Review Ekowisata Telok Berdiri, Hutan Mangrove Desa Sungai Kupah, Kubu Raya, Kalimantan Barat

Pancurajipost.com - Ekowisata Telok Berdiri adalah Wisata yang didominasi Hutan Mangrove Desa Sungai Kupah yang berada tepat di pertemuan lautan dan sungai (Jalur lalu lintas Kapal Peti kemas) Pontianak ke berbagai pulau seperti semarang, surabaya dan lain lain dengan ciri khas berdiri tegak menara mercusuar tanjung intan berwarna putih.
Ekowisata Telok Berdiri,Hutan Mangrove Desa Sungai Kupah, Kubu Raya, Kalimantan Barat Foto
Ekowisata Telok Berdiri,Hutan Mangrove Desa Sungai Kupah, Kubu Raya, Kalimantan Barat Foto (Arul Aruel)

Ekowisata Telok Berdiri ini pernah dikunjungi oleh Menteri Pariwsata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dalam rangka kunjungan kerja ke Desa wisata Sungai Kupah, kecamatan Sungai Kakap, kabupaten kubu raya, provinsi Kalimantan Barat, Hari Rabu , tanggal 09 Maret 2022 lalu.
Beliau berpesan"Kuburaya itu surganya mangrove, saatnya kita bawa mata dunia untuk tertuju ke kubu raya, mari kita tanam mangrove sebanyak banyaknya, sehingga ini menjadi pabrik oksigen terbaik yang dimiliki dunia" ucap Uno disambut tepuk tangan Muda Mahendrawan (Bupati Kuburaya) dan seluruh tamu yang hadir.
Kunjungan Sandiaga Uno di Ekowisata Telok Berdiri Foto
Kunjungan Sandiaga Uno di Ekowisata Telok Berdiri Foto (Kemenparekraf)


Alamat Ekowisata Telok Berdiri

Ekowisata Telok Berdiri beralamatkan di Desa Sungai Kupah, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.
Kodepost Ekowisata Telok Berdiri :  78381
No telpon Ekowisata Telok Berdiri : 089523233925 (POKDARWIS Desa Wisata Sungai Kupah)
Email : rudibacok2@gmail.com

Google Map Ekowisata Telok Berdiri

Jalur Transportasi menuju Ekowisata Telok Berdiri

Geser gambar untuk melihat Mercusuar, pintu masuk ke Ekowisata Telok Berdiri

Ekowisata Telok Berdiri berada di bibir laut dan sungai, tidak jauh dari Wisata Kampung Nelayan dengan jarak sekitar 1.5 Km dengan waktu tempuh sekitar 4 menit, bisa di akses menggunakan kendaraan roda dua dan empat.

Dari pusat kota Kuburaya atau dari Taman Dirgantara Lanud Supadio menuju Ekowisata Telok Berdiri hanya sekitar 43.3 Km atau sekitar 1 jam 35 menit berkendara melalui jalan arteri supadio menuju Jl. Komodor Yos Sudarso menuju Kecamatan Sungai Kakap.

Kondisi jalan sendiri mendekati area wisata ada titik yang kurang bagus, dan sempit, jadi berhati hati dan pelan saja.

Apa yan menarik di Ekowisata Telok Berdiri

1. Hutan Mangrove

Hutan Mangrove Ekowisata Telok Berdiri Foto
Hutan Mangrove Ekowisata Telok Berdiri Foto (Paturay Tineung)
Ekowisata Telok Berdiri memiliki kekayaan hutan mangrove dengan luas sekitar 15 Ha yang berfungsi sebagai paru paru dunia serta sebagai penahan ombak dan abrasi. 

Pinggir Hutan Mangrove dilengkapi dengan jembatan kayu yang melintasi aira hutan mangrove yang biasa digunakan para pengunjung untuk berjalan santai, berfoto, ngeflog sambil memandang lautan luas.

2. Front Ekowisata Telok Berdiri

Front Ekowisata Telok Berdiri Foto
Front Ekowisata Telok Berdiri Foto (Yulia Chang)
Front Ekowisata Telok berada tepat berhadapan dengan laut lepas. Lokasi ini sering dijadikan spot foto, terdapat tulisan "Ekowisata Telok Berdiri" dan tulisan "Desa Wisata Bahari Sungai Kupah".

Area ini sangat sejuk di sore hari, deburan ombak dan angin laut yang cukup kencang membuat membuat sipa saja rindu dan ingin berkunjung kesini lagi.

3. Mercusuar Tanjung Intan

Menara Mercusuar di Ekowisata Telok Berdiri Foto
Menara Mercusuar di Ekowisata Telok Berdiri Foto
Terdapat Menara Mercusuar di Ekowisata Telok Berdiri yang berwarna putih, berdiri kokoh menghadap lautan.

Apa itu Mercusuar, dan untuk apa didirikan mercusuar?

Mercusuar adalah menara tinggi dilengkapi dengan lampu yang bercahaya terang di bagian atas untuk membantu kapal berlayar dengan aman di laut. 

