Icon Tugu Apang Semangai

Icon Tugu Apang Semangai
Icon Tugu Apang Semangai

 Pancurajipost.com - Tugu Apang Semangai adalah Tugu icon perjuangan Pahlawan yang bernama Apang Semangai yang merupakan prajurit yang gagah berani dalam perlawanan melawan penjajahan Negara Belanda waktu itu.

Tugu Apang Semangai berada ditengah Kota Nanga Pinoh - Kabupaten Melawi yang disekitarnya juga terdapat Makam para Pahlawan.

Atas pengorbanan dan perlawanan yang luar biasa Prajurit Apang Semangai melawan penjajah Belanda sehingga didirikan patung apang semangai sebagai penghormatan atas jasa jasanya.

Alamat Tugu Apang Semangai

Tugu Apang Semangai beralamatkan di Jalan Juang, Desa Tj. Niaga, Kecamatan Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat 

Kodepost Tugu Apang Semangai : 79672

No Telpon Tugu Apang Semangai : -

Jalur Transportasi menuju Tugu Apang Semangai

Geser gambar untuk melihat sekeliling Tugu Apang Semangai

Dari Tugu Naruto/Taman Kota Nanga Pinoh menuju Tugu Apang Semangai berjarak sekitar 1.7 Km atau hanya 21 menit berkendara
Dari Jembatan Nanga Pinoh Melawi menuju ke Tugu Apang Semangai jaraknya hanya 600 meter atau 2 menit berkendara.
Sedangkan dari Pusat Pemerintahan Kantor Bupati Melawi menuju Tugu Apang Semangai berjarak sekitar 6.8 Km atau 14 menit berkendara.

Google Map Tugu Apang Semangai

Apa yang menarik disekitar Tugu Apang Semangai?

Sejarah Kemerdekaan Indonesia

Tugu Apang Semangai sebagai bagian dari sejarah Perjuangan Kemerdekaan Negara Republik Indonesia yang mana para pejuang yang terkenal dengan Nama Apang Semangai mempertaruhkan jiwa dan raga untuk mengusir para penjajah di Indonesia khususnya di kawasan Kalimantan Barat yaitu Sintang-Melawi.

Tokoh Pejuang Apang Semangai cukup di populer di msyarakat Sintang dan Melawi yang membasmi kolonial Belanda, Sehingga Apang Semangi dinobatkan sebagai salah satu Pahlawan Nasional yang berasal dari Kalimantan Barat.

Atas jasa jasa dengan gigih melawan Belanda sehingga didirikanlah Tugu Apang Semangai untuk mengenang Jasa jasa Pahlawan Apang Semangi.

Makam Pahlawan Apang Semangai sendiri berada di Desa riam panjang tepatnya di dusun ibau kecamatan kayan hulu Kabupaten Sintang, yang sekarang menjadi Salah satu Objek Wisata Ziarah di Kalimantan Barat.

Kawasan Bisnis Kota Nanga Pinoh

Disekeliling Tugu Apang Semangai merupakan deretan ruko ruko dan bangunan lainnya yang berdiri toko toko yang menjal berbagai keperluan sehari hari, Bangunan Pemerintahan,, Sekolah, Tempat Ibadah dan berbagai bangunan lainnya.
Letaknya yang berdekatan dengan Sungai Kapuas, membuat lokasi disekitar Tugu Apang Semangai terendam air jika air sungai naik.

Untuk mengantisipasi Banjit tahunan, Pemerintah Kabupaten Melawi mencoba untuk menarik kawasan perkotaan menuju kedaratan yang jauh dari sungai agar lebih aman dan nyaman dari banjir musiman.

Pertanyaan yang sering diajukan di Tugu Apang Semangai

Apakah Tugu Apang Semangai Objek Wisata?
Tugu Apang Semangai adalah Tugu yang berada di perempatan jalan yang mempertemukan jalan Juang dan jalan Cempaka.

Apa makna dari Tugu Apang Semangai?
Tugu Apang Semangai bermakna semangat para pejuang terutama tokoh Pahlawan Apang Semangai yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia di Kalimantan sehingga untuk mengenang Perjuangan Apang Semangai didirikan Tugu Apang Semangai sebagai salh satu icon yang ada di kota Nanga Pinoh - Melawi.
YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Icon Tugu Apang Semangai"