Review Taman Bekapai, Tempat Santai di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur

 Pancurajipost.com - Ada sebuah taman umum dan gratis dekat dengan pusat kota, pasar, pantai dan hotel di Balikpapan. Taman ini dinamakan Taman Bekapai yang berada di tepi jalan raya dan di malam hari, banyak pedagang kaki lima yang menawarkan berbagai pilihan makanan lezat seperti bakso, sate, mie goreng, nasi goreng, dan soto. 

Taman Bekapai, Tempat Santai di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur
Taman Bekapai, Tempat Santai di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Foto (Merlion Dean Pratama)

Selain itu, tersedia juga berbagai macam minuman seperti es krim, minuman panas, dan minuman dingin. Taman Bekapai ini sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga terutama di malam hari karena banyak pedagang kaki lima yang berjejer menawarkan berbagai jenis makanan dan minuman.

Nama dari Taman Bekapai sendiri adalah nama salah satu area platform offshore yang dimiliki oleh Total Indonesie yang berlokasi di Selat Makassar. Sejak tahun 1972, platform ini telah berhasil memproduksi minyak dan gas.

Alamat Taman Bekapai

Taman Bekapai beralamatkan di Jl. Jenderal Sudirman No.86, RT11, Kelurahan Klandasan Ulu, Kecamatan Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Kodepost Taman Bekapai: 76112 

Nomor Telpon Taman Bekapai: -

Google Map Taman Bekapai

Jalur Transportasi menuju Taman Bekapai

Geser gambar untuk melihat sekeliling pinggir jalan raya Jend. Sudirman di Taman Bekapai

Taman Bekapai berada di sepanjang jalur hijau yang berhadapan dengan kantor PLN Balikpapan.

Dari Masjid Agung At-Taqwa Balikpapan ke taman bekapai yang sekitar 500 meter saja atau sekitar 5 menit berjalan kaki, Sedangkan darii Plaza Balikpapan hanya sekitar 750 meter berjalan kaki sekitar 12 menit saja.

Dari Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan menuju Taman Bekapai hanya berjarak sekitar 11 Km atau waktu tempuh sekitar 20 menit saja melewati Jl. Marsma R. Iswahyudi menuju Jl. Jenderal Sudirman.

Untuk mengakses Taman Bekapai melalui kendaraan umum,  Anda dapat menggunakan angkutan nomor 2 dan nomor 6.

Apa yang menarik di Taman Bekapai

Geser gambar untuk melihat sekeliling Taman Bekapai

a. Sejarah Taman Bekapai

Taman ini dulunya merupakan sebuah pemukiman padat yang telah berubah fungsi menjadi taman karena terjadi kebakaran besar di pasar klandasan. 

Tahun 1997 hingga 1998

Pembangunan Taman Bekapai disponsori oleh Pertamina dan Total Indonesie, dengan pembangunan yang dilakukan pada periode 1997 hingga 1998. Taman ini kemudian diresmikan pada tanggal 28 Oktober 1998 oleh Walikota Balikpapan, H. Tjutjup Suparna.

Tahun 2001

Bapak Tjutjup Suparna, mantan walikota Balikpapan, menjabat sebagai walikota pada periode 1991-2001 dan dikenal sebagai salah satu walikota yang gemar bertaman. Kota ini memiliki banyak taman, dan salah satu sumbangsih dari Walikota Tjutjup Suparna adalah Golf & Resort Karang Joang Balikpapan.

Awalnya, sebelum dijadikan lapangan golf, kawasan ini merupakan HPH (Hutan Produksi Hutan) yang dimiliki oleh salah satu perusahaan kayu milik etnis Tionghoa di Balikpapan. 

Namun, lama kelamaan bisnis kayu tidak lagi menguntungkan, sehingga pemilik perusahaan mempunyai ide untuk mengubah fungsi lahan menjadi lapangan golf, mengingat Balikpapan kini menjadi kota industri dengan banyak penanaman modal asing yang ada di dalamnya.

Jadi, Nama kata Bekapai merupakan nama salah satu area platform offshore yang dipunyai oleh Total Indonesie yang berlokasi di Selat Makassar. Sejak tahun 1972 yang memproduksi minyak dan gas.

b. Area Hunting Kuliner

Wisata Kuliner di Taman Bekapai
Wisata Kuliner di Taman Bekapai pada malam hari. Foto (Dodi Supriatno)
Taman Bekapai menjadi surga para pencari menu makanan yang enak tapi ramah di kantong, pilihannya adalah di area Taman Bekapai yang banyak ditempati para pedagang gerobak yang menyajikan berbagai macam menu makanan dan minuman ringan.

Terdapat bangku dan meja berderet di Taman Bekapai tanpa atap alias ruang terbuka yang menimbulkan sensasi makan diluar tanpa atap, yang kata orang bisa menambah selera makan.

Pada malam hari biasanya ada festival makanan di taman bekapai, banyak makanan seperti nasi goreng, mie goreng, lalapan ayam bebek, rujak buah, rujak cingur, gado gado,telur sosis gulung, mie ayam, ayam bakar, ikan bakar, dan masih banyak lagi.

c. Tempat Santai

Kebun Bunga di Taman Bekapai
Kebun Bunga di Taman Bekapai. Foto (I Hartina)

Taman Bekapai tersedia banyak tempat duduk baik yang disediakan oleh para pedagang maupun yang telah ada di taman ini dengan bahan semen yang dipakai untuk bersantai, duduk, duduk, piknik, bincang-bincang, sambil melihat kendaraan lalulalang. Oiya..ada fasilitas restroomnya juga.

Terdapat live musik juga di Taman Bekapai, yang bisa menambah semarak suasana malam yang semakin mengasikan di taman ini.

d. Taman dan Air Terjun

Air Terjun di Taman Bekapai
Air Terjun di Taman Bekapai. Foto (Rendy)


Taman Bekapai juga ditanami berbagai macam tumbuhan bunga yang menarik serta terdapat kolam bulat yang ditengahnya terdapat air mancur yang jika malam hari akan terasa indah dan makin membuat betah berlama-lama di taman ini.

e. Parkir

Geser gambar untuk melihat sekeliling area Parkir Taman Bekapai

Untuk area parkir sangat luas sepanjang jalan depan kantor PLN untuk mobil dan kendaraan sepeda motor, yang bisa dengan leluasa untuk keluar masuk kendaraan.

Pertanyaan yang sering ditanyakan di Taman Bekapai

Berapa tarif masuk ke Taman Bekapai?

Karena Taman Bekapai termasuk area publik maka gratis, namun para pegunjung diharapkan untuk menjaga fasilitas yang ada di Taman Bekapai dengan baik, jangan ada corat coret dll.

Apakah tersedia MCK di Taman Bekapai?

Di Taman Bekapai tersedia toilet, jadi anda jangan hawatir.

Waktu yang bagus untuk datang ke Taman Bekapai itu kapan?

Sebaiknya jika anda ke Taman Bekapai, waktu yang recomended pada malam hari saja, karena ada spot bekapai space. Isinya tenant- tenant kuliner, kebanyakan berjenis tenant lalapan ayam dan bebek goreng yang mulai buka bekapai space nya di jam 4 sore sampai jam 12 malam. Sedangkan untuk ke taman bekapai nya, selalu terbuka karena fasilitas umum

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Taman Bekapai, Tempat Santai di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur"