Review Kampung Kencana, Wisata Kuliner dan Berkebun di Kubu Raya, Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Kampung Kencana adalah wisata kuliner yang dilengkapi dengan taman bermain dan area perkebunan seperti kebun buah, kebun bunga, waterfront, taman serta berbagai spot yang instagramable.

Sesuai dengan namanya, Kampung Kencana menjadi salah satu destinasi wisata keluarga yang merindukan suasana perkampungan. Pengelola sengaja memberikan kesan suasana kampung diantaranya gelas dan piring masih menggunakn seng, yang biasa masyarakat pedesaan dahulu sering menggunakannya.

Belum lagi suasasana persawahan dan perkebunan mengelilingi area makan dan minum disini, yang memunculkan rasa tenang, damai dan sejuk.

Khusus hari minggu, Kampung Kencana menyediakan fasilitas kapal klotok untuk para pengunjung yang ingin menikmati dan menyelusuri sungai dibalakangnya.

Kampung Kencana, Wisata Kuliner dan Berkebun di Kubu Raya, Kalimantan Barat Foto
Kampung Kencana, Wisata Kuliner dan Berkebun di Kubu Raya, Kalimantan Barat Foto

Alamat Kampung Kencana

Kampung Kencana beralamatkan di Jl. Desa Durian, Desa Durian, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat

Kodepost Kampung Kencana :  78241

No telpon Kampung Kencana : 082158314353 (WA) Untuk reservasi.

Google Map Kampung Kencana

Jalur Transportasi menuju Kampung Kencana

Geser gambar untuk melihat seluruh depan Kampung Kencana

Dari Kota Kubu Raya atau Taman Dirgantara Lanud Supadio Kubu Raya ke Kampung Kencana sekitar 15.8 Km atau sekitar 35 menit, melalui jl. arteri supadio menuju bundaran Transmart belok kanan ke jalan major alianyang menuju jl. Desa Durian.

Dari Tugu Alianyang ke Kampung Kencana hanya sekitar 3. 9 Km atau sekitar 10 menit.

Sedangkan dari Pondok Kute atau Jembatan Kapuas 2 ke Kampung Kencana dengan jarak sekitar 5.3 Km atau sekitar 12 menit berkendara.

Apa saja yang menarik di Kampung Kencana

1. Makan Dan Minum

Ruang Makan dan Minum di Kampung Kencana Foto
Ruang Makan dan Minum di Kampung Kencana Foto (Farid Mudlofar)
Tempat Duduk bangku di Kampung Kencana Foto
Tempat Duduk bangku di Kampung Kencana Foto (Farid Mudlofar)
Kampung Kencana menyediakan tempat untuk bersantai, makan dan minum dengan berbagai jenis tempat duduk seperti lesehan, dan serta meja makan dan minum yang memiliki kursi yang tertata rapi dan bersih.

Area untuk makan dan minum cukup luas karena Kampung Kencana awal pembukaan di desain memang dubangun untuk mendirikan wisata kuliner.

Untuk menarik pengunjung sebanyak banayaknya, maka pengelola membangun lagi berbagai tempat yang instagramable.
Foto Makanan di Kampung Kencana
Foto Makanan di Kampung Kencana
Kampung Kencana menyediakan berbagai menu pilihan seperti ayam gorang, ikan gorang, sate, udang tepung, tahu, tempe, sayuran, empe empe dan masih banyak lagi.

Untuk harga dan rasa jangan diragukan lagi, mantab dan harga pas di kantong, mulai dari Rp. 10.000 - Rp. 70.000. Tunggu apa lagi, ramai ramai bersama keluarga tercinta untuk menghabiskan waktu bersama sama di Kampung Kencana.
Daftar Menu Makanan beserta haga di Kampung Kencana Foto
Daftar Menu Makanan beserta haga di Kampung Kencana Foto

Daftar Menu Makanan beserta haga di Kampung Kencana Foto
Daftar Menu Makanan beserta haga di Kampung Kencana Foto

2. Taman Bermain dan Berkebun

Taman Bermain dan Berkebun di Kampung Kencana Foto
Taman Bermain dan Berkebun di Kampung Kencana Foto (workshop Kapten)
Di area ini anak-anak bisa bermain di dalam pondok khusus anak anak. Berbagai mainan ada disini seperti bola bola warna warni, crayon dan kertas untuk kegiatan mewarnai. dan lain lain.

Area ini juga terdapat berbagai tanaman yang bisa anda lihat seperti kebun buah, berbagai tanaman hias, kebun sayuran dan lain lain.

Jika anda beruntung pas waktu panen sayuran dan buah buahan, seperti pare, labu, Timun, kangkung,bayam, sawi, jeruk dan sebagainya.

Pengunjung bisa datang dan memetik buah dan sayuran yang bisa dibawa pulang. Habis makan dapat sayuran segar langsung metik dari sumbernya, waww mantab sekali.

Selain itu Kampung Kecana juga menyediakan Becak, mobil listrik dan sepeda listrik untuk anak anak yang ingin bermain di sekitar kawasan ini.

Dengan biaya Rp.25.000  (senin s/d jumat) dan Rp. 35.000 (sabtu-minggu/hari libur), anak-anak bisa bermain dan belajar cara bercocok tanam. Nanti anak-anak akan membawa pulang sebuah pot beserta bibit di dalamnya yang diberikan kertas tabel untuk pengamatan tanaman.

3. Wisata Edukasi

Berkebun di Kampung Kencana Foto
Berkebun di Kampung Kencana Foto

Di Kampung Kencana juga tersedia paket wisata menarik bagi anda atau sekolah yang ingin study tour di Kampung Kencana seperti Paket Edukasi Berkebun, Gathering, Edukasi memasak dan lain lain.

Di Paket Wisata Edukasi Kampung Kencana, Anda akan dapat pengetahuan tentang berbagai jenis tanaman berserta manfaatnya hingga praktek berkebun mulai cara taman buah, tanamam herbal hingga hidroponik.

4. Mini Zoo

Gambar kelinci imut di Kampung Kencana
Kelinci imut di Kampung Kencana
Terdapat kebun binatang lecil di Kampung Kencana khusus untuk wisata edukasi, memperkenalkan binatang kepada para anak-anak yang berkunjung diantaranya kera, kelinci, ular, burung, yang dikurung di kandang kawat.

Pengunjung bisa mendekat dan memegang binatang yang jinak seperti kelinci yang disukai anak anak, bisa juga memberi makan yang telah disediakan pihak pengelola.

5. Keliling Sungai

Kapal Klotok di Kampung Kencana Foto
Kapal Klotok di Kampung Kencana Foto (Larasati Tauhidia)

Untuk wisata yang satu ini, keliling sungai tidak setiap hari dan hanya pada hari minggu saja. Pengunjung bisa berlayar dengan kapal otok otok yang bisa menampung 20 orang lebih mengelilingi sungai dibelakang Kampung Kencana sambil menikmati sunset dan suasana angin sungai yang menyejukan hati.

Untuk tarif menyelusuri sungai menggunakan kapal otok otok dikenakan beban Rp.20.000/Orang, sedangkan jika anda kelaparan di kapal dan ingin makan harga per porsi makanan di kapal Rp. 120.000/Orang

Untuk jadwal keberangkatannya setiap pukul 13.00, 15.00,  dan 17.00 WIB.dan mendapat bonus satu mineral botol ukuran sedang merk Blue.

Kapal ini mengeluarkan suara yang cukup berisik yang ditimbulkan suara mesin, jadi bagi anda yang kurang suka dengan kebisingan bisa mempertimbangkannya sebelum naik kapal otok otok.

6. Waterfront Kencana

Waterfront Kencana Foto
Waterfront Kencana Foto
Waterfront Kencana merupakan fasilitas umum milik perumahan MS. kencana berupa lapangan basket, taman mini. tempat duduk, gazebo untuk bersantai, lampu lampu, jalan trotoar, Spot foto untuk berfoto foto, kemudian melihat lihat pemandangan sungai dan lain lain.

Di area in juga kapal otok otok berlabuh untuk menaikan dan menurunkan penumpang yang ingin jalan jalan keliling sungai.

Pertanyaan yang sering ditanyakan di Kampung Kencana

Berapa tarif masuk ke Kampung Kencana?

Tarif masuk ke kampung kencana cukup membayar makanan dan minuman serta fasilitas lain yang anda sewa di Kampung Kencana

Apakah ada MCK di Kampung Kencana?

Pengelola Kampung Kencana telah menyediakan fasilitas MCK yang bersih.

Kapan Buka dan tutup Kampung Kencana?

Kampung Kencana BUKA SETIAP HARI

  • 10.30 - 20.00 (Senin - Jumat)
  • 09.00 - 21.30 (Sabtu, Minggu & Hari Libur)
Apakah bisa reservasi terlebih dahulu di Kampung Kencana?
Ya, anda bisa reservasi jika ingin berwisata di Kampung Kencana pada nomor yang tertera diatas, namun dengan syarat untuk reservasinya dilayanin hari H - 1 sebelum acara. 

Kepoin IG Kampung Kencana untuk informasi promo dan berita terupdate

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Kampung Kencana, Wisata Kuliner dan Berkebun di Kubu Raya, Kalimantan Barat"