Titik Nol IKN Nusantara, Menjadi Kunjungan Wisata

 Pancurajipost.com - Titik Nol IKN Nusantara adalah sebuah monumen yang terletak di Pemaluan, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Monumen ini menjadi titik tolak pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang baru.

Titik Nol IKN Nusantara
Titik Nol IKN Nusantara Foto (Xavid Rivai)


Titik Nol IKN Nusantara: Simbol Kebangkitan Indonesia

Titik Nol IKN Nusantara dibangun dengan desain yang sederhana namun memiliki makna yang sangat dalam karena bersejarah, Indonesia memiliki Ibukota Baru. Monumen ini berbentuk segi empat kubus dengan tinggi sekitar lutut orang dewasa. Di bagian sisi monumennya terdapat halaman luas yang di lis melingkar untuk menonjolkan titik nol berada.

Titik Nol IKN Foto
Titik Nol IKN Foto

Pada tanggal 14 Maret 2022, Presiden Joko Widodo bersama dengan seluruh Kepala Gubernur se-Indonesia, melakukan ritual Kendi Nusantara di Titik Nol IKN Nusantara. Ritual ini merupakan simbol penggabungan tanah dan air dari 34 provinsi di Indonesia.

Ritual Kendi Nusantara

Prosesi Kendi Nusantara telah dilaksanakan hari ini di titik nol ibu kota negara (IKN), yaitu di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Acara penyatuan tanah dan air dari 34 provinsi di Indonesia ini dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) beserta para gubernur se-Indonesia.
Kendi Nusantara Foto
Kendi Nusantara Foto (CNN Indonesia)

Rangkaian acara Kendi Nusantara ini diungkapkan oleh Kepala Biro Humas Setda Pemprov Kaltim, HM Syafranuddin. Dalam prosesi ini, seluruh gubernur di Indonesia diminta untuk berkumpul di titik nol IKN dengan membawa air dan tanah dari daerah masing-masing. Air dan tanah tersebut kemudian digabung dan disimpan dalam sebuah kendi yang bernama Kendi Nusantara (Senin, 14 Maret tahun 2022).

Penggunaan nama Kendi Nusantara sebagai wadah air dan tanah merupakan simbolis wilayah Indonesia dari Aceh hingga Papua yang menjadi nama Nusantara. Air dan tanah ini melambangkan kearifan lokal dari setiap daerah di Indonesia yang tergabung dalam Kendi Nusantara.

Titik Nol IKN Nusantara sebagai simbol kebangkitan Indonesia

Titik Nol IKN Nusantara tidak hanya sekedar sebuah monumen biasa. Monumen ini juga menjadi simbol kebangkitan Indonesia.

Pembangunan IKN Nusantara merupakan sebuah proyek besar yang menandai dimulainya babak baru bagi Indonesia. IKN Nusantara diharapkan dapat menjadi pusat pemerintahan yang modern dan berkelanjutan.

Titik Nol IKN Nusantara menjadi simbol dari harapan dan cita-cita bangsa Indonesia. Monumen ini mengingatkan kita bahwa Indonesia adalah negara yang besar dan dinamis. Indonesia terus bergerak maju dan berkembang untuk menjadi negara yang lebih baik.

Titik Nol IKN Nusantara dan potensi wisata

Titik Nol IKN Nusantara tidak hanya memiliki nilai historis dan simbolis, tetapi juga memiliki potensi wisata yang besar.

Lokasi Titik Nol IKN Nusantara berada di tengah-tengah hutan yang masih asri. Pemandangan alam di sekitar monumen ini sangat indah dan menyejukkan mata.

Dengan potensi wisata yang besar tersebut, Titik Nol IKN Nusantara diprediksi akan menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Kalimantan Timur. Monumen ini akan menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Titik Nol IKN Nusantara kini telah menjadi salah satu destinasi wisata baru di Kalimantan Timur. Setiap harinya, ribuan wisatawan datang untuk melihat monumen ini dan menikmati pemandangan hutan yang masih asri di sekitarnya.

