Review Wisata Pantai Kemala, Balikpapan, Kalimantan Timur

 Pancurajipost.com - Pantai Kemala di Kalimantan Timur adalah destinasi wisata yang menarik dengan keindahan alam pantai-nya yang memukau. Terletak di kawasan Kota Balikpapan, pantai ini menawarkan pemandangan yang spektakuler dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih.

Wisata Pantai Kemala, Balikpapan, Kalimantan Timur
Wisata Pantai Kemala, Balikpapan, Kalimantan Timur. Foto  (Black Azuez)

Pantai Kemala memiliki panorama yang menakjubkan, terutama saat matahari terbit atau terbenam. Wisatawan dapat menikmati keindahan langit yang berwarna-warni dan refleksi cahaya matahari di permukaan air laut yang tenang. Suasana pantai yang tenang dan damai juga membuatnya menjadi tempat yang sempurna untuk bersantai dan melepas penat.

Selain keindahan alamnya, Pantai Kemala juga menawarkan berbagai aktivitas wisata yang menarik. Para pengunjung dapat melakukan berbagai kegiatan air seperti duduk santai di pinggir laut, Narsis Berfoto berenang, snorkeling, bermain motor ATV atau menyelam untuk menjelajahi kehidupan bawah laut yang kaya akan keanekaragaman hayati. 

Alamat Pantai Kemala

Pantai Kemala beralamatkan di

Kodepost Pantai Kemala

Nomor telpon Pantai Kemala

Google Map Pantai Kemala

Jalur Transportasi menuju Pantai Kemala

Pantai Kemala berada di belakang Gedung Banua Patra, Patra Melawai Beach dan bersebelahan dengan Adhi Pradana Beach dan Kampoeng Pasir Balikpapan, dengan berjalan kaki 2 menit sudah sampai ke lokasi.

Dari Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan menuju Pantai Kemala hanya berjarak sekitar 12.2 Km atau waktu tempuh sekitar 35 menit saja melewati Jl. Marsma R. Iswahyudi menuju Jl. Jenderal Sudirman.

Sedangkan dari Pantai Monpera menuju Pantai Kemala hanya berjarak sekitar 1.2 Km atau sekitar 17 menit berjalan kaki.

Apa yang menarik di Pantai Kemala

a. Pasir Putih

Wisata Pantai Kemala, Balikpapan, Kalimantan Timur
Wisata Pantai Kemala, Balikpapan, Kalimantan Timur. Foto (shirley anggreini)

Pantai Kemala terjaga dan bersih dipadu dengan pasir putih dan coklat alami khas pantai kalimantan timur, sehingga menjadi pilihan tepat untuk rekreasi bersama keluarga dengan melakukan aktifitas seperti duduk santai sambil menikmati sunset sore di tepi pantai dan berfoto ria di area pantai dan di landasan helikopter alias helipad.

Lokasi Pantai Kemala ini selalu ramai dan padat bila hari libur sekolah/nasional seperti hari raya seperti wisata Pasir Panjang di Singkawang, Kalimantan Barat 

Geser gambar untuk melihat sekeliling Pantai Kemala

b. Helipad

Spot populer di Pantai Kemala adalah adanya landasan helikopter pertamina yang langsung menghadap pantai, yang menjadi andalan warga untuk sekedar nongkrong, berjalan-jalan dan berfoto.

Drone Wisata Pantai Kemala, Balikpapan Foto Dari Atas
Drone Wisata Pantai Kemala, Balikpapan Foto Dari Atas. Foto (Sapta Indrawadi)

Di area Helipad menikmati duduk santai sambil memandang pemandangan laut yang dilewati hilir mudik oleh perahu-perahu yang lalu lalang melintasi wisata Pantai Kemala.

Geser gambar untuk melihat sekeliling Helipad di Wisata Pantai Kemala

c. Sewa Payung

Sewa Payung di Pantai Kemala
Sewa Payung di Pantai Kemala. Foto (Deby Noor)

Pinggir Pantai Kemala terdapat payung yang dilengkapi dengan tempat duduk yang empuk, area ini disewakan untuk para turis yang ingin berlama lama menikmati keindahan dan kesejukan pantai sambil menikmati hidangan khas pantai seperti kelapa muda yang menyegarkan di siang hari.

Untuk harga menyewakan payung plus dua beanbag dan 1 meja adalah tarif Rp. 50.000/ 2 jam (Note: Harga bisa berubah)

d. Sunset

Sunset di Wisata Pantai Kemala
Sunset di Wisata Pantai Kemala. Foto (Sandy ilmi)

Keindahan yang tak kalah menarik ketika sore hari, di area helipad dan kawasan sepanjang pantai, anda bisa melihat keindahan matahari terbenam yang meyejukan hati.

Pengunjung biasanya sengaja datang di sore hari mengabadikan momen, sekedar mekinmati udara sejuk pantai, duduk duduk menghabiskan waktu sore, berfoto dan lain lain.

e. Fasilitas Lain

Geser gambar untuk melihat sekeliling salah satu restoran di kawasan Pantai Kemala

Selain itu, Pantai Kemala juga dilengkapi dengan fasilitas yang memadai untuk kenyamanan pengunjung. Terdapat area parkir yang luas, kamar mandi, dan warung makan yang menyajikan berbagai hidangan laut segar. 

Pantai Kemala di Kalimantan Timur adalah destinasi wisata yang menarik bagi siapa saja yang mencari keindahan alam pantai di pusat kota yang spektakuler dan aktivitas wisata yang seru. Dengan keindahan pantainya yang memukau, Pantai Kemala menjadi tempat yang sempurna untuk rencana liburan anda kedepan.

Pertanyaan yang sering ditanyakan di Pantai Kemala

Berapa tarif masuk ke Pantai Kemala?

Untuk biaya retribusi tiket masuk ke Pantai Kemala:

  • Parkir motor Rp. 3000
  • Parkir Mobil Rp. 5000
  • Biaya masuk Per Orang Rp. 10.000

Note : Harga bisa berubah sewaktu waktu

Apakah ada fasilitas MCK di Pantai Kemala?

Pantai Kemala menyediakan toilet untuk para pengunjung yang datang

Berapa sewa kursi dan payung di Pantai Kemala?

Pantai Kemala menyewakan payung yang dilengkapi 2 beanbag dan 1 meja dikenakan tarif Rp. 50.000/ 2 jam

Apakah boleh membawa makanan sendiri di Pantai Kemala?

Tidak boleh, pengunjung yang datang membawa makanan akaan didenda  sesuai dengan peraturan yang ada di Pantai Kemala. Besaran denda berfaariaassi mulaii dari Rp. 10.000

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Wisata Pantai Kemala, Balikpapan, Kalimantan Timur"