Review Wisata Saung Nila, Kubu Raya, Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Wisata Saung Nila adalah wisata kuliner yang dipadukan dengan keindahan perbukitan rendah yang dikelilingi bebatuan, pepohonan dan dipoles sedemikian rupa menjadi salah satu destinasi yang patut anda kunjungi sebagai daftar untuk menghabiskan akhir pekan anda.

Wisata Saung Nila, Kubu Raya, Kalimantan Barat Foto
Wisata Saung Nila, Kubu Raya, Kalimantan Barat Foto (arigamcoy)

Sesuai dengan namanya, Wisata Saung Nila yang memiliki kolam penangkaran ikan nila. Pengunjung bisa menikmati olahan hidangan ikan nila yang masih fress langsung diambil dari kolam, sehingga terasa lebih nikmat dan manis rasa daging ikannya.

Untuk luas Objek Wisata Saung Nila ini sekitar 1 Ha, terdiri dari taman, kolam ikan, kolam penangkaran, kolam renang.

Alamat Wisata Saung Nila

Wisata Saung Nila beralamatkan di RT.012 RW.004 Dusun Gunung Ambawang, Desa Sungai Deras, Kecamatan Teluk Pakedai, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat

Kodepost Wisata Saung Nila : 78383

No telpon Wisata Saung Nila : 085750118555

Google Map Wisata Saung Nila

Jalur Transportasi menuju Wisata Saung Nila

Wisata Saung Nila, Dari Kantor Desa Arus Deras hanya berjarak sekitar 10 Km atau 30 menit berkendara menggunakan Sepeda motor.

Dari pusat kota Kuburaya atau dari Taman Dirgantara Lanud Supadio menuju Wisata Saung Nila harus menyeberang sungai kapuas terlebih dahulu.

Ada beberapa pelabuhan penyeberangan kecil yang bisa anda pilih, salah satunya Penyeberangan Air Putih yang jaraknya hanya sekitar 23.8 Km atau sekitar 36 menit berkendara dari pusat kota melewati wisata Alam Deso. Setelah itu menyeberang sungai kapuas sekitar 5 menit menuju Penyeberangan Bintang Mas.

Dari Penyeberangan Bintang Mas menuju Wisata Saung Nila hanya sekitar 10.7 Km atau sekitar 35 menit saja.

Jika anda tidak tahu jalur, pihak Wisata Saung Nila menyediakan tourguide untuk menjemput dimana posisi anda berada dengan menghubungi nomor diatas.

Apa yang menarik di Wisata Saung Nila

Wisata Saung Nila berada dikawasan yang sebagian masyarakatnya berasal dari suku Sunda, Jawa Barat. Wajar jika nama wisatanya masih mengandung unsur sundanya. "Saung" adalah asal kata dari Suku Sunda yang berarti rumah kecil atau gubuk kecil di sawah atau ladang. Jika didaerah anda apa namanya? tuliskan di komentar yuah..

Selain itu Sunda terlenal dengan lalapan dan sambalnya. Jadi, Sangat recomended untuk anda pecinta kuliner yang ingin merasakan sensasi lezatnya sambal masakan sunda.

1. Taman

Taman di Wisata Saung Nila Foto
Taman di Wisata Saung Nila Foto (arigamcoy)
Taman di Wisata Saung Nila memiliki perbedaan yang mencolok dibandingkan dengan taman taman pada umumnya. Didominasi oleh bebatuan besar yang dilengkapi dengan kursi duduk serta dikelilingi dengan pepohonan besar, membuat siapa saja yang kesini akan merasa tentram, sejuk dan nyaman.

Suara suara jangkrik, dan binatang lainya meraung raung disekitar taman, karena banyaknya pepohonan dan berdekatan dengan hutan sekitar, menjadi alternatif bagi anda yang tinggal diperkotan untuk mengajak keluarga lebih mengenal alam sekitar.

2. Kolam Renang

Kolam Renang di Wisata Saung Nila Foto
Kolam Renang di Wisata Saung Nila Foto (Syarif Zul Havitullah)
Wisata Saung Nila memiliki kolam renang untuk Dewasa dan Anak, Pengunjung Dewasa yang ingin menikmati kolam renang ini bisa berenang bercampur dengan anak anak. 

