Air Terjun Nohkan Lonanyan & Nohkan Jongonoi Air Terjun Nokan Nayan

 Pancurajipost.com - Air Terjun Nohkan Lonanyan & Nohkan Jongonoi adalah air terjun yang luar biasa tingginya mencapai kurang lebih 180 m yang berada di hutan kalimantan yang masih asli dan terdiri dari 2 air terjun berdampingan di sumber sungai yang berbeda, tapi kedua air terjun tersebut jatuhnya air di satu kolam raksasa yang besar.

 Air Terjun Nohkan Lonanyan & Nohkan Jongonoi ini disamping memiliki keindahan, terdapat cerita yang melegenda turun temurun oleh masyarakat setempat.

Air Terjun Nohkan Lonanyan & Nohkan Jongonoi
Air Terjun Nohkan Lonanyan & Nohkan Jongonoi, Sintang-Borneo-Indonesia

Alamat Air Terjun Nohkan Lonanyan & Nohkan Jongonoi 

Air Terjun Nohkan Lonanyan & Nohkan Jongonoi  beralamatkan di Desa Nanga Menantak, Kecamatan Ambalau, Kabupaten Sintang , Kalimantan Barat

Kodepost Air Terjun Nohkan Lonanyan & Nohkan Jongonoi  : 78684

No Telpon Air Terjun Nohkan Lonanyan & Nohkan Jongonoi : -

Google Map Air Terjun Nohkan Lonanyan & Nohkan Jongonoi 

Jalur transportsi menuju Air Terjun Nohkan Lonanyan & Nohkan Jongonoi 

Jalur menuju Air Terjun Nohkan Lonanyan & Nohkan Jongonoi tidak begitu mudah, untuk mencapai kesna minimal 3 hari perjalanan dari pusat Kota Sintang.

Beberapa hari anda diharuskan menginap di tempat warga atau penyewaan rumah yang disediakan.Hal ini untuk menhindari dari segala cuaca baik jalur darat dan jalur sungai.

Perjalanan dilakukan dengan jalan darat, jalan sungai dan berjalan kaki. Cukup melelahkan untuk para pengunjung yang belum pernah menjelajah ke kampung dan hutan.

Air Terjun Nohkan Lonanyan & Nohkan Jongonoi
Air Terjun Nohkan Lonanyan & Nohkan Jongonoi 

Trak 1 - Bandara Internasional Supadio , Kuburaya - Kabupaten Sintang - Nanga Pinoh (Melawi)

Dari Bandara Internasional Supadio Kubu Raya menuju ke Kabupaten Sintang, atau langsung ke Kecamatan Nanga Pinoh - Melawi jarak tempuh sekitar 373 Km atau sekitar 8 Jam berkendara. anda bisa mennggunakan kendaraan transportasi umum seperti taxy atau Bus (Damri, Trans, dll) jurusan Pontianak - Nanga Pinoh dengan jadwal keberangkatan malam pukul 19.00 - 04.00 WIB.

Untuk jalur udara dari Bandara Internasional Supadio Kuburaya menuju Bandar Udara Tebelian Sintang dengan penerbangan menggunakan pesawat capung/kecil wings dengan jadwal penerbangan pagi pukul 07.00 - 08.00 WIB, dan Pesawat Nam Air dengan jadwal penerbangan siang pukul 11.00 - 12.30 WIB. perjalanan menempuh waktu 1 jam saja. Dari Bandara Tebelian dilanjutkan dengan taxy menuju Nanga Pinoh berjarak 57.2 Km atau 1 jam 20 menitan.

Untuk sahabat dari Serawak Malaysia, dari PLBN Entikong-Tebedu menuju ke Nanga Pinoh menempuh dengan jarak sekitar 311 Km atau waktu tempuh 7 Jam Berkendara.

Trak 2 Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi ke Kecamatan Ambalau, Sintang

Jalur transportasi dari pusat kota Kabupaten Sintang, Tugu Pancasila  menuju Nanga Pinoh bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua dan empat. Setelah sampai di Nanga Pinoh dilanjutkan dengan kendaraan air speed board ke  Kemangai, Nama kota di Kecamatan Ambalau dengan waktu tempuh kurang lebih 6 jam lebih tergantung cuaca. atau dengan menggunakan perahu keletok/perahu kecil namun jalannya lambat bisa tempuh waktu  2-3 hari.

