Review Air Terjun Riam Dait, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Air Terjun Riam Dait atau Air Terjun Rombo Dait Tujuh Tingkat atau Air Terjun Remabo adalah air terjun bertingkat tingakat dengan tingkatan sekitar 7 tingkat yang berada di perbukitan hutan desa sekendal, kecamatan air besar, Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. 

Air Terjun Riam Dait merupakan air terjun dengan tipe multi-step karena memiliki beberapa undakan air terjun disepanjang punggungan bukit, walaupun terpaut cukup jauh. Tinggi Air Terjun Riam Dait pada tingkat pertama berjarak sekitar 60 meter. Pada tingkat dua hingga ke tujuh, ketinggiannya berkisar 20 s/d 30 meter. 

Air Terjun Riam Dait, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat
Air Terjun Riam Dait Foto (IG @eelysumarni)

Alamat Air Terjun Riam Dait

Air Terjun Riam Dait beralamatkan di Dusun Engkitip, Desa Sekendal, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat.

Kodepost Air Terjun Riam Dait: 79367

Nomor Telpon Air Terjun Riam Dait: -

Google Map Air Terjun Riam Dait

Jalur Transportasi menuju Air Terjun Riam Dait

Untuk sampai ke Air Terjun Riam Dait, dari Kota Kabupaten Landak atau Tugu Geram sekitar 61.1 Km atau sekitar 1 jam 25 menit melalui Jalan Serimbu - Ngabang berkendara dengan rekomendasi kendaraan roda dua, walau kendaraan roda empat bisa masuk namun harus melalui perjuangn. Jalanan masuk area masih tanah kuning, jika hujan, mobil tidak bisa berjalan.

Sedangkan dari arah Pontianak atau Bandara Internasional Supadio Kuburaya menuju Air Terjun Riam Dait sekitar 247 Km atau sekitar 5 jam 30 menit bisa melalui jalur Kabupaten Sanggau yaitu menuju Tugu Simpag Ampar, menuju Bundaran Sosok/simpang Alfamart belok kiri menuju Ngabang. Anda bisa beristirahat sejenak di Kolam Pemancingan Pondok Nelayan Peruan Dalam dilanjutkan ke arah jalan Serimbu - Ngabang.

Sedangkan dari Kabupaten Sanggau atau Simpang Bundaran Sosok/Simpang Alfamart melewati Kolam Pemancingan Pondok Nelayan Peruan Dalam ke Air Terjun Riam Dait sekitar 95.3 Km atau sekitar 2 jam 5 menit.

Lokasi Parkiran motor dan mobil tidak jauh dari Air Terjun Riam Dait tingkat pertama. Sebelum masuk, pengunjung diwajibkan untuk registrasi mengisi buku tamu, hal ini untuk mendata para pengunjung, sehinga jika terjadi sesuatu ada datanya.

Setelah registrasi, pengunjung harus membayar tiket masuk,  untuk yang nginap akan dikenakan biaya Rp.15.000/orang, sedangkan jika hanya berkunjung pulang pergi/tidak menginap Rp. 10.000/orang

Apa yang menarik di Air Terjun Riam Dait

Air Terjun Riam Dait
Air Terjun Riam Dait Foto (IG @floren_andri_22)

Pada setiap tingkatan kawasan wisata Air Terjun Riam Dait ada yang berbentuk melebar dan ada juga dalam bentuk berundak-undak kecil sepanjang bukit hutan. 

Air Terjun Riam Dait ini mengaliri air karena berada di aliran Sungai Dait sebelum terjun ke dataran rendah Patahan Dait.

1. Air Terjun Tingkat 7

Air Terjun Riam Dait
Air Terjun Riam Dait
Air Terjun Riam Dait memiliki tujuh tingkat membentang. Pada tingkat pertama adalah lokasi favorit para pengunjung, karena berdekatan dengan lokasi tiket, penginapan, area camping dan parkir.

Air Terjun Riam Dait sangat indah sebagai maha karya Sang Pencipta. Air terjun ini juga unik karena memiliki pantai pasir putih dipinggir kolam air terjun, sehingga para turis bisa duduk santai di pasir sambil berselfie, berfoto, istirahat, menghadap air terjun yang besar dan air deras.

2. Wisata Pendakian

Air terjun riam dait Foto Drone
Air terjun riam dait Foto Drone (IG@tiyasyarief_)
Untuk anda yang penasaran dengan Air Terjun Riam Dait tingkat selanjutnya, pada tingkat 2 cukup mudah didaki karena sudah ada tangga tangga menuju tingkat 2. 

Sedangkan Air Terjun Riam Dait pada tingkat 3 s/d 7, anda harus mendaki bebatuan yang dikelilingi pepohonan hutan, sehingga sangat cocok untuk anda yang suka petualangan mendaki.

Air Terjun Riam Dait
Air Terjun Riam Dait Foto (alasroban)

3. Penginapan

Penginapan di Riam Dait
Penginapan di Riam Dait
Di area Air Terjun Riam Dait tingkat pertama terdapat penginapan yang memiliki 6 kamar. toilet dan 2 menara pandang serta terdapat dua gazebo. 

Jadi untuk masyarakat yang datang dari Kabupaten lain bisa menginap di area wisata yang dijaga oleh para petugas 24 jam di area Air Terjun Riam Dait.

Untuk harga sewa kamar penginapan di area Air Terjun Riam Dait Rp. 50.000/malamnya.

4. Camping

camping di Riam dait Landak
camping di Riam dait Landak Foto (IG@tiyasyarief_)

Area Air Terjun Riam Dait tingkat pertama terdapat dataran tanah yang biasa digunakan para turis untuk mendirikan tenda/menginap di alam terbuka dengan view langsung menghadap ke Air Terjun Riam Dait. 

Selain camping, anda bisa juga hammock di area gazebo atau disekitar pepohonan dekat air terjun tingkat pertama.

Pertanyaan yang sering ditanyakan di Air Terjun Riam Dait 

Berapa tarif masuk ke Air Terjun Riam Dait?
Untuk tiket masuk ke Air Terjun Riam Dait Rp. 10.000/orang tanpa menginap, sedangkan yang menginap akan dikenakan biaya Rp. 15.000/0rang.

Apakah di sekitar Air Terjun Riam Dait ada warung?
Ya, terdapat warung sederhana berbagai jenis makanan dan minuman ringan di area Air Terjun Riam Dait.

Apakah ada penginapan di lokasi Air Terjun Riam Dait?
Ya, di area Air Terjun Riam Dait terdapat penginapan dengan 6 kamar tidur, untuk harga Rp. 50.000/malam. Note : harga bisa berubah.

Apakah ada MCK di Air Terjun Riam Dait?
Ya, Ada MCK di sekitar Air Terjun Riam Dait, jadi anda tidak perlu hawatir. 

Apakah ada sinyal disekitar Air Terjun Riam Dait?
Untuk sementara sinyal belum menjangkau area Air Terjun Riam Dait.

Apakah saya boleh menggunakan google Map ke Air Terjun Riam Dait?
Untuk anda yang ingin trip tujuan hutan atau Air Terjun Riam Dait, sebaiknya Navigasi terbaik adalah dengan bertanya para penduduk disana. Karena jika menggunakan google map dikhawatirkan akan salah arah.
YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Air Terjun Riam Dait, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat"