Review Wisata Kampung Nelayan Desa Sungai Kupah, Kubu Raya, Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Wisata Kampung Nelayan adalah kawasan pemukiman warga yang mayoritas bermata pencaharian nelayan di Kabupaten Kubu Raya. 

Wisata Kampung Nelayan Desa Sungai Kupah, Kubu Raya, Kalimantan Barat Foto
Wisata Kampung Nelayan Desa Sungai Kupah, Kubu Raya, Kalimantan Barat Foto (Hairunnisa)
Wisata Kampung Nelayan adalah salah satu lokasi spot manciing yang disukai para pemancing udang diantaranya udang galah dan lain lain yang terdapat di ujung Kampung Nelayan yang merupakan aliran sungai kapuas.

Alamat Wisata Kampung Nelayan

Wisata Kampung Nelayan beralamatkan di Desa Sungai Kupah, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat

Kodepost Wisata Kampung Nelayan : 78381

No telpon Wisata Kampung Nelayan : 089523233925  (POKDARWIS Desa Wisata Sungai Kupah)

Google Map Wisata Kampung Nelayan

Jalur Transportasi menuju Wisata Kampung Nelayan

Wisata Kampung Nelayan berada di bibir sungai kapuas, tidak jauh dari Ekowisata Telok Berdiri dengan jarak sekitar 1.5 Km dengan waktu tempuh sekitar 4 menit, bisa di akses menggunakan kendaraan roda dua dan empat.

Dari pusat kota Kuburaya atau dari Taman Dirgantara Lanud Supadio menuju Wisata Kampung Nelayan hanya sekitar 42.3 Km atau sekitar 1 jam 30 menit berkendara melalui jalan arteri supadio menuju Jl. Komodor Yos Sudarso menuju Kecamatan Sungai Kakap.

Kondisi jalan sendiri mendekati area wisata ada titik yang kurang bagus, dan sempit, jadi berhati hati dan pelan saja.

Apa yang menarik di Wisata Kampung Nelayan

1. Spot Pemancingan Udang

Spot Pemancingan Pinggiran Wisata Kampung Nelayan Desa Sungai Kupah, Kubu Raya, Kalimantan Barat Foto
Spot Pemancingan Pinggiran Wisata Kampung Nelayan Desa Sungai Kupah, Kubu Raya, Kalimantan Barat Foto
Kawasan Wisata Kampung Nelayan merupakan salah satu spot pemancingan udang yang telah terkenal diberbagai daerah di Indonesia. Pernah lokasi ini dijadikan lokasi pemancingan di acara Mancing Mania TV Nasional Trans 7.

Didepan Wisata Kampung Nelayan terdapat pulau panjang, disitu juga merupakan habitat berbagai udang raksasa. Pulau panjang adalah pulau yang cukup panjang, dikepung aliran sungai, berada ditengah tengah sungai kapuas yang berhadapan langsung dengan laut dan sebagai jalur kapal besar menuju dan keluar dari Pelabuhan Peti Kemas Pontianak.

2. Melihat Aktivitas Nelayan

Aktivitas Menganyam masyarakat Wisata Kampung Nelayan Foto
Aktivitas Menganyam masyarakat Wisata Kampung Nelayan Foto (Hairunnisa)
Sebagian masyarakat Wisata Kampung Nelayan adalah Nelayan. Anda bisa melihat aktivitas mereka mulai dari menjemur udang tangkapan nelayan, cara mereka menjaring dan menangkap udang dengan jala yang lebar dengan kendaraan perahu sampan.

Anda juga bisa melihat keseharian masyarakat di Wisata Kampung Nelayan bertransaksi jual beli ikan segar, Kadang melihat msyarakat membuat lidi untuk penyapu, Anyaman dan berfoto ria di rumah penduduk yang ber warna-warni. Jika nasib baik dapat melihat proses pembuatan sampan disana.

Wisata Kampung Nelayan Desa Sungai Kupah dengan Kampuung di Cat Warna Warni Foto
Wisata Kampung Nelayan Desa Sungai Kupah dengan Kampuung di Cat Warna Warni Foto (Danuu Danu)


3. Menelusuri Sungai

Kawasan Wisata Kampung Nelayan merupakan kawasan perairan sungai, tak heran memiliki keindahan pesona sungainya. Anda bisa menyewa Speed boat warga untuk menyelusuri area sungai sambil sesekali berfoto mangabadikan keindahannya.

4. Kantin Tepian Sungai

Anda tidak akan pernah bosan berkunjung kesini, Wisata Kampung Nelayan menyediakan kantin untuk bersantai menikmati berbagai olahan seafood sepert udang dan ikan segar, serta menikmati secangkir kopi di pinggir sungai sambil memandang luas sungai kapuas membayangkan kedamaian, masa depan yang cemerlang.

Pertanyaan yang sering diajukan di Wisata Kampung Nelayan

Berapa tarif masuk ke Wisata Kampung Nelayan?

Untuk masuk ke Wisata Kampung Nelayan Gratis, namun untuk motor yang akan memasuki Wisata Kampung Nelayan harus mendorong motornya memasuki perkanpungan, ini salah satu aturannya atau parkirkan kendaraan di tempat yang telah disediakan. Untuk masuk ke Area bisa berjalan kaki saja.

Adakah Fasilitas MCK di Wisata Kampung Nelayan?

Tersedia fasilitas MCK di Wisata Kampung Nelayan, jadi jangan khawatir.

Apakah ada acara menarik/kalender event di Wisata Kampung Nelayan?

Wisata Kampung Nelayan memiliki acara menarik yaitu Lomba Dayung Sampan Fiberglass Kampung Nelayan 2023 yang dibuka langsung oleh Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan pada hari Minggu, 12 Maret 2023. Untuk kunjungan dan Informasi lebih lanjut hubungi no Desa Wisata Kampung Nelayan Desa Sungai Kupah yang tertera diatas.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Wisata Kampung Nelayan Desa Sungai Kupah, Kubu Raya, Kalimantan Barat"