Review Pantai Monpera, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur

 Pancurajipost.com - Pantai Monpera adalah Wisata Pantai yang berada di pusat kota Balikpapan. Selain pantainya, di lokasi ini terdapat Monumen Perjuangan Rakyat Kalimantan Timur yang berada di dalam taman sebelum menuju pantai. Lokasinya sangat sejuk dan nyaman, cocok untuk berjalan-jalan sore dan bersantai, serta dapat bermain dan berenang di pantai.

Pantai Monpera, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur
Pantai Monpera, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Foto (Davit Geriawan)

Pantai Monpera merupakan salah satu pantai yang terkenal di kota ini karena berdekatan dengan kawasan penting perdagangan dan pemerintahan. Terletak di tepi laut, pantai ini menawarkan pemandangan yang memukau dengan pasir putihnya yang lembut dan air laut yang jernih.

Alamat Pantai Monpera 

Pantai Monpera beralamatkan di Jl. Jenderal Sudirman No.1, RT.11, Kelurahan Klandasan Ulu, Kecamatan Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur

Kodepost Pantai Monpera : 76112 

Nomor telpon Pantai Monpera : -

Google Map Pantai Monpera 

Jalur Transportasi menuju Pantai Monpera 

Geser gambar untuk melihat sekeliling pintu masuk ke Pantai Monpera

Pantai Monpera berada di sebelah gedung pertemuai balai sudirman, Biru Laut Restauran dan seberang Kodam VI Mulawarman, Waja Sampai Kaputing.

Dari Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan menuju Pantai Monpera hanya berjarak sekitar 11  Km atau waktu tempuh sekitar 21 menit saja melewati Jl. Marsma R. Iswahyudi menuju Jl. Jenderal Sudirman.

Apa saja yang menarik di Pantai Monpera

a. Taman Hijau

Pepohonan Indah dan Rindang di Pantai Monpera
Pepohonan Indah dan Rindang di Pantai Monpera. Foto (Davit Geriawan)

Pantai Monpera juga dikelilingi oleh pepohonan hijau yang memberikan suasana yang sejuk dan nyaman bagi pengunjung di dekat taman monumen. Di sepanjang pantai, terdapat berbagai fasilitas yang tersedia seperti tempat duduk, dan warung makan yang menjual makanan dan minuman segar serta Biru Laut Restauran dan Hitam Manis Monumen.

Selain itu, Pantai Monpera juga menjadi tempat yang populer bersantai, sambil menikmati angin laut yang segar.

b. Prewedding, Pecinta Fotografi

Pantai Monpera juga sering menjadi tujuan wisata bagi para pecinta fotografi. Keindahan alamnya yang menakjubkan dan pemandangan matahari terbenam yang spektakuler menjadikan pantai ini sebagai latar yang sempurna untuk mengambil foto-foto yang indah seperti untuk prewedding.

c. Monumen Perjuangan Rakyat Kalimantan Timur (Monpera)

Selain itu, Pantai Monpera juga memiliki nilai sejarah yang penting. Di sekitar pantai, terdapat Monumen Perjuangan Rakyat (MONPERA) yang merupakan simbol perjuangan dan keberanian masyarakat setempat dalam memperjuangkan kemerdekaan. Monumen ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin mengenang sejarah dan budaya kota ini.

Tugu Monumen Perjuangan Rakyat (MONPERA)
Tugu Monumen Perjuangan Rakyat (MONPERA). Foto tahun 2008 (STP Khoiru Ummah Penajam)

Sejarah MONPERA

Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera) merupakan sebuah tugu peringatan yang dibangun untuk mengenang peristiwa bersejarah di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur. 

Tahun 1983-1995

Pada awalnya, monumen ini berupa patung seorang prajurit dayak yang terbuat dari kayu ulin, yang memegang bendera di depan kolam ikan mujair pada tahun 1983. 

Namun, kemudian patung tersebut direnovasi menjadi patung perunggu dengan tiga sosok yang sedang bersemangat mendirikan tiang bendera. Monumen ini diresmikan pada hari Kamis, 16 November 1995 oleh Panglima ABRI, Feisal Tanjung.

Monpera terletak di Jalan Jendral Sudirman dan didirikan untuk mengenang dua peristiwa bersejarah di Balikpapan. 

Peristiwa pertama adalah upaya masyarakat Balikpapan dalam menghalangi kedatangan pasukan tentara Belanda yang memasuki daerah Pantai Klandasan Ilir. Peristiwa ini menyebabkan banyak korban jiwa dari masyarakat Balikpapan dan tentara Belanda, sehingga daerah ini menjadi tempat banyaknya jenazah akibat pertempuran tersebut. 

