yang menawan.

Heha Stone Valley, Gunungkidul Yogyakarta
Heha Stone Valley, Gunungkidul Yogyakarta Foto (Christa Satria Paramayudha)

Selain itu terdapat spot lain yaitu Barockade, Artivillage, Rockfals, Horizon Plaza, Horizon Terrace, Apex Rock dan Cerak Watu.

Heha Stone Valley dibuka soft opening pada tanggal 3 Agustus 2023 dan langsung viral menjadi salah satu Destinasi Wisata Tujuan para turis terutama di sekitar Yogyakarta dan Sekitarnya.

Alamat Heha Stone Valley

Heha Stone Valley beralamatkan di Jalan Pantai Pok tunggal, Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kodepost Heha Stone Valley: 55881

Nomor Telpon Heha Stone Valley : 082332329195 / 082332329194

Google Map Heha Stone Valley

Jalur Transportasi menuju Heha Stone Valley

Stone Valley managed by HeHa berada di Perbukitan bebatuan karst, sekitar 700 meter dari Pantai Pok Tunggal. 

Dan dari Bandar Udara Internasional Yogyakarta Kulon Progo ke Heha Stone Valley hanya berjarak sekitar 97 Km atau sekitar 2 jam 24 menit melalui jalur Pantai Selatan.

Sedangkan dari Kota Yogyakarta dibutuhkan waktu 2 jam 10 menit atau sekitar 66 Km dari Malioboro.

Dari Kota Yogyakarta menuju Menuju arah selatan atau Jalur Jalan Litas Selatan (JJLS) Gunung Kidul. JJLS adalah merupakan jalan yang relatif baru yang membelah tebing tebing yang dilaluinya sehingga terlihat sangat indah. Dengan panjang sekitar 9,72 Km yang dibangun mulai bulan desember 2020 hingga Desember 2022 yang membentang dari Desa Kemadang Kecamatan Tanjung Sari sampai dengan Desa Tepus Kecamatan Tepus.

Geser gambar untuk melihat sekeliling perempatan JJLS Kemadang Kecamatan Tanjung Sari

Dari Perempatan Kemadang belok kiri kearah timur mengikuti arah jalan JJLS yang sangat mulus dengan samping kiri dan kanan jalan ada area beton jalan yang cukup lebar, biasa digunakan para pengendara untuk Istirahat sejenak.

Kawasan Jalan JJLS banyak sekali bukit-bukit yang berbentuk kerucut yang dilintasi jalan ini sehingga sangat khas dan unik yang merupakan ciri khas dari bentang alam karst. Kawasan bukit bukit yang membentang dari bagian selatan Gunung Kidul Pacitan dengan Wonogiri Inilah yang disebut dengan gunung Sewu atau conical hills gunung Sewu 

Geser gambar untuk melihat sekeliling JJLS Pemandangan Indah Perbukitan

Pegunungan Sewu sendiri mempunyai ciri khas terdiri dari bukit-bukit yang berbentuk kerucut dengan jumlah kurang lebih 40 ribu Bukit. Waw sungguh luar biasa.

Jembatan Rowari JJLS

Jembatan Rowari JJLS
Jembatan Rowari JJLS
Hal yang menarik ketika kita sampai di sebuah jembatan yang dinamakan Jembatan Rowari JJLS. Jembatan ini sekilas tidak ada istimewanya, sama dengan jembatan-jembatan pada umumnya, Namun ketika sampai disana anda akan melihat view pemandangan indah dari atas jembatan serta terpaan angin yang menyejukkan.

Jembatan Rowari JJLS merupakan salah satu jembatan tertinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan ketinggian 35 meter dan panjang sekitar 120 meter dengan lebar sekitar 7 meter.

Pengunjung biasanya berhenti sejenak untuk beristirahat di kawasan jembatan sesekali swafoto sambil melihat pemandangan Pantai Indrayanti dari kejauhan yang biru membahana serta pemandangan belahan batu raksasa.

Karena saking banyaknya pengunjung yang selalu berhenti di jembatan Jembatan Rowari JJLS maka muncullah Pedagang keliling di sisi kanan dan kiri jalan yang menjajakan dagangan berupa minuman ringan seperti kopi, Teh manis, mi instan dan lain lain.

Dari  Jembatan Rowari JJLS menuju ke Heha Stone Valley tidak jauh lagi hanya sekitar 4.7 Km atau sekitar 9 menit berkendara.

Apa yang menarik di Heha Stone Valley

Heha Stone Valley Drone
Heha Stone Valley
Setelah memarkirkan kendaraan anda, Kemudian anda berjalan naik menuju pintu masuk yang dijaga petugas. Anda bisa membeli tiket masuk dengan biaya sebesar Rp 20.000 untuk dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak.

Setelah anda membeli tiket maka anda bisa masuk lokasi, namun untuk mencapai berbagai spot wisata  Heha Stone Valley, anda harus menaiki tangga yang cukup tinggi dengan kemiringan tangga sekitar 45 derajat.

Tangga menuju Puncak Heha Stone Valley
Tangga menuju Puncak Heha Stone Valley

Setelah tanjakan terakhir anda akan melihat beberapa bangunan  foodstore yang dikelola oleh Heha Goup bekerjasama dengan UMKM lokal.

Dari Foodstore ini, Wisatawan bisa mengambil jalan ke kanan untuk menuju ke Spot Panorama Glass Walk atau sebelah kiri menuju beberapa titik spot foto instagamable lainya.

1. Ombak Warak

Ombak Warak di Heha Stone Valley
Ombak Warak di Heha Stone Valley
Ombak Warak adalah sebatang batu yang bergelombang mirip tugu yang berdiri seperti dipahat membentuk gelombang batu yang sangat indah di Heha Stone Valley.

Namun sebenarnya Batu yang seperti ombak ini adalah asli batuan karst yang terbentuk alami, yang sengaja dipertahankan keasliannya.

Batu Ombak Warak ini memiliki warna alami yaitu hitam dan putih sebagai simbol keseimbangan antara Alam dan Manusia

2. Rockfalls

RockFalls di Heha Stone Valley
RockFalls di Heha Stone Valley
Tepat dibelakang Ombak Warak terdapat RockFalls yaitu air terjun buatan yang mengalir melalui bebatuan karst alami.

Dengan tanpa merubah bentuk bebatuan, hanya dialiri air dan dibawahnya dibangun kolam kecil seperti air terjun pada umumnya.

 3. Apex Rock

Apex Rock di Heha Stone Valley
Apex Rock di Heha Stone Valley
Apex Rock merupakan spot atau puncak tertinggi dari kawasan wisata Heha Stone Valley. Anda bisa melihat view pemandangan alam yang luas, birunya lautan, serta sunset yang terlihat jelas.

Untuk mencapai ke Puncak Apex Rock tidak terlalu sulit hanya menelusuri tangga tangga dari beton menuju puncak.
Heha Stone Valley
Heha Stone Valley
Di kawasan Apex Rock juga terlihat maha karya gunung gunung kecil terhampar luas sebagai keajaiban Maha Karya Sang Pencipta. Dan pada tahun 2015 lalu UNESCO menetapkan Kawasan Gunung Sewu sebagai UNESCO Global Geopark meliputi kawasan Kabupaten Gunung Kidul di DI Yogyakarta, Kabupaten Wonogiri di Jawa Tengah), serta Kabupaten Pacitan di Jawa Timur.

4. Horizon Terrace

Horizon Terrace di Heha Stone Valley
Horizon Terrace di Heha Stone Valley
Horizon Terrace atau Teras cakrawala adalah restoran private yang merupakan salah satu spot terbaik untuk melihat keindahan sunset serta melihat biru lautan dan Pantai Pok Tunggal yang terlihat jelas.

Jadi, Horizon Terrace merupakan bangunan terpisah dan berdiri sediri di belakang bukit. Sehingga di Heha Stone Valley ada dua restoran dengan view pemandangan yang berbeda. Waww mantab sekali.

5. Sunset

Sunset di Heha Stone Valley
Sunset di Heha Stone Valley Foto (Yahya Rahiyudin)
Sesuatu yang ditunggu tunggu para pengunjung yang datang ke Heha Stone Valley adalah suasana matahari tenggelam.

Terlihat jelas dan bersih, matahari memancarkan sinar kekuning kuningan pertanda hari akan gelap dan berganti malam. Spot terindah dan jelas ketika melihat Matahari Sunset berada di kawasan Restoran Horizon Terrace yang akan lenyap di balik bukit. 

6. Restoran

Restoran Heha Stone Valley
Restoran Heha Stone Valley
Konsep restoran yang super nyaman ditambah lagi dengan pelayan restoran yang menyambut kedatangan anda dengan senyum ramah.

Dengan konsep alam terbuka hijau dengan pepohonan disekitarnya , bangunan cat warna putih susu, serta kursi meja minimalis kokoh, membuat siapa saja yang makan direstoran ini serasa di ruang VIP.

Batu besar di Restoran Heha Stone Valley
Batu besar di Restoran Heha Stone Valley
Yang menarik di area restoran adalah terdapat sebuah bongkahan batu yang besar dan berwarna hitam, menambah kesejukan magnet batu yang dipancarkan.

Batu ini dinamakan Watu Obong atau Batu Obong. Dinamakan Batu Obong karena dapur merupakan sumber kehidupan dari keluarga, yang membawa semangat batu dari dapur, semangat untuk para karyawan Heha Stone Valley untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk para pelanggannya.

Menu Makanan

Menu Makanan di Restoran Heha Stone Valley
Menu Makanan di Restoran Heha Stone Valley

Menu makanan di Restoran Heha Stone Valley  menyajikan makanan Indonesia dan Western yang  harganya mulai dari Rp. 25.000 - Rp. 150.000 an sudah bisa menikmati makanan enak dengan fasilitas VIP Perbukitan, Nah..Jadi anda jangan hawatir ajak keluarga, teman, kekasih untuk datang kesini, tidak bakalan membuat dompet anda kering hihihi. 

