Kumpulan Wisata Sekitar Pantai Pasir Panjang, Singkawang, Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Siapa yang belum pernah mengunjungi Pantai Pasir Panjang, Sebagian besar masyarakat Kalimantan Barat pastinya pernah mengunjunginya atau mungkin hanya mendengarnya.

Pantai Pasir Panjang adalah salah satu destinasi unggulan Kota Singkawang yang memiliki pantai pasir putih yang lumayan panjang dengan ombak yang stabil. Sehingga masyarakat yang datang kesini biasanya tidak lengkap jika belum berenang bermain pasir, bermain bola pantai dan masih banyak lagi.

Pantai Pasir Panjang Singkawang
Pantai Pasir Panjang Singkawang

Selain pantainya yang indah, disekitar Pantai Pasir Panjang terdapat berbagai Objek Wisata menarik yang bisa anda kunjungi diantaranya Sirkuit Taman Pasir Panjang Indah Singkawang, Sirkuit Grass track Palm Beach, Bajau Beach, Taman Wisata Dunia Air Tanjung Bajau, Pantai Pasir Pendek, Tanjung Sedau, Sinka Zoo, Pantai Sedau, Pantai Teluk Mak Jantu, Pantai Batu Burung, Kolam Renang Opung, Pemancingan Acala & Hito coffee shop, Puncak Rindu Alam dan masih banyak lagi.

Alamat Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang beralamatkan di Jl. Pasir Panjang, Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Kodepost Pantai Pasir Panjang:  79163

Nomor telpon reservsi hotel di area Pantai Pasir Panjang :

  • Hotel Horison Ultima : (0562) 4203333, Email : info.singkawang@horisonultimahotels.com
  • Hotel Palapa : 082255748888
  • Private Villa Palapa SOKA : 082255748888
  • Palapa Beach Hotel : 082255976537
  • Tanjung Bajau Hotel : 0811572980

Google Map Pantai Pasir Panjang

Jalur Transportasi menuju Pantai Pasir Panjang

Geser gambar untuk melihat sekeliling simpang jalan raya sedau menuju Pantai Pasir Panjang.

Dari simpang jalan raya sedau ke Pantai Pasir Panjang hanya sekitar 900 meter atau sekitar 3 menit berkendara.

Pantai Pasir Panjang berdekatan dengan wisata Pantai Kura-kura,  Samudra Indah Beach dan Kahyangan Resort yang jaraknya hanya sekitar 4.5 Km atau sekitar 10 menit berkendara.

Dari Kota Singkawang , Bundaran 1001 AI Singkawang atau Grand Mall Singkawang menuju Pantai Pasir Panjang hanya berjarak sekitar 15 Km atau sekitar 27 menit. Sedangkan dari Singkawang Airport hanya sekitar 25.6 Km atau sekitar 42 Menit berkendara.

Sedangkan dari Bandara Internasional Supadio, Kota Pontianak Tugu Digulis melalui Jalur Pantai yaitu sungai pinyuh mempawah menuju Jalur Pelabuhan Internasional Kijing menuju Pantai Pasir Panjang dengan jarak sekitar 149 Km atau sekitar 3 jam 22 menit berkendara.

Apa yang menarik di Pantai Pasir Panjang

1. Wisata Pantai

Geser gambar untuk melihat sekeliling pinggir Pantai Pasir Panjang
Pantai Pasir Panjang memiliki ciri khusus yaitu pasir putih dengan permukaan sedikit curam ke laut. Dengan memiliki panjang area sekitar 3 km inilah kenapa pantai ini dinamakan Pasir Panjang.

Rekomendasi untuk liburan akhir pekan bersama keluarga, rekan dan sahabat. Di pantai Pasir Panjang ini, para turis akan dimanjakan dengan panorama laut yang berwarna biru yang indah.

Terlihat dari kejauhan pantai Pasir Panjang ini, para turis jugabisa melihat pulau Kabung, pulau Lemukutan, serta pulau Randayan yang dibatasi oleh perairan laut Natuna. 

Sekeliling pantai pasir panjang terdapat Hamparan pasir pantainya yang luas dan bersih, menjadikan kawasan pantai yang nyaman digunakan untuk berjemur atau sekedar melakukan aktivitas olahraga,diantaranya voli pantai dan sepak bola pantai.

Untuk kondisi air laut di pantai ini sangat jernih dan bersih, sehingga sangat mendukung untuk aktivitas para turis yang hendak berenang atau menyelam. 

Ombak di pantai ini relatif besar serta stabil, menjadi rumah bagi banyak ikan dan biasa di digunakan untuk arena berselancar dan area memancing. 