Alamat Titik Nol IKN Nusantara

Titik Nol IKN Nusantara beralamatkan di Desa Pemaluan, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur
Kodepost Titik Nol IKN Nusantara : 76147
Nomor Telpon Titik Nol IKN Nusantara: 021 8758061 (Badan Informasi Geospasial)

Google Map Titik Nol IKN Nusantara

Jalur Transportasi Menuju Titik Nol IKN Nusantara

Geser gambar untuk melihat simpang empat Pos Jaga Titik Nol IKN Nusantara
Dari Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan menuju Titik Nol IKN Nusantara hanya berjarak sekitar 94.1 Km atau sekitar 2 jam 12 menit melalui jalan Soekarno Hata.

Setelah menjumpai Perempatan jalan terdapat Pos Jaga Titik Nol IKN Nusantara masuk Pos Jaga lurus kemudian belok kiri lurus dan belok kiri lagi anda langsung sampai ke tempat parkiran yang telah disediakan.

Untuk kondisi jalan aman dan ramah bisa dilalui dengan mulus menggunakan kendaraan baik roda dua dan roda empat menuju jalan masuk ke Titik Nol IKN Nusantara.

Apa saja yang menarik di Titik Nol IKN Nusantara


1. Peta Indonesia, Tugu dan Tulisan Titik Nol IKN Nusantara

Puncak Tugu Titik Nol IKN
Puncak Tugu Titik Nol IKN Foto (Reza Muhammad)

Memasuki area Titik Nol IKN Nusantara, anda akan menjumpai Peta Indonesia yang di tanam di tembok. Lokasi ini juga biasa digunakan para pengunjung untuk berfoto ria untuk meninggalkan jejak digitaknya ke media sosial.

Kemudian anda akan menjumpai tangga panjang berundak menuju kebawah, disitulah lokasi Titik Nol IKN Nusantara berada, terdapat juga tulisan besar bertuliskan "Titik Nol IKN Nusantara".

2. Tanaman Para Pejabat

Tangga dan Tanaman para Gubernur di Titik Nol IKN Nusantara
Tangga dan Tanaman para Gubernur di Titik Nol IKN Nusantara Foto (Muhammad Yunus)


Disekitar Titik Nol IKN Nusantara berada, disekelilingnya terdapat berbagai macam aneka tanaman dari seluruh Indonesia yang dibawa oleh para pimpinan Gubernur. Tanaman tanaman ini diberi nama sesuai daaerah Provinsi masing masing.

3. Pepohonan Rindang


Disekitar Titik Nol IKN Nusantara juga telah tumbuh pepohonan yang rindang dan lurus lurus. Sangat indah dipandang mata. Pepohonan ini hampir mengelilingi kawasan Titik Nol IKN Nusantara.

4. Fasilitas


Titik Nol IKN Nusantara juga dilengkapi dengan fasilitas Free Wifi, yang biasa digunakan para pengunjung untuk berselancar di Area Titik Nol IKN Nusantara, sehingga betah berlama lama disana.

Selain itu juga terdapat pendopo yang didalamnya berisi peta dan rencana pembangunan Titik Nol IKN Nusantara.

Pertanyaan yang sering ditanyakan di Titik Nol IKN Nusantara

Berapa tarif masuk ke Titik Nol IKN Nusantara?
Tidak ada tarif masuk ke Titik Nol IKN Nusantara alias gratis

Apakah ada MCK di Titik Nol IKN Nusantara?
Ya, Titik Nol IKN Nusantara sudah dilengkapi dengan Fasilitas toilet umum.

Kapan pertama kali membangun Titik Nol IKN Nusantara?
Titik Nol IKN Nusantara dibangun pertama kali sekitar bulan Februari 2022. Ini adalah langkah awal dalam membangun Ibu Kota Nusantara yang akan menjadi bagian penting dari sejarah kebangkitan Indonesia menuju "Indonesia Emas 2045".
YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Titik Nol IKN Nusantara, Menjadi Kunjungan Wisata"