Peristiwa kedua adalah pembantaian besar-besaran oleh tentara Jepang terhadap serdadu Belanda dalam upaya merebut sumur Mathilda. Tentara Jepang yang berambisi menguasai dunia berusaha keras mengalahkan tentara Belanda, dan akhirnya Belanda kalah dalam pertempuran tersebut, dengan lebih dari 80 serdadu Belanda dan Jenderal mereka tewas dalam pembantaian tersebut. 

Setelah pertempuran berakhir, sumur Mathilda berhasil direbut kembali oleh masyarakat Balikpapan. Dari peristiwa ini, dibangunlah monumen yang melambangkan perjuangan rakyat Balikpapan, dengan bentuk tentara Indonesia bersama masyarakat Balikpapan yang sedang mendirikan bendera merah putih.

Foto Monpora
Foto Monpora tentara Indonesia bersama masyarakat Balikpapan yang sedang mendirikan bendera merah putih. Foto tahun 2008 (STP Khoiru Ummah Penajam)

Area Monumen

Monumen Perjuangan Rakyat Balikpapan dapat dikunjungi oleh masyarakat umum dan panggung terbuka untuk pertunjukan seni budaya atau kreativitas remaja. Bangunan dasar monumen terlihat seperti tangga yang mengarah ke Patung Tiga Prajurit yang sedang berusaha mendirikan bendera merah putih menghadap ke pantai. 

Di sekitar monumen terdapat taman yang teratur dan di belakangnya terdapat pantai berpasir putih yang indah dinamakan Pantai Monpora, Sehingga pantai dan monumen ini sebagai salah satu destinasi wisata sejarah yang populer di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Peristiwa

Geser gambar untuk melihat sekeliling Monumen Monpera

Pada hari Kamis, 8 September 2016, monumen tersebut mengalami keruntuhan. Hal ini disebabkan oleh karat pada pondasi perunggu dari patung tersebut. (Referensi : Wikipedia)

d. Pantai Monpora

Pantai Monpera, Balikpapan, Kalimantan Timur
Pantai Monpera, Balikpapan, Kalimantan Timur. Foto (Bintang Akbar Maulana)

Dengan semua keindahan dan fasilitas yang ditawarkan, tidak heran jika Pantai Monpera menjadi salah satu pantai yang paling populer di kota ini. Pantai ini tidak hanya menarik wisatawan lokal, tetapi juga wisatawan mancanegara yang ingin menikmati keindahan alam dan pantai di tengah hiruk pikuk perkotaan yang padat.

Pantai Monpora memiliki ciri khas ombak yang tenang sehingga cukup aman untuk berenang anak-anak dan orang dewasa bermain mair, jangan lupa untu terus mengawasi buah hati kita ketika bermain di pinggir pantai agar selalu aman dalam liburan anda.

e. Sunset

Hal uang paling ditunggu tunggu oleh masyarakat sekitar dan para pengunjung yang ingin menghabiskan liburan mereka adalah ketika waktu sore hari di Pantai Monpera.

Sunset Sore Hari di Pantai Monpera
Sunset Sore Hari di Pantai Monpera. Foto (Koko Gilang Nugroho (rkgn))

Dengan suasana sejuk karena Matahari akan tenggelam sambil memancarkan kemilau cahaya kuning keemasan yang dipantulkan ombak laut di pinggir pantai, serasa indah dan damai.

Jadi, banyak yang datang ketika waktu sore hari, sambil duduk santai menandang pantai dan bercakap cakap dengan teman, saudara, dan rekan.

f. Permainan Anak

Mobil Listrik di Pantai Monpera
Mobil Listrik di Pantai Monpera. Foto (Bintang Akbar Maulana)
Terdapat beberapa permainan anak-anak seperti mobil mobilan listrik yang berada di area monumen. 

Pertanyaan yang sering ditanyakan di Pantai Monpora

Berapa Tiket masuk ke Pantai Monpora?

Biaya retribusi tiket masuk ke Pantai Monpora yanga membayar parkir saja dengan biaya Rp. 3000/kendaraan motor dan Rp. 7000 - Rp.10.000/kendaraan mobil (Note : Harga bisa berubah)

Apakah ada MCK di Pantai Monpera?

Terdapat fasilitas toilet untuk para pengunjung yang datang, ada MCK yang berada di samping gedung serbaguna TNI dengan fasilitas yang lebih bersih dan air melimpah, serta terdapat Mushalla Mini.

Aktifitas apa saja yang bisa dilakukan jika berlibur ke Pantai Monpera?

Di Pantai Monpera, sangat cocok untuk kegiatan camping atau piknik kecil sampai besar, bermain pasir dan mandi dipantai serta terdapat mobil mobilan listrik utuk anak anak di area monumen.

Bagaimana dengan area parkirnya apakah sempit untuk parkir mobil di kawasan Pantai Monpera?

Area parkir Pantai Monpera cukup luas, jadi anda jangan hawatir tidak kebagian tempat parkir.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Pantai Monpera, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur"