Review Pantai Paloh Sungai Nibong, Pantai Tengkuyung, Kubu Raya, Kalimantan Barat

Pancurajipost.com - Pantai Tengkuyung atau disebut  juga Pantai Paloh Sungai Nibong adalah wisata pantai yang merupakan kawasan habitat penyu belimbing dan Tengkuyung atau disebut kerang berjenis kerang putih.

Pantai Tengkuyung ini berbatasan langsung dengan Laut China Selatan yang memberikan panorama pantai yang indah dengan panjang sekitar 17 Km yang menghubungkan Desa Sungai Nibung dengan Desa Kuala Karang.
Pantai Paloh Sungai Nibong, Pantai Tengkuyung, Kubu Raya, Kalimantan Barat Foto
Pantai Paloh Sungai Nibong, Pantai Tengkuyung, Kubu Raya, Kalimantan Barat Foto

Alamat Pantai Tengkuyung

Pantai Tengkuyung beralamatkan di Dusun Tanjung RU, Desa Sungai Nibung, Kecamatan Telok Pa'kedai, Kabupaten Kubu Raya , Kalimantan Barat.
Kodepost Pantai Tengkuyung : 78383
No telpon Pantai Tengkuyung: -

Google Map Pantai Tengkuyung

Jalur Transportasi menuju Pantai Tengkuyung

Jalurnya yang cukup jauh dan sulit, membuat Pantai yang indah ini kurang diminati masyarakat perkotaan dengan melewati dua sungai atau dua pelabuhan penyeberangan kecil.

Trip Pertama

Penyeberangan Pertama

Dari Kota Kubu Raya atau Taman Dirgantara Lanud Supadio Kubu Raya ke Penyeberangan Air Putih Rasau Jaya sekitar 23.8 Km atau sekitar 40 menit, dilanjutkan dengan menyeberang sungai sekitar 5 menit menggunakan kapal otok otok yang hanya bisa menampung kendaraan motor saja menuju Penyebrangan Bintang Mas.

Penyeberangan Kedua

  • Dari Penyebrangan Bintang Mas Rasau jaya dilanjutkan perjalanan ke Penyebrang sui.bemban sekitar 21.3 atau sekitar 1 jam berkendara, dan menyeberang sekitar 10 menit menggunakan kapal motor.
  • Dari Penyebrang sui.bemban menuju wisata Pantai Paloh Sungai Nibong, Pantai Tengkuyung sekitar 18.4 Km atau sekitar 1 jam perjalanan
Jadi total perjalanan bisa mencapai 3 jam lebih jika lancar.
Namun Trip Pertama ini sangat beresiko, jalur darat yang sebagian ditumbuhi semak semak dan jembatan penyeberangan yang rusk dan putus.

Trip Kedua

Dari Rasau Jaya tancap gas ke penyeberangan Desa Sungai Bulan ke Desa Jangkang, dilanjutkan melewati Desa Kubu, Kecamatan Kubu. Disana anda bisa berhenti sejenak, mampir ke Keraton Kubu dan Makam Raja Kubu yang merupakan wista sejarah. Setelah itu anda menyeberang lagi ke tujuan Desa Mengkalang yang masih merupakan kawasan kecamatan Kubu. 

Setelah menyeberang sungai dilanjutkan trip menuju Kantor Desa Mengkalang yang merupakan jalan darat terakhir.

Kantor Desa Mengkalang dilanjutkan dengan menyelusuri sungai kecil menggunakan kapal motor warga yang hanya bisa dinaiki penumpang saja dan kendaraan motor tidak bisa naik, parkirkan kendaraan anda di rumah warga setempat. 

Lama perjalanan menggunakan berahu motor sekitar 1-2 jam tergantung dari rintangan yang dihadapi misalnya sungainya terdapat pohon roboh yang membuat perjalanan menjadi lambat.

Setelah lama perjalanan dan akhirnya perahu motor langsung sampai ke lokasi Objek Wisata Pantai Paloh Sungai Nibong, Pantai Tengkuyung. Sungguh Trip yang melelahkan dan bernyali besar.

Trip Ketiga (Rekomendasi)

Dari pusat kota Kuburaya atau dari Taman Dirgantara Lanud Supadio menuju Pelabuhan Rasau jaya sekitar 16.4 Km atau sekitar 30 menit berkendara.