Terdapat juga toko suvenir di mana Anda dapat membeli oleh-oleh untuk mengenang kunjungan Anda.

7. Barockade

Barockade di Heha Stone Valley
Barockade di Heha Stone Valley
Barockade adalah bebatuan yang menyerupai labirin di Heha Stone Valley. Ada lebih dari 30 batu karst yang tersusun secara alami di spot foto Barockade ini.

Di dalam area Barockade terdapat Foto 360 Derajat yang bisa anda nikmati sebagai spot foto yang indah dengan view pantai dan perbukitan.

8. Artivillage

Artivillage di Heha Stone Valley
Artivillage di Heha Stone Valley
Di kawasan Heha Stone Valley spot Artivillage ini, wisatawan bisa berfoto dengan background jajaran perumahan estetik yang menawan dengan bentuk dan jenis berbeda.

9. Panorama Glass Walk

Glass Walk di Heha Stone Valley
Glass Walk di Heha Stone Valley Foto (Christa Satria Paramayudha)
Heha Stone Valley merupakan tempat yang cocok untuk dikunjungi jika Anda sedang mencari destinasi wisata baru dan menarik di Yogyakarta yang berbeda dari yang lain. 

Glass Walk adalah spot yang memiliki tantangan tersendiri, Jembatan melingkar dengan lantai sebagian dari kaca tebal transparan akan membuat sebagian wisatawan yang takut ketinggian akan merinding karena kaca tersebut tembus pandang jurang dibawahnya dengan view bebatuan hitam yang keras.

Untuk memasuki area Glass Walk ada biaya masuknya sebesar Rp. 35.000/orang. Pengunjung kemudian diwajibkn untuk melepas sepatu dan sandal yang mereka pakai dan digantikan dengan sendal khusus menyerupai tipe sendal hotel berbintang berwarna putih.

Stone Valley managed by HeHa
Stone Valley managed by HeHa

Tujuan menggunakan sandal khusus adalah untuk menghindari gesekan kaca dengan sendal para pengunjung agar lantai kaca tetap aman dari berbagai macamgoresan yang membahayakan.

Untuk memasuki area Glass Walk di Heha Stone Valley juga dibatasin sekitar 20 orang saja untuk menjaga daya berat kekuatan Glass Walk agar tetap aman dan terawat. 

Di area area Glass Walk, anda bisa berfoto foto sambil menikmati pemandangan indah perbukitan, sungai, serta panorama sunset.

10. Pusat Oleh oleh Souvenir

Pusat oleh oleh souvenir di Heha Stone Valley
Pusat oleh oleh souvenir di Heha Stone Valley
Heha Group di Stone Valley bekerja sama dengan pelaku UMKM lokal untuk bisa memamerkan produk hasil kerajinn masyarakat lokal disini.

Berbagai produk seperti makanan ringan, alat masak, baju, kerajinan tangan, semua ada disini. Selain sebagai objek wisata, Heha Stone Valley juga mencoba memberikan lapangan pekerjaan seluas luasnya kepada para pelaku usaha untuk bisa berkarya menjual produk produk berkualitas yang memang telah dikemas dengan bagus dan layak untuk oleh oleh wisatawan dari lokal maupun manca negara.

Tips Berwiwsata di Heha Stone Valley

  • Kenakan sepatu yang nyaman karena Anda akan banyak berjalan.
  • Bawalah tabir surya dan topi karena cuaca bisa panas di siang hari.
  • Bawalah kamera untuk mengabadikan semua momen indah.
  • Hormatilah lingkungan dan jangan membuang sampah sembarangan.

Pertanyaan yang sering ditanyakan di Heha Stone Valley

Berapa tarif masuk ke Heha Stone Valley?
Untuk tiket masuk ke Heha Stone Valley Rp. 20.000/orang

Kapan buka dan tutup di Heha Stone Valley?
Heha Stone Valley Buka setiap hari mulai pukul 09.00 - 20.00 WIB

Apakah ada fasiltas MCK di Heha Stone Valley?
Ya, tentu saja tersedia MCK serta Mushalla di area Heha Stone Valley.

Apakah ada penginapan di Heha Stone Valley?
Heha Stone Valley belum tersedia penginapan, namun kedepannya kemungkinan akan membuka penginapan karena lokasinya yang luar biasa, sangat cocok untuk menginap diatas bukit.

Wisata apa saja disekitar Heha Stone Valley?
Heha Stone Valley berdekatan dengan Beberapa Objek Wisata Pantai diantaranya Pantai Pok Tunggal, Bukit Panjung, Pantai Kindara Watulawang, Pantai Daud dan masih banyak Wisata pantai lainnya yang jaraknya hanya sekitar 700 meter dari Heha Stone Valley.

Untuk informasi lebih lanjut, kepoin IG Heha Stone Valley
YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Heha Stone Valley, Gunungkidul Yogyakarta"