Review Wisata Religi Darul Fikri, Kubu Raya, Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Wisata Religi Darul Fikri adalah Objek Wisata Buatan di Kawasan Pondok Pesantren Darul Fikri berupa taman, Replika Kapal Nabi Nuh, Kuliner, Kebun Binatang, Kebun Anggur, Kolam Pemancingan, Wisata Persawahan, Homestay dan masih banyak lagi.

Wisata Religi Darul Fikri, Kubu Raya, Kalimantan Barat Foto
 Wisata Religi Darul Fikri, Kubu Raya, Kalimantan Barat Foto (Ali Afif)

Asal nama "Darul Fikri" itu sendiri berasal dari pemberian dari Ki Hajar Abdullah yang berarti Desa Berfikir atau disebut juga suatu tempat yang berfikir

Pemimpin Pondok Pesantren Darul Fikri, Ustad Nur Kholik mengatakan bahwa tujuan dibangunnya tempat wisata religi di pesantren ini untuk menopang biaya operasional pondok pesantren tanpa ingin membebani pihak lain.

"Alasan dibangunnya tempat wisata religi ini adalah salah satunya sebagai unit usaha untuk menopang pondok pesantren yang diperioritaskan untuk anak-anak yatim, du'afa dan broken home. Sehingga tidak membebani para donatur dan umat" Ucap Ustad Nur Kholik.

Alamat  Wisata Religi Darul Fikri

Wisata Religi Darul Fikri beramatkan di  Jl. Sungai Belidak Gang H Jelai, Dusun Karya Tani, Desa Sungai Belidak, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Indonesia

Kodepost Wisata Religi Darul Fikri : 78381

No telpon Wisata Religi Darul Fikri : 081345612246

Google Map Wisata Religi Darul Fikri

Jalur Transportasi menuju Wisata Religi Darul Fikri

Geser gambar untuk melihat sekeliling pintu masuk ke Wisata Religi Darul Fikri

Wisata Religi Darul Fikri berada di lokasi persawahan yang disulap menjadi Pondok Pesantren.

Dari pusat kota Kuburaya atau dari Taman Dirgantara Lanud Supadio menuju Wisata Religi Darul Fikri hanya sekitar 33.7 Km atau sekitar 1 jam  berkendara melalui jalan arteri supadio menuju Jl. ampera Jalan Husein Hamzah ke Jalan Raya Sungai kakap menuju Dusun dan Jalan Karya Tani..

Dari Wisata Amal Zone menuju Wisata Religi Darul Fikri hanya berjarak sekitar 5.1 Km atau sekitar 14 menit berkendara.

Dari Agro Wisata Dream Land ke Wisata Religi Darul Fikri hanya berjarak sekitar 10.3 Km atau sekitar 30 menit berkendara.

Sedangkan dari Restoran Teratai Indah dan Restoran Pantai Indah Kakap hanya berjarak sekitar 7.3 Km atau sekitar 12 menit berkendara.

Apa yang menarik di Wisata Religi Darul Fikri

1. Taman Cinta

Taman cinta di Wisata Religi Darul Fikri Foto
Taman cinta di Wisata Religi Darul Fikri Foto (Wafa Spataz)
Wisata Religi Darul Fikri memiliki taman yang dilengkapi dengan jalan setapak beton dengan kanan dan kiri jalan ditanami bunga bunga indah dan tanaman lain. Terdapat juga jembatan kecil yang membelah aliran parit kecil serta beberapa pendopo yang dilengkapi dengan meja dan kursi untuk bersantai.

Terlihat juga Ban-ban mobil bekas yang disusun rapi dan di cat warna warni minghiasi area sepanjang taman, agar taman semakin indah dan msyarakat yang datang betah berlama -lama sambil mengabadikan momen.

2. Kapal Nabi Nuh

Kapal Nabi Nuh di Wisata Religi Darul Fikri Foto
Kapal Nabi Nuh di Wisata Religi Darul Fikri Foto (Dewi Damayanti)
Di area taman Wisata Religi Darul Fikri terdapat Kapal air didalam kolam yang dinamakan Kapal Nabi Nuh.

Pengunjung bisa naik diatas kapal tersebut yang dilengkapi dengan peralatan komplit untuk berlayar seperti tempat tidur, ruang nahkoda, bahkan bisa naik ke lantai 2 kapal untuk melihat keindahan Tama di pesantren dari atas kapal, waw mantab pokoknya.

3. Kebun Binatang

Area Kebun Binatang di Wisata Religi Darul Fikri Foto
Area Kebun Binatang di Wisata Religi Darul Fikri Foto (randi sapoetra)

Mini Zoo ini ada monyet, ular, kelinci, ayam kalkun dan berbagai jenis binatang lainnya di kurung didalam kandang transparan pagar kawat yang bisa anda lihat di Wisata Religi Darul Fikri.

Sehingga, Wisata Religi Darul Fikri sangat cocok juga sebagai wisata edukasi dengan memperkenalkan kepada siswa siswa yang ingin belajar mengenal bentuk bentuk binatang secara langsung,

4. Kebun Anggur

Budidaya Anggur di Wisata Religi Darul Fikri Foto
Budidaya Anggur di Wisata Religi Darul Fikri Foto (Dwi Arianto)
Kebun anggur di Wisata Religi Darul Fikri telah menerapkan teknologi tinggi dengan media penyiraman air serba otomatis karena dilengkapi dengan peralatan kontrol dan timer yang telah di set.

Pengunjung bisa melihat dan masuk secara langsung ke area kebun anggur ini untuk belajar, melihat lihat, siapa tahu bisa membudidayakan anggur di rumah masing masing yang terinspirasi dari tanaman anggur yang dikembangkan Wisata Religi Darul Fikri.

Kebun Anggur di Wisata Religi Darul Fikri Foto
Kebun Anggur di Wisata Religi Darul Fikri Foto (Lukman HP)
Terlihat sangat lebat buah anggur yang dihasilkan di budidaya di PONPES Darul Fikri. Buah anggur yang berbuah lebat akan menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk mencoba membudidayakan anggur khususnya di daerah Kalimantan Barat.


5. Pemancingan

Kolam Pemancingan Wisata Religi Darul Fikri Foto
Kolam Pemancingan Wisata Religi Darul Fikri Foto (randi sapoetra)
Hal yang menarik lainnya adalah anda bisa menghabiskan waktu di Wisata Religi Darul Fikri dengan memancing di kolam yang telah disediakan. Kolam pemancingan ini berisi ikan seperti nila, patin, bawal, gurame, jelawat, lele dan gabus.

Pengunjung tidak perlu repot repot bawa kail, karena di Wisata Religi Darul Fikri tersedia penyewaan pancing. Untuk harga sewa pancing hanya Rp. 10.000 sudah termasuk pakan pancing. Cukup murah meriah.

Jika anda ingin membawa oleh oleh ikan bisa, dengan harga Rp. 40.000/kg ikan bisa dibawa pulang. Atau ingin dimasakin disini juga bisa dengan biaya masak hanya Rp. 10.000/kg. Sangat amat murah sambil bersodakoh/beramal di Wisata Religi Darul Fikri.

5. Kuliner Anti Galau

Wisata Religi Darul Fikri menyediakan kuliner berbagai jenis menu makanan dan minuman dengan sebagian besar bahan didominasi masakan yang mengandung ikan. Sambil berwisata, sambil juga memperbaiki gizi, karena ikan sangat kaya akan nilai gizi bagi tubuh kita.

Jika anda sedang galau, sangat cocok pergi ke Wisata Religi Darul Fikri. Pondok anti galau juga ada disini, dilengkapi dengan Wifi gratis, meja panjang, dengan duduk dilantai, sambil menikmati kuliner, menjadikan galau anda akan hilang seketika, ditambah lagi dengan suasana pesantren yang sejuk dan damai.

6. HomeStay

Homestay di Wisata Religi Darul Fikri Foto
Homestay di Wisata Religi Darul Fikri Foto
Wisata Religi Darul Fikri juga menyediakan beberapa homestay bagi anda yang ingin menginap. Homestai ini berada dikawasan Pesantren dan taman jadi sangat cocok untuk anda menghabiskan akhir pekan bersama keluarga di Wisata Religi Darul Fikri

7. Usaha Bengkel Las

Selain wisata religinya, Wisata Religi Darul Fikri juga membuka usaha bengkel las, pemasangan teralis besi, kanopi, pagar, balkon dan lain lain.

Pertanyaan yang sering ditanyakan di Wisata Religi Darul Fikri

Berapa tiket masuk ke Wisata Religi Darul Fikri?

Cukup dengan membayar Rp. 5000/orang anda sudah bisa menikmati alam Wisata Religi Darul Fikri.

Apakah sudah ada MCK di Wisata Religi Darul Fikri?

Wisata Religi Darul Fikri menyediakan MCK untuk pengunjung.

Berapa harga permalam menginap di homestay Wisata Religi Darul Fikri?

Untuk anda yang ingin menginap, harga pstinya hubungi nomor yang tertera diatas.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Wisata Religi Darul Fikri, Kubu Raya, Kalimantan Barat"