Trak 3 Kemangai ke Dusun Ukai

Setelah sampai di Kemangai dilanjutkan perjalanan masih menggunakan speedboat melewati Sungai Jengonoi. Sungai ini adalah Sungai Melawi hulu yang arahnya menuju Dusun Ukai. Dusun Ukai sendiri merupakan kampung sebelum Desa Nanga Menantak. 

Jika cuaca kurang memungkinkan atau sudah sore, diharuskan menginap di Dusun Ukai untuk menympan tenaga perjalanan berat selanjutnya.

Trak 4 Dusun Ukai ke titik terahir penambatan perahu.

Setelah cukup beristirahat di dusun Ukay, Usahakan pagi pagi jam 08.00 sudah siap dan perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 1 jam lebih tergantung dari kekuatan fisik. bisa juga memakan waktu 2 jam jika anda berjalan santai. menuju Desa Nanga Menantak.

Jadi rekomendasikan bawa perbekalan seperlunya saja dan yang ringan ringan saja ya.

Diperkirakan sampai di Desa Menantak sekitar pukul 10.00 WIB. Kemudian setelah berjalan kaki dilanjutkan dengan kendaraan air/perahu kecil menuju Desa Demen dengan waktu tempuh sekitar 3 Jam. 

Setelah sampai di Desa Demen diperkirakan pukul 13.00 WIB sangat nanggung untuk melanjutkan perjalanan. ke titik terakhir penambatan Perahu. 

Anda bisa bersantai menikmati Desa terpencil yang pastinya belum pernah anda singgahi selama hidup, sambil beristirahat mengumpulkan tenaga lagi esok hari. atau jika lagsung melanjutkan perjalanan ke Tolian Ponohkak atau titik terakhir penambatan Perahu memakan waktu sekitar 3 jam.dengan kondisi air sungai pasang.

Puncak Air Terjun Nohkan Lonanyan & Nohkan Jongonoi
Puncak Air Terjun Nohkan Lonanyan & Nohkan Jongonoi  

Trak 5 Tolian Ponohkak menuju Air Terjun Nohkan Lonanyan & Nohkan Jongonoi 

Dari Tolian Ponohkak menuju ke air terjun dengan berjalan kaki dan inilah tantangan berat terakhir. Anda harus berjalan kaki sambil menanjak.

Tanjakan demi tanjakan dilalui mulai tanjakan Tuhkat Pasang, yang merupakan dinding lembah Sungai Jongonoi, atau bibir dataran tinggi Jongonoi. 

Setelah anda melalui tanjakan yang melelahkan ini, berikutnya anda akan berjalan santai dan memilih titik titik spot air terjun yang menarik untuk dilihat namun tidak bisa dinikmati untuk mandi berendam.

Dan kalau ingin langsung menuju puncak air terjun, jalurnya harus menyebrangi Sungai Jongonoi dan Sungai Lonanyan. Namun jalur ini tidak direkomendasikan kaerena terlalu berbahaya karena debit ait yang deras dan tinggi.

Perjalanan yang melelahkan bukan ? Namun jika telah sampai disana, lelah pun lenyap, sedih, perih, capek hilang dengan panorama keindahan Air Terjun.

Wisatawan yang telah mengunjungi Air Terjun Nohkan Lonanyan & Nohkan Jongonoi memakan waktu  minimal 3 hari perjalanan dan rata rata mereka banyak yang memakan waktu perjalanan sekitar 5 hari.

Pesona Keajaiban Air Terjun Nohkan Lonanyan & Nohkan Jongonoi 

Air Terjun Nohkan Lonanyan & Nohkan Jongonoi Air Terjun Nokan Nayan
Air Terjun Nohkan Lonanyan & Nohkan Jongonoi 
Air Terjun Nohkan Lonanyan & Nohkan Jongonoi berasal dari kata Nohkan dalam Bahasa Ot Danum yang merupakan salah satu adat Dayak di kabupaten Sintang yang mempunyai makna Air terjun dan Lonayan sendiri ialah nama sungai dimana Air Terjun Nokan Nayan berada.

Air terjun ini ada dua dengan sumber air sungai yang tidak sama tapi jatuhnya air terjun dalam satu tempat diujung sebuah lembah.

Kedua air terjun tersebut ialah Air Terjun Nohkan Lonanyan atau disebut air terjun Nokan Nayan dan Air Terjun Jongonoi. 