2. Sunset

Sunset di Pantai Pasir Panjang Foto
Sunset di Pantai Pasir Panjang Foto (Yoga Dharmawan)
Pantai Pasir Panjang sangat indah ketika sore hari untuk melihat detik-detik terbenamnya matahari di balik pulau-pulau yang tersebar berderet di sekitar kawasan pantai ini. 

Pengunjung bisa menikmati sunset dari pinggir pantai atau dari pendopo dan gazebo yang banyak berdiri dipingiran kawasan pantai. 

Selain sunset,  Pantai Pasir Panjang memiliki keunikan lain diantaranya, pengunjung bisa melihat-lihat kehidupan masyarakat kampung nelayan yang ada dan berada tidak terlalu jauh dari lokasi Pantai Pasir Panjang. 

3. Fasilitas di Pantai Pasir Panjang

Geser gambar untuk melihat fasilitas sekeliling pinggir Pantai Pasir Panjang
Di kawasan Pantai Pasir Panjang terdapat beberapa fasilitas yang bisa membantu untuk mencari informasi dan bisa anda gunakan untuk sewa diantaranya : 
  • Pusat informasi pariwisata
  • Diskotik
  • Persewaan perahu motor
  • Sepeda air
  • Banana boat
  • Tempat berlindung
  • Pondok wisata
  • Toko suvenir 
  • Ayunan
  • Mainan Anak anak dan masih banyak lagi. 
    Mainan anak anak di Pantai Pasir Panjang Foto
    Mainan anak anak di Pantai Pasir Panjang Foto (Nia 123)

Para turis yang tidak ingin berenang di pantai bisa mencoba kolam renang yang tersedia disana. Sedangkan yang suka dengan pantai bisa berenang dipingiran pantai, bisa menyewa ban pelampung yang disewakan disana sambil berjemur atau mengelilingi pantai dengan menaiki perahu pisang (banana boat). 

Para turis yang membawa keluarga dan anak anak tetap bisa berekreasi karena kawasan Pantai Pasir panjang memiliki wahana bermain untuk anak-anak. 

4. Kuliner


Biasanya para pengunjung yang membawa pasukan keluarga, rombongan, pastinya membawa makanan sendiri dan menggelar terpal yang dibawa dari rumah dan makan bersama sama di area pinggir pantai dibawah pepohonan.

Pengunjung yang tidak membawa persediaan makanan jangan hawatir, seabrek kuliner tersedia di area pantai pasir panjang dan tidak akan kesulitan mencari makanan, karena di Pantai Pasir Panjang terdapat restoran, kafe, warung makan, dan pedagang keliling. 

Salah satu makanan favorit saya ketika mengunjungi Pasir Panjang ialah  menu nasi goreng pesisiran pantai ini yang rasanya paling enak sepanjang masa, waw patut anda coba..

5. Hotel dan Motel

Hotel Horison Ultima Singkawang Foto
Hotel Horison Ultima Singkawang Foto
Bagi turis yang ingin menginap di area Pantai Pasir Panjang juga bisa. Terdapat beberapa hotel pada sisi kiri pantai yang ada Hotel Horison Ultima, pada sisi tengah pantai terdapat Palapa Beach Hotel, Motel, Natuna Hotel, Sedangkan disebelah kanan pantai ada Tanjung Bajau Hotel. 

Sehingga anda tidak perlu susah untuk membawa tenda ataupun kantong tidur, karena di pantai pasir panjang dan sekitar wisata disebelahnya terdapat hotel dan motel berbagai jenis harga dan fasilits.

Namun untuk anda yang jauh dari kawasan Kota Singkawang, dianjurkan untuk reservasi hotel terlebih dahulu, karena ketika hari libur, tahun baru, hari raya, seluruh hotel biasanya telah penuh. Sehingga anda yang suka udara bebas bisa membawa tenda untuk bisa camping di area pantai.
Nomor telpon reservsi hotel di area Pantai Pasir Panjang :
  • Hotel Horison Ultima : (0562) 4203333, Email : info.singkawang@horisonultimahotels.com
  • Hotel Palapa : 082255748888
  • Private Villa Palapa SOKA : 082255748888
  • Palapa Beach Hotel : 082255976537
  • Tanjung Bajau Hotel : 0811572980

6. Sirkuit

Sirkuit Taman Pasir Panjang Indah Singkawang Foto
Sirkuit Taman Pasir Panjang Indah Singkawang Foto (yodha muhdiya)

Terdapat Sirkuit Taman Pasir Panjang Indah Singkawang yang biasa digunakan untuk para pecinta motor trek dan pembalap lokal dan Nasional untuk berlaga dan melakukan latihan diarea ini.
Sirkuit Taman Pasir Panjang Indah Singkawang Foto
Sirkuit Taman Pasir Panjang Indah Singkawang Foto (Hens Begayau)

Jika anda beruntung, Pengunjung bisa melihat atraksi para rider yang sedang latihan, atau pas kebetulan ada perlombaan bisa menyaksikan kehebatan para rider dari berbagai penjuru Nasional maupun Dunia.

Sirkuit Grass track Palm Beach Foto
Sirkuit Grass track Palm Beach Foto (Q Channel)
Selain itu disebelah kanan pantai terdapat jalur Sirkuit Grass track Palm Beach yang biasa digunakan untuk melakukan balapan dengan trek jalan berpasir dan berliku liku.

6. Kumpulan Wisata Sekitar Pantai Pasir Panjang, Tanjung Bajau Beach Singkawang

Jika anda telah mengunjungi Pantai Pasir Panjang dan ingin menikmati wisata lain yang lebih seru lagi, bisa bergeser kesebelah pantai yang tidak jauh dari pantai yaitu Tanjung Bajau Beach Singkawang yang lokasinya disebelah kanan Pantai Pasir Panjang.

Untuk memasuki area ini, Pengunjung harus membayar tiket sekitar Rp. 40.000 - Rp. 50.000 untuk bisa menikmati Berbagai wisata di dalamya diantaranya :

a. Wahana Permainan Fantasy Island

Wahana Permainan Fantasy Island Singkawang
Wahana Permainan Fantasy Island Singkawang Foto (IG lukypurwanthy)
Diarea in berbagai permainan anak anak dan dewasa disajikan dengan biaya tiket mulai dari Rp. 10.000 - Rp. 400.000 diantaranya :
  • Wahana Pulau simping Rp.50.000/orang
  • Naik Kereta Api Rp. 15.000/orang
  • Sepeda air Rp. 35.000/orang
  • Babana Boat Rp. 250.000/4 orang
  • Pancing Lumba Rp. 10.000
  • Basket Doll Rp. 10.000
  • Air Basoka Rp. 10.000
  • Senapan Panah Rp. 10.000
  • Wahana Ombang Ambing Rp. 15.000
  • Giant Swing Rp. 20.000
  • Ombak Tsunami Rp. 20.000
  • Permainan Senjata Sniper Rp. 20.000
  • Bom Bom car Rp. 25.000
  • Komidi Putar Rp. 15.000
  • Wahana Biang Lala Rp. 15.000
  • Wahana Ontang anting Rp. 20.000
  • Wahana Kora kora Naga Rp. 20.000, dan lain lain

b. Taman Wisata Dunia Air Tanjung Bajau

Taman Wisata Dunia Air Tanjung Bajau Foto
Taman Wisata Dunia Air Tanjung Bajau Foto (yulihartono phang)
Taman Wisata Dunia Air Tanjung Bajau memiliki fasilitas berupa akuarium yang cukup besar yang berisi berbagai ikan air tawar dan ikan laut. Lokasi ini juga bisa untuk sarana wisata dan pendidikan anak.

Selain itu terdapat patung patung raksasa berbagai binatang yang biasa digunakn untuk spot foto para pengunjung yang datang kesini.

c. Pantai Pasir Pendek

Geser gambar untuk melihat sekeliling Pantai Pasir Pendek.
Sebelah Taman Wisata Dunia Air terdapat pantai pasir putih dinamakan Pantai Pasir Pendek, Karena bentangan lengkungan pantai ini memang pendek. 

Berbagai jajanan warung dipinggir pantai ini cukup banyak. Sehingga salah satu alternatif berwisata kesini sambil berenang, duduk duduk santai diatas bebatuan, bermain pasir dan sebagainya.

d. Kebun Binatang Sinka Zoo

Burung ENggang Asli Kalimantan di Sinka Zoo
Burung ENggang Asli Kalimantan di Sinka Zoo
Kawasan Kebun Binatang Sinka Zoo sangat terkenal, karena biasanya para pengunjung yang telah puas menikmati Pantai Pasir Panjang biasanya berkunjung ke Tanjung Bajau Beach di Sinka Zoo ini.

Berbagai macam binatang ada disini dengan pengamanan berupa pagar pembatas sehingga aman untuk para pengunjung, terutama binatang buas seperti harimau, sianga, buaya, ular dan masih banyak lagi.

Selain sebagai wisata alam juga sebagai wisata edukasi, memperkenalkan ke anak anak tentang hewan hewan langka, yang hanya bisa dilihat lewat tv dan youtube, di Sinka Zoo bisa lihat secara langsung dan dari jarak dekat diluar pagar.