Kedalama Kolam renang bervariasi mulaid dari 50 meter - 1 meter. Jadi selalu awasi anak anak anda ketika ingin berenang di kolam ini.

Sedangkan air dari kolam renang ini berasal dari perbukitan ditas Saung nila, jadi terasa segar dan cukup jernih.

3. Gazebo

Gazebo di Wisata Saung Nila Foto
Gazebo di Wisata Saung Nila Foto (arigamcoy)
Di pinggiran Taman Wisata Saung Nila tedapat gazebo gazebo yang tertata rapi dan dikelilingi pepohonan rindang. Anda bisa bersantai dan menikmati kuliner yang anda pesan.

Sejuk dan sepinya suasana membuat kegiatan makan dan bersantai anda semakin terasa nikmat sekali.

4. Kuliner Ikan Nila

Wisata Saung Nila dengan wisata andalannya Ikan Nila, siapa saja penggemar ikan ini bisa datang kesini menikmati berbagai olahan Ikan nila yang digoreng, bakar maupun di asam pedas dengan kondisi ikan yang masih fress langsung mengambil dari kolam penangkaran.

Uniknya bahan bakar untuk pengolahan ikan nila mempertahankan bahan bakar dari kayu belian, waw..ada rahasia apa dengan kayu belian yuah? 

Ikan Nila Bakar dari Bahan Bakar Kayu Belian Foto
Ikan Nila Bakar dari Bahan Bakar Kayu Belian Foto

Pak Dadang, Pemilik Wisata Saung Nila menceritakan bahwa alasan mengunakan potongan kayu belian sebagai bahan bakar adalah karena karakteristik kayu belian jika dibakar akan mengeluarkan bara api yang sangat kuat dan panas, keunggulan lainnya ialah asap yang dihasilkan kayu belian sangat sedikit sehingga memberikan sensasi rasa dan bau kayu belian yang wangi menyebabkan makanan disini memang terkenal lezat yang membuat ikan nila dan menu bakar lainnya seperti ayam yang sudah matang auto meleleh di lidah.

Rasa ikan nila yang fress terasa manis walau tanpa bumbu sekalipun, ikan nila segar akan terasa sangat nikmat disantap bersama keluarga tercinta di Wisata Saung Nila.

5. Bibit Nila

Selain wisatanya, Wisata Saung Nila juga menjual bibit ikan nila dan ikan lainnya seperti ikan Koe dan Ikan Emas.

Setelah berwisata, anda bisa membawa oleh oleh berupa bibit ikan untuk diternakan dan dibesarkan di rumah anda.

5. Camping

Lokasi Wisata Saung Nila biasa digunakan anak anak mahasiswa untuk camping di area ini. Untuk menikmati camping ini, anda harus menghubungi pihak pengelola terlebih dahulu minimal 3 hari sebelum hari H, agar pihak pengelola bisa mengkondisikan tenpat ini.

Pertanyaan yang sering ditanyakan di Wisata Saung Nila

Berapa tarif masuk ke Wisata Saung Nila?

Tiket masuk ke Wisata Saung Nila hanya Rp. 5000 sudah termasuk motor dengan perhitungan tarif parkir motor Rp. 2000, dan Rp. 3000/orang. Walau dalam 1 motor terdapat 2 orang tetap dihitung satu saja. Jadi biaya motor +orangnya hanya Rp. 5000. Sangat mumer sekali.

Berapa biaya berenang di kolam renang Wisata Saung Nila?

Wisata Saung Nila tidak memungut biaya lagi, hanya tiket masuk Rp. 5000 saja anda sudah bisa bebas berjalan, bersantai, berenang. Kecuali pesan makan dan minuman anda dikenakan biaya.

Apakah Wisata Saung Nila boleh membawa makanan dari rumah?

Tidak seperti wisata lainnya, Wisata Saung Nila memperbolehkan pengunjung membawa makanan dari rumah. Sudah masuknya murah, tidak banyak aturan lagi...recomended banget lah.

Apakah Wisata Saung Nila sudah ada fasilitas MCK?

Wisata Saung Nila telah terbangun WC, Kamar ganti, dan tersedia Mushalla yang berada di atas kolam. Unik juga mushalanya.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Wisata Saung Nila, Kubu Raya, Kalimantan Barat"