Harga naik kapal klotok atau orang menyebutnya kapal tambang sekitar Rp.75.000/Orang dengan waktu tempuh 5-7 jam tujuan Sepok Pangkalan Kecamatan Telok Pa'kedai. Di perjalanan biasanya kapal klotok singgah menurunkan dan menaikan barang dan penumpang di spot pelabukan kecil, hal ini yang membuat perjalanan sedikit lama.Jika tanpa singgah hanya sekitar 4 jam saja. Jalur ini menantang melewati sungai dan laut lepas.

Apa itu Kapal Klotok?

Kapal klotok atau kapal tambang adalah kapal penumpang yang cukup besar panjang sekitar 20 meter lebar 6 meter yang didalamnya berupa lantai yang luas untuk tiduran para penumpang, sedangkan kursinya berada di pinggir ruang kapal berupa bangku memanjang.
Foto Ruangan Dalam Kapal Klotok atau kapal tambang
Foto Ruangan Dalam Kapal Klotok atau kapal tambang
Kapal klotok ini disamping sebagai kapal penumpang juga sebagai kapal pengangkut bahan sembako seperti beras, bahan bangunan dan lain lain. Kapal ini sangat populer sebagai roda transportasi utama menghubungkan beberapa kecamatan dan desa,  karena trek jalur air yang lebih murah dan mudah dibandingkan jalur darat dengan jalan hancur dan jembatan yang pada putus/rusak. 

Setelah sampai di Sepok Pangkalan, Desa Sungai Nibung,  Kecamatan Telok Pa'kedai anda bisa langsung melanjutkan perjalan ke Pantai Tengkuyung menggunakan perahu speed boat berkapasitas 4-6 orang menuju Dusun Tanjung RU.

Jika cuaca tidak memungkinkan atau sudah sore, anda bisa menginap di Desa Sungai Nibung ini di rumah rumah warga, atau penginapan disana, agar esok harinya anda bisa explore pantai dengan kondisi segar bugar. 
Jalur Sungai menuju Pantai Tengkuyung
Jalur Sungai dari Sepok Pangkalanmenuju Pantai Tengkuyung
Sepok Pangkalan Desa Sungai Nibung ini tidak jauh dari Pantai Tengkuyung, menggunakan speed boat hanya 30 -1 jam saja langsung ke pelabuhan dekat pantai dengan jalur sungai. Jika Kondisi air sedang surut biasanya pengemudi speed boat mematikan mesinnya untuk menghindari benturan kipas penggerak motor perahu dengan batang dan sampah kayu sungai, dan digantikan dengan mendayung untuk sampai ke perairan yang aman dari sampah dan akar kayu sungai.

Note: Ada beberapa alternatif penyeberangan dan jalur yang bisa anda tempuh, tergantung dari anda ingin memilih yang menurut anda lebih dekat dan nyaman dengan lokasi.

Apa yang menarik di Pantai Tengkuyung

1. Wisata Pantai

Pantai Tengkuyung Dekat Dermaga Foto
Pantai Tengkuyung Dekat Dermaga Foto
Dinamakan Pantai Tengkuyung karena banyak tengkuyung-tengkuyung yang terdampar dipinggiran pasir pantai ini.

Apa sih Tengkuyung?
Tengkuyung adalah sejenis kerang. dan di Pantai Tengkuyung ini, tengkuyungnya berwarna putih yang biasa digunakan untuk hiasan bingkai foto dan lain lain karena kulit tengkuyung ini tergolong indah.

Di sekitar Pantai Tengkuyung ditumbuhi pepohonan pinus dan bekas bekas hammock untuk duduk santai dan baring diatas pepohonan.

Pantai Tengkuyung ini dilengkapi dengan Bangunan Galeri, Panggung Pertunjukan, Mushlla, dan fasilitas MCK serta pemginapan.

Selain itu ada lokasi lain dipantai dekat dermaga ini yaitu pantai tengkuyung yang ada pekongnya. Unik juga, ternyata ada pekong di Pantai. Bisa ditelusuri asal muasal pekong itu.

2. Pekong Datok

Foto Pekong Datok di Pantai Tengkuyung
Foto Pekong Datok di Pantai Tengkuyung
Terdapat Pekong yang dinamakan Pekong Datok di Pantai Tengkuyung. Dan lokasi inilah sebenar benar spot lokasi terindah di pantai ini. Hamparan pasir  yang luas dan bersih dari ranting pepohonan dan berhadapan langsung dengan Pekong Datok.

Bangunan Pekong Datok ini sangat terawat dengan dominan cat merah dan ukitan Naga khas masyarakat tionghoa.
Pantai Tengkuyung disekitar Pekong Datok Foto
Pantai Tengkuyung disekitar Pekong Datok Foto
Terlihat Keindahan Pantai Tengkuyung disekitar Pekong Datok yang sangat bersih dan indah, dengan hamparan pantai yang terlihat jelas.

3. SunSet

Sunset di Pantai Tengkuyung Foto
Sunset di Pantai Tengkuyung Foto
Dikawasan Peong Datok Pantai Tengkuyung ini akan terlihat matahari dengan jelas dari atas lautan yag sedang memandang kita untuk terbenam.

Keindahannya memancarkan kebesaran sang Pencipta, yang menciptakan Pantai Tengkuyung ini mirip dengan keindahan pantai di Pulau Dewata Bali.

2. Hutan Mangrove

Keindahan Hutan Mangrove di Pantai Tengkuyung Foto
Keindahan Hutan Mangrove di Pantai Tengkuyung Foto
Potensi yang tidak kalah di Pantai Tengkuyung adalah kekayaan hutan mangrove yang masih terjaga dengan spot aliran sungai yang memiliki kekayaan ikan didalamnya.

Hutan Mangrove ini berada di belakag pantai. Untuk menyaksikan Hutan mangrove Pantai Tengkuyung and harus menggunakan speed Boat menyelusuri sungai, Keindahan ini membuat kita semakin takjub akan Potensi keindahan Pantai Tengkuyung.

3. Tambak Ikan

Anda akan bosan makan ikan jika berkunjung ke Pantai Tengkuyung
, Mayoritas penduduk disini adalah Nelayan Ikan dan Udang untuk bahan terasi,  pengunjung bisa menikmati kuliner ikan dan membwa oleh oleh pulang dengan ikan segarnya.

4. Spot Mancing Ikan dan Udang

Pantai Tengkuyung juga merupakan area spot mancing di kawasan hutan mangrove. Anda bisa menyewa speed boat warga untuk berselancar mencari spot ikan dan udang galah yang banyak disini.

Tips

Untuk anda yang datang kesini, direkomendasikan untuk mengunjungi Kantor Desa Sungai Nibung dahulu untuk mencari info mengenai trnsportasi, penginapan, dan lain lain.

Karena Pantai Tengkuyung sekarang sedang bangkit dan mulai di urus dan dikembangkan lagi menjadi Destinasi Wisata oleh Desa Sungai Nibung melalui Bumdes yang bekerja sama dengan POKDRWIS 

Pertanyaan yang sering diajukan di Pantai Tengkuyung.

Berapa tarif masuk ke Pantai Tengkuyung?
Saat ini Pantai Tengkuyung sepi pengunjung, akibat terjangan ombak yang merusak sebagian fasilitas disana, Pemerintah Desa dan POKDARWIS sedang giat lagi untuk memajukan Pantai Tengkuyung ini. Biaya masuk saat ini masih gratis, anda hanya mengeluarkan biaya makan dan transportasi yang cukup mahal karena jauhnya perjalanan.

Apakah Pantai Tengkuyung sudah ada MCK?
Pantai Tengkuyung telah disediakan MCK, dan tidak jauh dari Pantai Tengkuyung terdapat rumah Ketua POKDARWIS Pantai Tengkuyung, Udin yang siap membantu memenuhi keperluan anda.

Apakah ada Jalur Udara ke Pantai Tengkuyung?
Pantai Tengkuyung belum tersedia jalur Udara, Kelak jika pantai ini  menjadi tuhuan wisata andalan, kemungkian akn diusahakan untuk akses udara.

Apakah ke Pantai Tengkuyung bisa menggunakan mobil?
Ke Pantai Tengkuyung sangat tidak bisa, jalur darat kurang bagus belum lagi jembatan putus, belum lagi tidak ada penyeberangan darat yang melewati sungai kapuas.

Kenapa dikatakan Pantai Tengkuyung?
Dinamakan Pantai Tengkuyung karena pantai ini sangat banyak tengkuyung.kerang yang biasa terdampar di bibir pantai pasir. Penduduk sekitar tidak mengambilnya karena sulitnya menjual ke Kota, atau bisa menjual tapi harga tidak sesuai karena biaya transportasi yang mahal.
YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Pantai Paloh Sungai Nibong, Pantai Tengkuyung, Kubu Raya, Kalimantan Barat"