Review Riam Angan Tembawang Jelimpo, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Riam Angan adalah adalah air terjun yang berada di hutan Tembawang Dusun Pelanjau yang memiliki pesona aliran air yang sangat dingin dan menyegarkan bagi siapa saja yang mandi di aliran Riam Angan.

Untuk menuju ke Riam Angan tidak terlalu sulit karena infrastruktur jalan yang mudah dilalui baik menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat bisa langsung sampai ketujuan.

Riam Angan Jelimpo Landak
Riam Angan Jelimpo Landak Foto ( IG tryirawan)

Riam Angan mirip dengan riam pancuraji di Kabupaten Sanggau dengan samping dataran sungai yang dialiri telah dibangun jalan jalan beton bertangga naik turun menelusuri beberapa tingkatan atau spot untuk ketempat air terjun yang memiliki tipe berbeda.

Riam Angan yang berada di Kabupaten Landak sebagai solusi untuk liburan planing anda diakhir pekan dengan jarak yang tidak terlalu juah dari Kabupaten Sanggau dan sekitarnya.

Alamat Riam Angan

Riam Angan beralamatkan di Dusun Pelanjau, Desa Angan tembawang, Kecamatan Jelimpo Kabupaten Landak, Kalimantan Barat.

Kodepost Riam Angan: 79357

Nomr telpon Riam Angan : -

Google Map Riam Angan

Jalur Transportasi menuju Riam Angan

Geser gambar untuk melihat simpang Jalan Raya Lintas Kalimantan Poros tengan menuju Riam Angan

Dari simpang Jalan Raya Lintas Kalimantan Poros tengan menuju Riam Angan hanya berjarak sekitar 12 Km atau 32 menit lurus. Setelah menjumpai simpang tiga ada petunjuk plank kecil menuju Riam Angan belok kanan, atau sebelum Kantor Desa Angan Tembawang.

Dari Kota Landak atau Tugu Geram menuju Riam Angan hanya berjarak sekitar 33.5 Km atau sekitar 59 menit berkendara melalui Jalan Lintas Kalimantan Poros Tengah arah Kabupaten Sanggau.

Sedangkan dari Simpang Bundaran Sosok/alfamart Sanggau menuju Riam Angan melewati Kolam Pemancingan Pondok Nelayan  dengan jarak sekitar 30.6 Km atau sekitar 54 menit berkendara.

Apa yang menarik di Riam Angan

Riam Angan memiliki sekitar 4 (Empat ) tingkat dengan view, ukuran, ketinggian yang berbeda beda. Untuk anda yang ingin mengexplore tingkatan tingkatan di Riam Angan jangan hawatir, Pengelola telah membangun jalur menuju ke seluruh tingkatan. Jadi mudah sekali untuk di lalui.

Hanya saja, jalur menuju ke beberapa tingkat naik turun tangga beton. Bagi anda yang kurang olargara akan merasakan naik turun nafas, namun sangat recomended selain berwisata juga bisa joging atau berolahraga dengan oksigen yang segar langsung dari pepohonan yang rindang dikanan kiri jalan.

1. Air Terjun

Setelah memasuki parkiran Riam Angan, anda akan menjumpai pemandangan pepohonan sawit dikanan dan kiri yang tertata rapi. Terdapat Pintu Gerbang memasuki area Riam Angan dan terdapat pondok kecil yang dihuni petugas loket tiket.

Pohon sawit di riam angan tembawang jelimpo
Pohon sawit di riam angan tembawang jelimpo 

Pengunjung diwajibkan membayar uang masuk, untuk membeli tiket dengan harga Rp. 10.000 / orang sudah termasuk kendaraan yang dibawa.

Di area ini juga terdapat warung warung kecil yang menyediakan berbagai makanan dan minuman ringan. Jika beruntung atau ketika musim buah, anda akan menemukan para pedagang yang menjajakan berbagai buah segar seperti durian dan buah segar dari hutan lainnya.

Setelah itu anda akan berjalan kaki mengeberang sungai melewati jembatan gantung untuk menuju beberapa tingkat di Riam Angan.

a. Riam Angan Tingkat Pertama

Riam Angan Tingkat Pertama
Riam Angan Tingkat Pertama
Pada tingkat pertama Riam Angan memiliki ketinggian bebatuan berundak sekitar 2 meter dan terdapat kolam renang alami yang cukup lias dan air jernih.

Pengunjung bisa berenang, mandi diarea ini yang dalamnya sekitar 50 - 160 cm tergantung dari musimnya. Jika musim hujn arus akan semakin deras dan anda harus berhati hati.

Terdpat juga bangunan permanen di Riam Angan tingkat pertama seperti pendopo warung dan WC yang difungsikan untuk bersantai, ngopi, bilas dan keperluan MCK para pengunjung.
Jalur menuju beberapa tingkat di Riam Angan
Jalur menuju beberapa tingkat di Riam Angan
Setelah anda puas menikmati Riam Angan tingkat pertama, selanjutnya anda bisa menuju ke Riam Angan dengan tingkat kedua. Jalur yang dilalui cukup mudah, anda hanya mengikuti jalur setapak yang telah dibangun beton.