Air Terjun Jongonoi berada disisi dekat Air Terjun Nohkan Lonanyan dari aliran Sungai Jongonoi. serta memiliki ketinggian yang hampir sama. 

Air Terjun Nohkan Lonanyan & Nohkan Jongonoi Air Terjun Nokan Nayan
Air Terjun Nohkan Lonanyan & Nohkan Jongonoi  diketinggian 200 Mdpl

Air Terjun Nohkan Lonanyan & Nohkan Jongonoi berada di ketinggian 200 Mdpl , memiliki debit air sangat besar. Jika musim penghujan akan muncul kabut disekeling air jatuh karena saking derasnya air.

Debit air ketika musim penghujan akan lebih besar dan menimbulkan cipratan air bisa menjangkau pengunjung yang posisinya cukup jauh dari lokasi air terjun. 

Saking derasnya air, kawasan sekitar air terjun biasa dipenuhi kabut dan terlihat seperti asap menyelimuti air tejun.

Pada siang hari biasanya muncul pelangi diantara kedua air terjun tersebut, Sungguh panorama yang menakjubkan melihat pelangi dari jarak dekat.

Keindahan lain dari air terjun ini adalah luasnya hamparan hutan pepohonan hijau dan aliran sungai yang penuh bebatuan yang landai. Sangat rekomendasi untuk lokasi film berskala Internasional.

Mitos Dunia lain di Air Terjun Nohkan Lonanyan & Nohkan Jongonoi

Air Terjun Nohkan Lonanyan & Nohkan Jongonoi Air Terjun Nokan Nayan
Air Terjun Nohkan Lonanyan & Nohkan Jongonoi 
Setiap kota/wilayah memiliki pemimpin dan penguasa seperti camat, Kades, Lurah yang berkuasa di daerah masing masing. Beitu juga dengan tempat tempat yang tidak ada penghuninya, Mereka memiliki penguasa masing masing baik yang nampak ataupun yang tidak nampak.

Untuk para pengunjung yang ingin ke Air Terjun Nohkan Lonanyan & Nohkan Jongonoi, Selain harus memiliki fisik yang kuat juga memiliki toleransi yang tinggi. Ingat pepatah dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung.

Biasanya, uttuk para turis yang ingin ke air terjun, Masyarkat setempat atau Ketua adat disana melakukan ritual khusu di titik pemberhentian perahu terakhir dengan melakukan upacara adat, Doa, meminta keselamatan dan lain lain. Jadi Percaya atau tidak percaya apasalahnya ikutin saja dan hormati adat disana demi kelancaran dan keselamatan para pengunjung air terjun Nohkan Lonanyan & Nohkan Jongonoi.

Dibalik keindayan Air Terjun Nohkan Lonanyan & Nohkan Jongonoi
Dibalik keindayan Air Terjun Nohkan Lonanyan & Nohkan Jongonoi

Dibalik Indahnya  Nohkan Lonanyan & Nohkan Jongonoi , ada cerita mitos gaib yang melegenda,  yang cukup diyakini masyarakat sekitar air terjun.

Banyak yang percaya bahwa Air Terjun Nokan Nayan merupakan kampung orang kebenaran/mahluk halus. Air Terjun Nokan Nayan juga dijadikan tempat ritual adat tertentu oleh masyarakat setempat, sehingga disana terdapat beberapa pantangan yang tidak boleh dilanggar.

Sehingga di titik Tolian Ponohkak diharuskan meinta izin kepada masyarakat dan ketua adat serta meminta penunjuk arah dari masyarakat sebagai petunjuk jalan  ke Air Terjun Nohkan Lonanyan & Nohkan Jongonoi.

Air Terjun Nohkan Lonanyan & Nohkan Jongonoi Air Terjun Nokan Nayan
Air Terjun Nohkan Lonanyan & Nohkan Jongonoi  
Air Terjun Nohkan Lonanyan & Nohkan Jongonoi Air Terjun Nokan Nayan
Air Terjun Nohkan Lonanyan & Nohkan Jongonoi  

Air Terjun Nohkan Lonanyan & Nohkan Jongonoi Air Terjun Nokan Nayan

Simak Video Air Terjun Nokan Nayan

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Air Terjun Nohkan Lonanyan & Nohkan Jongonoi Air Terjun Nokan Nayan"