Review Wisata Religi Pesantren MU'INUL ISLAM, Kubu Raya, Kalimantan Barat

 Pacurajipost.com - Pesantren MU'INUL ISLAM adalah lembaga pendidikan keagamaan dengan luas area sekitar 2 Ha yang memiliki bidang usaha penanaman anggur, budidaya madu dan budidaya ikan arwana.

Lokasi yang asri, dipenuhi dengan bangunan dan sekelilingnya ditumbuhi pepohonan rindang, Pohon Kelapa, berbagai tanaman bunga yang wangi, jalanan yang rapi dan beton, menjadikan Pesantren MU'INUL ISLAM layak dijadikan Objek WIsata Religi.

Wisata Religi Pesantren MU'INUL ISLAM, Kubu Raya, Kalimantan Barat
Wisata Religi Pesantren MU'INUL ISLAM, Kubu Raya, Kalimantan Barat


Alamat Pesantren MU'INUL ISLAM

Pesantren MU'INUL ISLAM beralamatkan di Jl. Primer Jeruju Darat, Desa Jeruju Besar, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat

Kodepost Pesantren MU'INUL ISLAM : 78381

No telpon Pesantren MU'INUL ISLAM :085349364558, 081345349807

Google Map Pesantren MU'INUL ISLAM

Jalur Transportasi menuju Pesantren MU'INUL ISLAM

Geser gambar untuk melihat simpang menuju Wisata Religi Pesantren MU'INUL ISLAM dengan jarak sekitar 240 meter dari simpang jalan raya

Wisata Religi Pesantren MU'INUL ISLAM berada di lokasi hutan dan pohon kelapa, dimana  pemandagan yang sangat mencolok terdapat ribuan pohon kelapa disekitar pondok serta pepohoan rindang.

Pesantren MU'INUL ISLAM berdekatan dengan  Taman Agro Wisata Rekadana yang jaraknya hanya sekitar 600 meter atau 1 menit berkendara.

Dari pusat kota Kuburaya atau dari Taman Dirgantara Lanud Supadio menuju Wisata Religi Pesantren MU'INUL ISLAM hanya sekitar 34.5 Km atau sekitar 1 jam 10 menit  berkendara melalui jalan arteri supadio menuju Jl. Ahmad Yani ke Jalan komodor yos sudarso  menuju jalan pramuka ke Jl. Primer Jeruju Darat.

Dari Wisata Amal Zone menuju Pesantren MU'INUL ISLAM hanya berjarak sekitar 13.4 Km atau sekitar 30 menit berkendara.

Dari Agro Wisata Dream Land ke Pesantren MU'INUL ISLAM hanya berjarak sekitar 19.6 Km atau sekitar 50 menit berkendara.

Sedangkan dari Restoran Teratai Indah dan Restoran Pantai Indah Kakap hanya berjarak sekitar 9.8 Km atau sekitar 25 menit berkendara.

Profil Sigkat Pesantren MU'INUL ISLAM 

Pesantren MU'INUL ISLAM memiliki luas sekitar 2 Ha yang dipimpin oleh Ustadz Muhid mendirikan pesantren untuk mendidik putra putri yang ingin mendalami Agama Islam yang berfokus di bidang Thafidz Qur'an dan 'Alim Kitabi dan tujuan akhir menjadikan santri yang berbudi luhur, menghormati perbedaan, dan cinta akan alam sekitar.

Pondok Pesantren MU'INUL ISLAM dengan akta notaris no.02 tanggal 20 Juli 2016 dan ijin KEMENAG Kubu Raya no. 296 tahun 2017. membuka pendaftaran siswa baru setiap tahunnya. Untuk informasi biaya dan sebagainya hubungi nomor yang tertera diatas.

Di kawasan sekitar 2ha ini, Ustadz Muhid dibantu beberapa asatidz mengasuh 160 santri. 50 santri akhwat dan 110 santri ikhwan tinggal di asrama yang diberi pembatas yang tidak boleh dilanggar.

Di lokasi ini dibuat parit-parit yang selain airnya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, juga sebagai tempat pembiakan ikan air tawar.

Pesantren MU'INUL ISLAM dikelilingi kebun kelapa, membuat pesantren ini sangat teduh dan selalu diterpa angin, dengan bangunan utamanya adalah mushalla yang diatasnya difungsikan sebagai asrama santri ikhwan.

Apa yang menarik di Pesantren MU'INUL ISLAM

1. Kebun Anggur Import

Green Houuse Buah anggur di Pondok Pesantren MU'INUL ISLAM Foto
Green Houuse Buah anggur di Pondok Pesantren MU'INUL ISLAM Foto
Menurut Ustad Muis Pengurus Pondok Pesantren MU'INUL ISLAM, Kebun anggur di green house bibitnya berasal dari Negara Ukraina dan Jepang. 

Tanaman Anggur di green house Pesantren MU'INUL ISLAM memiliki 30 batang dengan 11 varian. Pengunjung bisa masuk dan melihat-lihat lebatnya buah anggur yang menggantung diatas tali-tali yang di gantung seperti jemuran.

Untuk anda yang ingin bercocok tanam anggur juga recomended untuk datang kesini, menimba ilmu pengetahuan cara menanam anggur, cara merawat anggur, pupuk apa saja supaya anggur bisa tumbuh dengan subur dan berbuah lebat.

2. Lebah Madu Trigona

Pengunjung sedang memcicipi madu trigona langsung dari sarangnya di Pesantren MU'INUL ISLAM Foto
Pengunjung sedang memcicipi madu trigona langsung dari sarangnya di Pesantren MU'INUL ISLAM Foto
Pesantren MU'INUL ISLAM juga membudidayakan madu trigona sebagai usaha mandiri pesantren. Madu Trigona dikalimantan barat masyarakat menyebutnya madu kelulut.