Jalanan naik kemudian datar, dan kemudian turun, akan membuat nafas anda naik turun dengan setiap jalur diberi pengaman pagar pembatas agar aman dilalui para pengunjung yang datang.

b. Riam Angan Tingkat Kedua

Taman Pelangi Riam Angan
Taman Pelangi Riam Angan
Pada area tingkat dua di Riam Angan terdpat taman pelangi yang difungsikan untuk bersantai dengan area lapang yang ditumbuhi pepohonan rindang dan terawat.

Terdapat bangunan yang dihias serta pepohonan yang di cat warna warni yang difungsikan untuk berfoto foto di area ini. Untuk menuju kesini anda harus menyeberang lagi menggunakan jembatan gantung kayu yang kecil.
Riam Angan Tingkat Dua
Riam Angan Tingkat Dua
Pada sisi belakang Taman Pelangi terdapat pemandian atau Riam Angan Tingkat Dua yang merupakan salah satu favorit pengunjung untuk mandi dan berendam.

3. Riam Angan Tingkat Tiga

Riam Angan Tingkat Ketiga
Riam Angan Tingkat Ketiga dan Eepat
Riam Angan Tingkat Ketiga dan empat ini memiliki keunikan tersendiri. Aliran air melalui selah selah pepohonan yang rindang dan sejuk.

Pancaran suara gemuruh yang ditimbulkan membuat suasana hati menjadi tenteram dan damai. Anda bisa mandi di area ini karena terdapat juga kolam alami dialiran air ini.

Pada area ini juga terdapat gazebo, warung yang menjual makanan dan minuman ringan. Sambil beristirahat ngopi menikmati sejuknya Riam Angan.
Riam Angan Tingkat Empat
Riam Angan Tingkat Empat

2. Penelitian

Hutan di Riam Angan Tembawang
Hutan di Riam Angan Tembawang
Lokasi Riam Angan Tembawang memang sangat terawat dengan hutan dan pepohonan yng lurus lurus, tinggi menjulang.

Walaupun memang hampir tergerus oleh pengembngan alih fungsi seperti Kelapa Sawit, namun area ini masih terjaga keberadaanya.

Disampping sebagai lokasi wisata juga, sebagai lokasi hutan lindung Tembawang yang bisa dijadikan lokasi penelitian berbagai jenis tanaman langka dan obat obatan di area ini.

Jadi, Riam Angan bisa sebagai inspirasi masyarakat tentang pentingnya menjaga hutan tanpa alih fungsi, dengan menjaga hutan masih bisa kok dapat duit dari hasil kekayaan hutan tanpa merusaknya.

3. Camping

Riam Angan juga biasa dipergunakan para pelajar serta para pecinta alam untuk camping dan tidur di alam bebas.

Namun demikian anda harus meminta izin pihak pengelola dan mematuhi segala larangan diantaranya :
  1. Dilarang membuah sampah sembarangan
  2. Dilarang menghidupkan api diatas batu besar
  3. Dilarang membawa minuman keras
  4. Dilarang berkelahi/keributan
  5. Bagi yang berkelahi akan dihukum dengan menggunakan Hukum Adat yang berat.

4. Olahraga

Selain berwisata, jalur jalan naik turun akan membuat anda berkeringat, wajar jika Riam Angan menjadi area olahraga secara tidak langsung.

Pertanyaan yang sering ditanyakan di Riam Angan

Berapa tiket masuk ke Riam Angan?

Untuk tiket tarif masuk ke Riam Angan Rp. 5000/ kendaraan dan Rp. 5000/orang. Jadi total Rp. 10.000/orang.

Kapan buka dan tutup di Riam Angan?

Riam Angan buka setiap hari mulai dari Pukul 07.00 WIB pagi s/d pukul 17.00 WIB sore.

Apakah ada MCK di Riam Angan?

Ya tentu saja, Riam Angan telah dikelola dengan baik, sehingga dibangun beberapa MCK di area Riam Angan

Bagaimana kondisi jalan menuju Riam Angan?

Kondisi jalan menuju Riam Angan bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat, hanya saja ada beberapa titik yang kurang bagus jalannnya, namun masih layak untuk dilewati.

Apakah ada warung makan di Riam Angan?

Riam Angan pada hari hari libur, sangat ramai, biasa terdapat beberapa pedagang yang meyuguhkan makanan ringan seperti pop mie, kopi, teh.

Kapan waktu yang tepat menuju Riam Angan?

Untuk menuju ke Riam Angan bagusnya 3 hari setelah hujan deras, karena kondisi jalan tanah akan kering, kemudian debit air Riam Angan yang lumayan deras sehingga kelihatan indah dipandang mata juga.

Apakah parkirnya luas di Riam Angan?

Ya, Untuk parkir berdekatan dengan loket tiket dan warung warung kecil di Riam Angan. Pengunjung bisa memarkirkan kendaraan anda di bawah pepohonn sawit yang dirawat dengan baik dan bersih, sehingga kendaraan anda akan tetap sejuk karena dibawah pepohoan rindang di Riam Angan.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Riam Angan Tembawang Jelimpo, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat"