Review Pondok Pesantren Trimulyo Madinatussalam, Desa Trimulya, Sanggau

 Pancurajipost.com - Pondok Pesantren Trimulyo Madinatussalam adalah sebuah lembaga pendidikan Islam yang terletak di Desa Trimulya, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Indonesia. Didirikan pada tahun 2022 oleh Mbah Mulyono dan diresmikan langsung tanggal 15 Oktober 2023 oleh KH. Muhammad Isma'il Ghofur (Pimpinan PONPES Darul Hidayah ,Rasau Jaya merupakan  Rois Syuriah PWNU Kalbar Periode 2022-2027), pondok pesantren ini telah menjadi lembaga pendidikan Islam Pertama di Kecamatan Mukok.

Pondok Pesantren Trimulyo Madinatussalam
Pengasuh Pondok Pesantren Trimulyo Madinatussalam

Pondok Pesantren Trimulyo Madinatussalam ini masih berkembang dan terus membangun berbagai fasilitas pelengkap dan pendukung lainnya.

Pondok Pesantren Trimulyo Madinatussalam memiliki tujuan utama untuk mendidik dan melatih para santri agar menjadi generasi yang berakhlak mulia, berpengetahuan luas, dan mampu mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. 

Mbah mulyono, Pediri Pesantren Trimulyo Madinatussalam mengatakan bahwa selain sebagai pendidikan Agama, juga kedepan akan dibuka program study seperti berbagai macam kursus keahlian seperti komputer, perbengkelan, pertanian, peternakan dan lain lain

"Pesantren Trimulyo Madinatussalam nantinya tidak hanya pendidikan agama saja, tapi kita ingin menciptakan santri santri yang siap berhadapan dengan lingkungan masyarakat dengan membekali para santri beberapa keahlian menurut bakat dan minat mereka, sehingga setelah lulus pesantren mereka tidak sulit untuk mencari pekerjaan atau berwisausaha sendiri" Tegas Mbah Mul (11 - 10 - 2023)

Pondok Pesantren Trimulyo Madinatussalam berada di bawah Yayasan Trimulyo Madinatussalam yang dketuai oleh Bapak Mudiyono (Ketua 1) dan Bapak Mulyono (Ketua 2) yang akan membawa PONPES lebih maju kedepan.

Foto Para Pengurus dan Santri Pesantren Trimulyo Madinatussalam
Foto Para Pengurus dan Santri Pesantren Trimulyo Madinatussalam

PonPes Trimulyo Madinatussalam ini menawarkan pendidikan agama yang mencakup kurikulum agama, bahasa Arab, kitab kuning, dan lain lain yang diajarkan langsung oleh Pengasuh PONPES bernama Nurwanto Hasyim Thoha yang merupakan alumni PONPES Darul Hidayah dan merupakan murid kesayangan KH. Muhammad Isma'il Ghofur (Pimpinan PONPES Darul Hidayah ,Rasau Jaya). KH. Muhammad Isma'il Ghofur  sendiri adalah alumni dari PONPES Lirboyo Kediri , Jawa Timur.

Selain itu, pondok pesantren Trimulyo Madinatussalam ini juga memberikan pendidikan karakter yang kuat dengan mengajarkan nilai-nilai kejujuran, disiplin, tanggung jawab, kerjasama, dan kepedulian sosial kepada para santri, Para santri juga diajarkan untuk menghormati perbedaan dan menerima keragaman dalam masyarakat yang sesuai dengan Motto Pondok Pesantren:

"Mewujudkan Nilai TARBIYAH, IKHO'AH, IBADAH"

Pondok Pesantren Trimulyo Madinatussalam memiliki fasilitas untuk mendukung proses belajar mengajar, seperti asrama, mushalla, ruang kelas. 

Mushalla Pondok Pesantren Trimulyo Madinatussalam
Mushalla Pondok Pesantren Trimulyo Madinatussalam

Pondok Pesantren Trimulyo Madinatussalam juga memiliki jaringan kerjasama dengan lembaga pendidikan Islam lainnya yaitu dengan PONPES Darul Hidayah, Beberapa Perusahaan. dan Lembaga Pemerintahan Hal ini kedepan para santri bisa mendapatkan pengalaman belajar yang lebih luas.

Dengan reputasi yang baik, Pondok Pesantren Trimulyo Madinatussalam bisa menjadi pilihan banyak orang tua untuk memilih Trimulyo Madinatussalam sebagai wadah untuk mengasah dan menguasai Pendidikan Agama serta bakat sejak dini.

Alamat PONPES Trimulyo Madinatussalam

PONPES Trimulyo Madinatussalam beralamatkan di Jalan Ambarawa, Trans SP 2, BLOK A, Desa Trimulya, Kecamatan Mukok, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Kodepost PONPES Trimulyo Madinatussalam : 78581

Nomor Telpon PONPES Trimulyo Madinatussalam : 

  • WA. Mudiyono : 085387854780
  • WA. Mulyono : 08565357076

Google Map PONPES Trimulyo Madinatussalam

Jalur Transportasi menuju PONPES Trimulyo Madinatussalam

Geser gambar untuk melihat sekeliling simpang menuju Pondok Pesantren Trimulyo Madinatussalam dengan jarak masuk hanya 130 meter saja.

PONPES Trimulyo Madinatussalam berdekatan dengan SDN 15 Tokang Jaya atau dengan jarak sekitar 290 meter dan 1 menit berkendara dan berdekatan pula dengan SMA N 1 Mukok atau jaraknya hanya sekitar 200 meter, dan sekitar 3 menit berkendara atau sekitar 1.2 Km dari SMP N 2 MUKOK.

Sehingga PONPES Trimulyo Madinatussalam lokasinya sangat setrategis, berada di tengah tengah area sekolah umum.

Sedangkan dari Pusat Kota Kabupaten Sanggau menuju ke PONPES Trimulyo Madinatussalam hanya berjarak sekitar 39.7 Km atau sekitar 1 jam 30 menitan, tergantung kecepatan kendaraan anda.

Dan dari jembatan Semuntai menuju PONPES Trimulyo Madinatussalam hanya berjarak sekitar 21.2 Km atau sekitar 1 jam berkendara.

Untuk kondisi jalan pada tahun 2024, dari Kota Sanggau sampai ke Kecamatan Mukok telah teraspal. Sedangkan dari Mukok menuju ke PONPES Trimulyo Madinatussalam jalan belum di aspal masih dalam kondisi jalan tanah berbatu, sehingga baik musim hujan maupun kemarau mobil masih bisa lewat dan merupakan jalur lalu lintas truk sawit yang selalu dirawat dan diperbaiki oleh komunitas Sawit, karena Mayoritas pendapatan Masyarakat Trans adalah Para Petani Sawit.

Kegiatan Apa saja di PONPES Trimulyo Madinatussalam

a. Pengajian Rutinan

Pegajian Rutinan di PONPES Trimulyo Madinatussalam
Pegajian Rutinan di PONPES Trimulyo Madinatussalam
PONPES Trimulyo Madinatussalam setiap malam senin atau hari minggu ba'da isya selalu mengadakan pengajian rutinan Kitab Bidayatul Hidayah, yasinan dan tahlil yang diikuti oleh masyarakat umum yang ingin berkumpul, bersilaturahmi, berdziir, dan mengaji yang dipimpin oleh Pengasuh PONPES.

Sebelum pengajian dimulai, masyarakat yang datang akan disuguhi oleh hidangan berupa kopi, teh, dan beberapa snack ringan yang disediakan pihak pondok.

Ngopi Bareang Sebelum dan Setelah Pengajian
Ngopi Bareang Sebelum dan Setelah Pengajian

Selain mengaji, Rutinan Pengajian ini juga sebagai wadah untuk saling mengenal satu sama lainnya, menjaga persaudaraan. Hal ini karena kesibukan bekerja di ladang, panen sawit, tanam padi yang membuat sedikit untuk bersilaturahmi satu sama lainnya. 

Pengajian rutinan juga diadakan setiap satu bulan sekali yang dilaksanakan setiap malam selasa kliwon yang di isi dengan zikir dan jika ingin mengikuti zikir malam, tepat pukul 12 malam diadakan zikir selama 1 jam.

b. Kerja Bakti

Kegiatan Edukasi Pemberian Pupuk Kelapa Sawit di PONPES Trimulyo Madinatussalam
Kegiatan Edukasi Pemberian Pupuk Kelapa Sawit di PONPES Trimulyo Madinatussalam

Setiap hari minggu pagi diadakan kerja bakti di lingkungan pesantren oleh para pengurus dan masyarakat yang memiliki waktu.

Kegiatan ini berupa membersihkan area Pesantren, Membersihkan Perkebunan Sawit di area pesantren, bercocok tanam, Pelatihan dan lain lain sesuai jadwal yang dikeluarkan pengurus yayasan.

c. Kegiatan Santri

Kegiatan Pendidikan Santri di PONPES Trimulyo Madinatussalam
Kegiatan Pendidikan Santri di PONPES Trimulyo Madinatussalam
Para santri memulai kegiatan pengajian mulai dari subuh sampai pukul 21.00 WIB malam dengan jadwal yang telah ditentukan oleh Pengasuh PONPES.

Jika para santri masih sekolah umum maka, paginya akan diantarkan menuju sekolah dengan kendaraan mobil yang tersedia di PONPES, begitu juga dengan pulangnya akan dijemput langsung menuju PONPES.

Usaha Yayasan Trimulyo Madinatussalam

PONPES Trimulyo Madinatussalam memiliki beberapa usaha yang sedang berkembang diantaranya Meuble, Pembuatan Aquarium, Bahan Bangunan, Pupuk Organik Sawit, Kebun Sawit, Minyak wangi, dan lain lain, yang sebagian bekerja sama dengan masyarakat sekitar.

Khusus untuk Produk Pupuk Cair Organik bermerek Taburmas, Yayasan Trimulyo Madinatussalam merupakan penyalur yang  mendistribusikan produk tersebut.

Disamping menjual juga memberikan edukasi cara pemakaian pupuk yang diawasi langsung oleh Petugas Lapangan PUPUK Organik Cair Taburmas dari Ketapang, Kalimantan Barat.

Pertanyaan yang sering ditanyakan di PONPES Trimulyo Madinatussalam

Berapa biaya pendaftaran di PONPES Trimulyo Madinatussalam?

Untuk biaya pendidikan di PONPES Trimulyo Madinatussalam masih tergolong murah yaitu Rp. 1.000.000/Santri (Biaya bisa berubah sewaktu waktu)

Fasilitas apa saja yang didapatkan santri di PONPES Trimulyo Madinatussalam?

PONPES Trimulyo Madinatussalam menyediakan fasilitas untuk para santri berupa:

  • Baju seragam
  • Asrama Putra dan Putri
  • Toilet Putri berada di Asrama Putri/terpisah dari Santri Putra
  • Antar Jemput Mobil menuju Sekolah Umum/bagi yang masih bersekolah
  • Makan dan minum sesuai standar gizi dan lain lain.

Kapan penerimaan Siswa baru di PONPES Trimulyo Madinatussalam?

PONPES Trimulyo Madinatussalam menerima pendaftaran setiap tahunnya dengan catatan sebagai berikut :

  • Gelombang 1 : 1 Januari s/d 30 Maret 
  • Gelombang 2: 1 April s/d 30 Juni

Dimana saya bisa mengetahui informasi kegiatan di PONPES Trimulyo Madinatussalam?

Anda bisa menemukan banyak informasi PONPES Trimulyo Madinatussalam di medsos facebook :Trimulyo Madinatussalam atau bisa menghubungi WA. para pengurus yayasan yang tertera di atas.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Pondok Pesantren Trimulyo Madinatussalam, Desa Trimulya, Sanggau"