Menurut Ustad Muis Pengurus Pondok Pesantren MU'INUL ISLAM, Untuk rasa Madu Trigona tergantung dari bunga yang dimakan sang lebah. Kadang manis pahit, manis asam, dan asam kesimpulannya rasanya manis asam.

Tamu yang berkunjung kesini bisa mencoba sensasi madu kelulut dengan menyedot madu langsung dari sarangnya. Rasa Manis asam dan segar akan anda rasakan.

Produk Madu Kelulut Trigona Pesantren MU'INUL ISLAM Foto
Produk Madu Kelulut Trigona Pesantren MU'INUL ISLAM Foto

Selain itu, Madu Trigona di Pesantren MU'INUL ISLAM telah dipasarkan ke berbagai daerah di Indoesia dengan kemasan yang menarik dan memperoleh izin edar bersertifikat halal.

Sekilas Tentang Madu Trigona

Madi Trigona atau madu kelulut foto
Madi Trigona atau madu kelulut foto
berikut beberapa informasi tentang Lebah Madu Trigona :

  • Lebah madu Trigona adalah sekelompok lebah tak bersengat yang ditemukan di daerah tropis dan subtropis di seluruh dunia.
  • Ada lebih dari 500 spesies lebah Trigona, dan ukuran, warna, dan perilakunya bervariasi.
  • Lebah Trigona adalah serangga sosial, dan mereka hidup dalam koloni yang ukurannya berkisar dari beberapa ratus hingga beberapa ribu individu.
  • Lebah Trigona adalah penyerbuk penting, dan mereka memainkan peran penting dalam ekosistem.
  • Madu Trigona adalah makanan yang lezat dan bergizi, dan telah digunakan selama berabad-abad karena khasiat obatnya.

Madu Trigona dikenal dengan teksturnya yang lembut dan lembut serta rasanya yang manis dan lembut. Madu ini juga tinggi antioksidan dan nutrisi lainnya, dan telah terbukti memiliki sejumlah manfaat kesehatan, termasuk:

  • Peningkatan kesehatan jantung
  • Mengurangi peradangan
  • Peningkatan penyembuhan luka
  • Imunitas yang ditingkatkan
  • Peningkatan kualitas tidur
  • Mengurangi tingkat stres
  • menyembuhkan penyakit maag
  • menyembuhkan penyakit batuk berdahak

Madu Trigona adalah makanan yang aman dan sehat bagi kebanyakan orang, namun penting untuk diperhatikan bahwa madu ini dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang. Jika Anda belum pernah mencoba madu Trigona sebelumnya, sebaiknya mulai dengan jumlah kecil dan lihat bagaimana reaksi Anda.

3. Ikan Arwana

Foto Jenis Ikan Arwana di Wisata Religi Pesantren MU'INUL ISLAM
Foto Jenis Ikan Arwana di Wisata Religi Pesantren MU'INUL ISLAM
Pesantren MU'INUL ISLAM juga membudidayakan ikan arwana atau bahasa kalimantan barat terkenal dengan ikan siluk.

Pengunjung bisa melihat secara jelas dari jarak dekat keindahan ikan arwana yang sangat jinak, Sangat cocok membawa keluarga anda untuk berwisata ke wisata religi Pesantren MU'INUL ISLAM.

Ikan Arwana Jinak di Pesantren MU'INUL ISLAM Foto
Ikan Arwana Jinak di Pesantren MU'INUL ISLAM Foto

4. Spot Foto

Spot Foto Suasana Alam di Pesantren MU'INUL ISLAM Foto
Spot Foto Suasana Alam di Pesantren MU'INUL ISLAM Foto
Keindahan alam dan taman di Pesantren MU'INUL ISLAM membuat tangan anda tak henti henti memegang kamera HP untuk mengabadikan momen di lokasi Pesantren MU'INUL ISLAM.

Udara yag sejuk dikelilingi pepohonan, tanaman dan bunga, recomended untuk dijadikan spot foto yang menarik bernuansa alam.

5. Spot Mancing

Spot Pemancingan di Pesantren MU'INUL ISLAM Foto
Spot Pemancingan di Pesantren MU'INUL ISLAM Foto
Nah.....yang tidak kalah menarik ini ada spot mancingnya di Pesantren MU'INUL ISLAM. Sambil bersantai menikmati suasana pesantren, anda akan dibawa susasana strike yang tidak ada duanya.

Area mancingnya cukup luas disekelilingnya ada pohon kelapanya. Dibawah pohon kelapa sambil ngadem anda akan dibawa strike ikan nila babon.

Pertanyaan yang sering ditanyakan di Pesantren MU'INUL ISLAM

Berapa tiket masuk ke Pesantren MU'INUL ISLAM?

Pesantren MU'INUL ISLAM belum memberikan tiket retribusi untuk biaya masuk dan tidak menutup kemunkinan kedepan diterapkan tarif retribusi.

Apakah ada MCK di Pesantren MU'INUL ISLAM?

Pesantren MU'INUL ISLAM yang pastinya menyediakn fasilitas MCK.

Apakah saya bisa membeli ikan air tawar di Pesantren MU'INUL ISLAM?

Ya, Pesantren MU'INUL ISLAM selain membudidayakan ikan air tawar juga memiliki usaha air tawar yang bisa dibeli para pengunjung untuk oleh oleh dibawa pulang.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Wisata Religi Pesantren MU'INUL ISLAM, Kubu Raya, Kalimantan Barat"