Mercusuars sering dibangun di titik-titik strategis di sepanjang pantai, seperti tanjung atau pulau, sehingga lampunya bisa terlihat dari jarak yang sangat jauh. Mercusuar telah digunakan selama berabad-abad untuk memandu para pelaut dan kapal-kapal yang melewati lautan. Sampai saat ini, Mercusuar masih terus menjadi bagian penting dari keselamatan maritim saat ini.

Mercusuar Tanjung Intan di Ekowisata Telok Berdiri sebagai penunjuk arah yang mau masuk dan meninggalkan pelabuhan peti kemas di Pontianak, karena mercusuar ini berada di persimpangan laut dan sungai ke pelabuhan pontianak.
Mercusuar Tanjung Intan di Ekowisata Telok Berdiri Foto
Mercusuar Tanjung Intan di Ekowisata Telok Berdiri Foto (Imam Ma'arif)
Jika anda beruntung, Anda bisa naik ke atas menara mercusuar, namun dengan izin petugas disana. Karena dihawatirkan, kegaduhan penggunjung bisa mengganggu fungsi dari mercusuar tersebut.

4. Tempat Santai

Duduk Santai di Ekowisata Telok Berdiri Foto
Duduk Santai di Ekowisata Telok Berdiri Foto (Bayu Prasetyo)
Kebayang ndak, duduk santai sambil memandag lautan, angin sepoi sepoi menghampiri kita, Suara deburan ombak silih berganti tanpa henti. Pengalaman yang tak terlupakan dan akan rindu untuk ke sini lagi ditemani cahaya sunset di sore hari.

5. Sunset

Sunset di Ekowisata Telok Berdiri Foto
Sunset di Ekowisata Telok Berdiri Foto (Jun San)
Sore hari adalah waktu yang tepat di Ekowisata Telok Berdiri. Pemandangan panorama sunset kekuning kuningan memancarkan keindahan di atas permukaan lautan, menambah sejuk dan damai hati atas keindahan alam yang Tuhan ciptakan.

6. Camping Ground  

Camping Ground di Ekowisata Telok Berdiri Foto
Camping Ground di Ekowisata Telok Berdiri Foto (abah azhfiya)
Merasakan menginap semalam di atas rawa hutan mangrove, seperti apa yuaah rasanya?. 
Lokasi Camping Ground di Ekowisata Telok Berdiri telah tersedia, dikhususkan untuk anda yang ingin menginap di alam terbuka, namun tidak asik jika hujan tiba.

Menginap sambil mengenal alam adalah pilihan terbaik untuk anda yang ingin merasakan Alam, menyatu dengan Alam sekitar, sebagai warisan kakek nenek dulu yang sangat mengenal Alam sekitar.

7. Mancing Mania

Strike Mancing di Ekowisata Telok Berdiri Foto
Strike Mancing di Ekowisata Telok Berdiri Foto
Ekowisata Telok Berdiri merupakan kawasan mancing yang patut anda coba sambil berlibur bersama keluarga, reka, kolega, saudara dan lain lain.

Strike, Tarikan ikan yang menyambar membuat anda betah berlama lama disini. Namun jangan lupa bawa backup pancing nya yuah...Lokasi ini rawan tersangkut ranting dan akar pepohonan.

8. Menelusuri Hutan Mangrove

Keseruan yang tak pernah terlupakan di Ekowisata Telok Berdiri adalah menelusuri sungai hutan mangrove.

Anda akan diajak oleh pemandu profesional mengelilingi hutan dengan peralatan dan pengamanan ketat mulai dari baju pelampung dan speed boat yang aman untuk beberapa orang.

Sambil berkeliling, pemandu akan bercerita banyak tentang potensi wisata hutan mangrove Ekowisata Telok Berdiri, seperti berbagai jenis pepohonan, binatang binatang yang terlihat sekilas seperti kera dan lain lain.

Pertanyaan yang sering diajukan di Ekowisata Telok Berdiri

Berapa tiket masuk ke Ekowisata Telok Berdiri?
Saat ini, untuk memasuki Ekowisata Telok Berdiri masih gratis, dan tidak menutup kemungkinan akan berbayar.

Apakah boleh membawa makanan dan minuman di Ekowisata Telok Berdiri?
Anda boleh membawa makanan dan minuman di Ekowisata Telok Berdiri, namun alangkah baiknya anda membeli saja makanan dan minuma yang disediakan pedagang di area Ekowisata Telok Berdiri, agar kedatangan anda membawa berkah masyarakat sekitar.

Apakah sudah ada fasilitas MCK di Ekowisata Telok Berdiri?
Tersedia MCK di Kawasan Ekowisata Telok Berdiri

Simak video keseruan Menelusuri Desa Wisata Sungai Kupah

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Ekowisata Telok Berdiri, Hutan Mangrove Desa Sungai Kupah, Kubu Raya, Kalimantan Barat"