Area Sinka Zoo berada di hutan bukit rindu alam yang dikelilingi pepohonan serta jalanan yang telah diaspal sehingga memudahkan para pengunjung memasuki area ini.

e. Puncak Rindu Alam 

Puncak Rindu Alam Sigkawang
Puncak Rindu Alam Sigkawang
Anda akan merasakan sensasi di Puncak Rindu Alam dengan view Pantai Pantai Pasir Panjang dan Tanjung Bajau Beach serta bentangan perbukitan disekitarnya dari atas bukit. Terlihat bentangan pantai yang indah ditemani dengan semilir angin sejuk dari atas puncak.

Untuk menuju kesini, anda tidak perlu mendaki atau berjalan kaki, karena kendaraan seperti motor dan mobil bisa langsung sampai ke puncak bukit.

Namun jika anda membawa kendaraan yang sudah tua, disarankan untuk tidak menaiki bukit rindu alam, karena jalanan yang naik dan tikungan yang cukup tajam akan membahayakan perjalanan anda.

Selain itu, ketika anda sampai di parkiran puncak dan ingin naik lebih tinggi, bisa berjalan kaki melewati jalur jalan yang telah dibangun dengan baik, Setiap tingkatan bukit yang anda lalui terdapat tempat peristirahatan dan ada patung binatang yang mungkin ada makna disetiap tingkatan. 

f. Tanjung Sedau

Tanjung Sedau
Tanjung Sedau Foto (Handy Lie)
Tanjung Sedau berada di ujung pulau dan kurang diminati pengunjung karena lokasinya yang sepi. Namun untuk para pecinta mancing bisa menyalurkan bakatnya strike disini dengan ikan ikan jenis langka dan berbeda.

g. Pulau Simping Pantai Sedau

Pulau Simping Pantai Sedau Foto
Pulau Simping Pantai Sedau Foto (D A Jisa)
Di area Pulau Simping Pantai Sedau ini cukup digemari para wisatawan karena pantai pasir putih yang bersih disertai dengan bebatuan dan ombak yang tenang. Didepannya terdapat pulau kecil yang ditumbuhi beberapa pohon dan didominasi bebatuan granit yang besar besar.

Tersedia permainan berupa perahu kano, banana boat, dan permainan air lainnya, ada juga penyewaan ban pelampung bagi anda yang ingin meyewa untuk berenang di tepi pantai Pulau Simping Pantai Sedau.

Untuk kuliner juga ada, lengkap denga kelapa muda yang siap melenyapkan dahaga setelah sekian lama perjalanan menuju ke pantai.Jika kesini ada kuliner yang cukup menggugah lidah anda yaitu rujak pulau simping. Rujak ini berisi sambal dengan bahan berisi buah buahan segar. Inilah salah satu kuliner yang tak pernah ku lupakan di Pulau Simping.

Informasi Kontak Wisata Tanjung Bajau Singkawang : 081287773200

Pertanyaan yang sering ditanyakan di Pantai Pasir Panjang dan sekitarnya

Berapa tarif masuk ke Pantai Pasir Panjang?
Untuk tiket masuk ke Pantai Pasir Panjang Rp. 25.000/orang dan untuk anak anak dibawah 3 tahun bisnya gratis.

Saya ingin ke Pantai Pasir Panjang dan ke wisata lain seperti Zinka Zoo,rindu alam apakah tiketnya sama, dan bayarnya sekali saja?

Tidak, Jika anda telah membayar tiket ke Pantai Pasir Panjang, dan ingin ke Zinka Zoo dan sekitarnya akan dikenakan tiket lain dengan harga Rp. 50.000/orang sudah termasuk ke zinka zo, rindu alam, Taman Wisata Dunia Air, Wahana Permainan Fantasi Island. Dan jika ingin menikmati wahana didalamnya, anda harus membayar dengan tarif minimal Rp. 10.000.

Apakah ada fasilitas MCK di Pantai Pasir Panjang?
Tentu, ada toilet dan mushalla, namun jika hari hari besar, toilet akan penuh, anda harus sabar untuk antri. Untuk MCK dikenakan biaya kebersihan Rp. 3000.

Kapan waktu yang baik ke Pantai Pasir Panjang?
Pengalaman saya jika ke Pantai Pasir Panjang ketika musim liburan dan hari raya yang sangat padat lalu lintas,  usahakan sampai di pantai sekitar pulul 4 - 5 pagi/subuh. Anda akan mudah masuk sampai keparkiran tanpa halangan. Disamping itu suasana pagi di Pantai sungguh luar biasa sambil menikmati kopi hitam yang anda bawa atau anda pesan dari warung didekat pantai.

Kapan buka dan tutup di Pantai Pasir Panjang?
Pantai Pasir Panjang buka 24 Jam
YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Kumpulan Wisata Sekitar Pantai Pasir Panjang, Singkawang, Kalimantan Barat"